Dalam bermain gitar penting sekali mengetahui gaya teknik memainkannya, agar nada yang dimainkan lebih berirama. Namun, tidak sedikit orang juga yang memilih untuk menggunakan satu teknik saja.

Di Indonesia banyak sekali tempat kursus musik yang menawarkan jasanya untuk mengajari teknik bermain gitar. Mulai dari bermain instrumen gitar yang hanya genjrengan hingga fingerstyle.

Tentunya, dengan belajar gitar di tempat kursus akan lebih cepat paham terutama teknik bermain gitar. Namun, bagi Anda yang ingin belajar gitar secara gratisan bisa menggunakan platform yang ada di Internet.

Nah, bagi pemula sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai teknik-teknik bermain gitar yang selalu digunakan. Adapun teknik bermain gitar yang perlu diketahui yakni teknik gitar fingerstyle dan klasik.

Apa itu Teknik Klasik Gitar?

Bermain gitar klasik merupakan salah satu teknik bermain gitar dengan memetik menggunakan jari. Namun, senar yang dipakai pada gitar ini yakni senar nilon yang mirip dengan tali untuk memancing ikan.

Senar nilon memiliki suara khas yang sangat cocok digunakan dengan permaianan jari jemari. Selain itu, sangat mudah dikontrol karena senar gitar langsung menyentuh kuku jemari Anda.

Gitar yang digunakan bentuknya juga standar biasanya disesuaikan dengan ukuran tubuh pemain. Namun, permainan gitar klasik sudah terdapat dasar partitur yang ditetapkan sehingga pemain tidak boleh menambah atau mengurangi nada.

Apabila hal tersebut dilakukan maka esensi lagu yang diiringi pun berubah kecuali lagu aransemen. Selain itu juga permainan klasik ini tidak sebebas permainan gitar yang lainnya.

Dari sisi lain bermain gitar klasik cukup rumit dan juga jarang peminatnya. Hal tersebut dikarenakan terdapat aturan dasar yang mengikatnya, mulai dari posisi memainkan hingga nada-nadanya.

Baca Juga  5 Rekomendasi HP dengan Night Mode Terbaik 2020

Cara Bermain Klasik Gitar

Adapun cara memainkan teknik klasik ini yakni untuk posisi kaki kiri digunakan sebagai penopang gitar. Namun, agar mendapatkan kenyamanan bermain gitar bisa menggunakan footstool untuk menaikan kaki kiri.

Sedangkan pada posisi lengan kiri, ibu jari tidak boleh diperlihatkan hal ini sangat mempengaruhi penekanan senar. Apabila ibu jari diperlihatkan maka empat jari lainnya tidak leluasa menekan senarnya.

Untuk bagian lengan kanan pastikan mengambil posisi yang baik seperti posisi sound hold. Posisi ini tangan agak sedikit kebelakang dengan jari-jari rapat dengan memetik dekat sound hold.

Dalam posisi memetik ini biasanya disesuaikan dengan jenis lagu yang diiringinnya. Ada yang menjauh dari sound hold dan ada juga yang dekat dengan sound hold, sesuai dengan teknik gitar klasik yang dipakai.

Sebenarnya banyak sekali teknik petikan dalan bermain klasik gitar tetapi dua teknik ini sering dipakai yaitu apoyando dan tilado. Posisi jari lurus dan memetik ke atas pada Apoyando, sedangkan tilado sebaliknya.

Adapun tokoh-tokoh pemain gitar klasik yang cukup terkenal di dunia seperti Andres segovia, Pepe Ramero, dan Julian Bream. Sedangkan untuk dalam negeri ada Rahmat Raharjo dan Andre Indrawan.

Apa Itu Teknik Fingerstyle?

Fingerstyle merupakan salah satu teknik bermain gitar yang dipetik langsung dengan jari. Dalam permainan gitar ini jari jemari harus aktif memetik gitar bahkan lima jari sekaligus.

Teknik yang digunakan juga bukan hanya dipetik saja bisa ditambahkan dengan genjrengan. Namun, bagi pemain yang memiliki kuku yang lemah biasanya menggunakan alat bantu yaitu fingerpick.

Meskipun tidak jauh berbeda dengan akustik tetapi permainan gitar fingerstyle lebih bebas. Sehingga Anda sebagai pemain gitar lebih leluasa dalam eksplorasi, seperti dari menirukan suara drum.

Baca Juga  Manfaat Komentar di Youtube Dalam Perkembangan Channel

Orang yang menggunakan teknik ini biasanya suara gitar yang dihasilkan sangat ramai dengan tambahan ritmisnya. Hal tersebut karena perpaduan antaran teknik memetik ditambah pemanfaatan body gitar.

Cara Bermain Gitar Fingerstyle

Bermain fingerstyle biasanya memakai gitar akustik senar string dengan pick yang menempel pada lengan kanan. Dalam hal ini fingerstyle sendiri merupakan teknik lanjutan dari teknik genjrengan atau dasar.

Dalam bermain gitar fingerstyle penting sekali memahami lagu yang akan dimainkan. Sehingga Anda dapat menemukan soul lagu seperti memilih lagu pop kesukaaan agar mudah dimainkan.

Selain itu, agar bisa memainkan dengan baik penting juga memahami chord dan melodi dasar. Selanjutnya, mengerti alur putaran chor sehingga Anda bisa memainkan cepat antar chord.

Bagi yang ingin menambahkan suara agar lebih ramai bisa menambahan sisi body gitar. Namun, sebelum menggunakan teknik ini carilah sisi gitar yang pas dengan suara yang baik.

Tokoh-tokoh yang menggunakan teknik fingerstyle untuk luar negeri seperti Pat Danohue Alex de Grassi. Sedangkan dalam negeri seperti Jubing Kristianto dan Nathan Fingerstyle.

Akhir Kata

Perbedaan gitar klasik dengan fingerstyle sangat terlihat jelas pada cara memainkannya dan jenis gitarnya. Pada permainan gitar klasik sangat terbatas dengan ukuran gitar yang lebih kecil.

Sedangkan untuk fingerstyle cara bermainnya sangat bebas dan lagu yang dipilih biasanya lagu pop terkini. Instrumen gitarnya juga lebih besar dibandinngkan klasik, dan juga menggunakan senar string.