6 Peluang Usaha yang Nge-Trend di 2020

3 min read

Peluang Usaha Trend 2020

Peluang Usaha Trend 2020 – Semakin tahun, peluang usaha yang bisa kita ambil itu semakin banyak, jadi tidak perlu khawatir ketika saat ini kita berada di bangku sekolah “Nanti mau kerja apa”. Karena sekarang kita bisa membuka usaha sendiri atau kerja ikut orang lain.

Nah di artikel ini, kita akan sama-sama membahas mengenai beberapa peluang usaha yang ngetrend di tahun 2020, bahkan hingga tahun-tahun berikutnya. Karena peluang usaha yang akan dibahas ini memiliki potensi untuk berkembang.

6 Peluang Usaha Trend 2020

1. Jasa Photographer.

Jasa foto merupakan pekerjaan yang sudah ada sejak dulu, tapi pekerjaan ini tidaklah se-ngetrend sekarang ini. Dulu mungkin cuma ada di tempat wisata aja. Orang foto langsung cetak harganya 20rban. Tapi karena sekarang sudah menjadi trend, harga sekali jepret itu bisa lebih dari 50rban.

Seperti pengalaman saya sendiri, waktu buat photo year book di sekolah, setiap siswa itu diwajibkan untuk bayar 200rban, foto di 1 tempat, selama 3 jam kurang lebih. Dan siswa dalam 1 kelas itu 35an. Bayangkan aja cuma kerja foto-foto sudah bisa dapat uang 200rb*35.
Wow berapa tuh? pasti sangat untung banget deh, apalagi di 1 tempat, jadinya lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaannya. Nah mungkin kawan-kawan sekalian tertarik untuk menjadi photographer.

Walau tidak bisa full time, bisa kok dilakukan secara part time atau freelance. Sekarang banyak juga lho yang kerja photographer freelance. Dan bisa memenuhi kebutuhan jajanya setiap hari.

2. Jasa Edit Video.

Masih ada hubungannya dengan kamera, tapi kali ini lebih ke endingnya atau outputnya, teman saya itu punya hobi edit-edit video. Nah sekitar 1 bulan lalu, saya diajak sama dia untuk nemenin syuting video clip temannya. Itu kurang lebih syutingnya 2 hari, ditempat yang berbeda. Dan videonya bisa dikatakan lumayan bagus.

Baca Juga  5 Cara Budidaya Belut Bagi Pemula, Modal Sedikit Tapi Keuntungan Besar

Dengan pekerjaan yang seperti itu, teman saya dibayar 300rb, lumayan banget buat nambah jajan. Padahal kita nih sama-sama masih anak sekolahan. Dia SMA sama SMK.

3. Penulis Buku atau Artikel.

Kalau penulis buku memang gak bisa diragukan lagi, kalau dia berhasil buat buku, dan laris, udah auto kaya tuh penulisnya. Tapi gimana kalau kita gak sekuat mereka yang nulis buku? Nah kita bisa banget tuh menjadi penulis artikel di blog orang lain, atau di blog sendiri.

Kalau nulis di blog orang lain itu, pasti langsung dibayar sama pemilik blognya, biasanya per artkel itu sekitaran 10rban, tergantung juga pembahasan, dan panjang pembahasan artikel. Sedangkan kalau di blog sendiri itu, kita tidak bisa langsung mendapatkan uang, karena harus merangkak dari awal lagi, harus mencari visitor, harus mencari nama, dll. Nanti kalau sudah lumayan rame blog kita, baru bisa menghasilkan uang.

Baca: Cara mendapatkan Uang dari Blog

Walau kelihatannya enak, nulis artikel dapat uang, itu butuh perjuangan yang besar lho, sama halnya seperti para youtuber, mereka kan gak langsung terkenal dan langsung kaya. Tapi butuh proses yang lumayan panjang, dari syuting, edit video, ngelembur, dihujat netize, dan sebagainya. Begitu juga dengan penulis artikel website (disebut blogger).

4. Jualan Masker (Trend baru-baru ini).

Yang saya maksudkan adalah jualan masker Kain, bukan masker untuk keperluan medis, karena sudah ada peringatan untuk orang yang menimbum masker medis. Nah jualan masker kain itu mungkin bisa menjadi peluang usaha ditengah maraknya COVID 19 ini. Tapi perlu diingat juga, jangan jual terlalu mahal, yang penting itu balik moda, dan untuk 1.000 saja sudah cukup.
Niatkan untuk membantu orang lain dengan masker itu, supaya orang lain terhindar dari penyebaran virus ini.

Baca Juga  Yuk Cari Tahu 7 Peluang Usaha 2020 yang Prospektif di Masa Depan

5. Jasa Translate Bahasa Inggris.

Ini juga termasuk peluang usaha yang begitu potensial, tidak semua bisa bahasa inggris, jika kita ada kemampuan berbahasa inggris jadikan itu sebagai peluang usaha. Misalnya saja jadi tour Guide, dan sebagainya.

Oh ya kalau kamu mahir bahasa inggris, mungkin menjadi penulis artikel dengan bahasa inggris bisa kamu coba, karena bayarannya itu lebih mahal ketimbang dengan bahasa Indonesia. Coba deh cek-cek di Google, “Jasa artikel Bahasa Inggris”. Pasti harganya itu lumayan mahal. Wiih potensi banget deh pokoknya.

6. Jualan Kopi.

Ni merupakan rekomendasi terakhir dari saya, kopi baru-baru ini menjadi trend baru, baik anak muda, maupun orang dewasa. Banyak orang punya hobi nongkrong plus minum kopi. Apalagi kalau tempat nongkrongnya bagus, plus ada wifi, pasti rame dah tu.

Banyak kakak kelas saya menjadi barista dan berjualan kopi di dekat pasar kota, dan beberapa daerah kota lainnya. Kelihatannya seru banget deh, karena alhamdulillah setiap hari rame terus angkringannya.

Banyak sekali jenis kopi yang ada di Indonesia, dan masing-masing jenis kopi itu punya nilai jual berbeda, serta rasa yang berbeda. Jadinya orang sukanya beda-beda. Sekarang gimana pinter-pinternya kita untuk mengolah kopi tersebut.

Baca juga: Kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen

Nah itulah beberapa peluang usaha trend 2020, mungkin nanti bakalan ada peluang usaha baru, tinggal kita lihat saja perkembangannya.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *