7 Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Bagi Pemula

2 min read

Persiapan Sebelum Mendaki

Persiapan Sebelum Mendaki – Berbicara tentang gunung, banyak sekali para petualang dan pendaki gunung yang ingin sekali menaklukkan gunung tertinggi di dunia. Biasanya, para pendaki dan penjelajah berambisi besar untuk bisa mendaki gunung yang tak biasa. Kecenderungannya mereka ingin mendaki gunung tertinggi di dunia. Ada rasa kepuasaan tersendiri ketika mereka bisa mencapai puncak gunung tertinggi di dunia.

Bagi para pemula, mendaki gunung mungkin terlihat sangat sulit dan terkesan melelahkan. Perlu tenaga ekstra untuk mendaki gunung dan berhasil tiba di puncak gunung yang dituju. Namun, mendaki gunung adalah kesenangan tersendiri. Ketika Anda mampu berhasil mencapai puncak gunung, akan ada kepuasaan dan rasa lelah terbayar dengan melihat panorama dan keindahan alam dari puncak ketinggian gunung. Biasanya, ada sensasi tersendiri yang dirasakan oleh para pendaki gunung ketika berada di ketinggian. Rasa kagum dan syukur tercipta akan keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan.

Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

Jika Anda baru berniat menekuni hobi mendaki gunung, ada beberapa tips bagi Anda sebelum melakukan pendakian, di antaranya:

1. Mengecek lokasi pendakian yang dituju
Ketika Anda memutuskan untuk mendaki gunung, pastikan Anda dan tim telah mengecek lokasi pendakian gunung minimal seminggu sebelum melakukan pendakian. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya atau cuaca yang tiba-tiba memburuk serta kondisi alam yang tak memungkinkan untuk Anda dalam melakukan pendakian.

2. Berolahraga rutin menjelang pendakian
Mendaki gunung memang tidak memerlukan keahlian khusus, hanya perlu persiapan stamina dan tenaga ekstra besar. Tubuh yang sehat dan terbiasa berolahraga akan menunjang kegiatan mendaki gunung. Biasakan melakukan olahraga rutin setiap hari seperti jogging atau jalan santai.

Baca Juga  Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Lidah Buaya

joging

Ketika Anda berniat melakukan pendakian, olahraga rutin harus semakin dilakukan agar napas Anda menjadi bagus karena kondisi pegunungan berbeda. Semakin tinggi gunung yang didaki, semakin menipis oksigen. Jadi, Anda harus rajin berolahraga agar bisa mengatur napas dan tidak gampang terengah-engah kelelahan.

3. Bawa perbekalan yang cukup
Hal terpenting adalah membawa perbekalan cukup. Minuman sachet dan makanan instant bisa menjadi alternatif bagi Anda. Meskipun di area pegunungan banyak warung-warung yang menjajakan makanan, alangkah baiknya Anda mempersiapkan sendiri untuk menghemat biaya.

4. Siapkan jaket dan baju hangat
Umumnya, udara di atas puncak gunung akan teramat dingin. Suhunya bisa mencapai titik dingin terendah. Bagi Anda yang tak kuat cuaca dingin, atau yang tahan dingin sekalipun, jangan pernah sekali-kali menyepelekan untuk tidak membawa jaket dan baju hangat. Cuaca dan udara dingin akan semakin meningkat ketika hujan turun. Jadi, pastikan Anda menyiapka jaket dan baju hangat di carrier Anda.

5. P3K
Anda tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi ketika sedang melakukan pendakian. Bisa saja Anda terkilir atau terkena gigitan binatang berbisa. Untuk mengantisipasinya, pastikan Anda membawa kotak P3K di tas.

6. Bawa kantong plastik besar
Kantong plastik besar berguna untuk mengumpulkan dan membuang sampah. Jangan pernah membuang sampah di daerah pegunungan karena akan membuat kelestarian dan keindahan gunung tercemar. Biasakan budaya buang sampah dan tidak mengotori alam.

7. Bawa air mineral
Mendaki gunung akan membuat tenaga Anda terkuras. Rasa haus akan semakin meningkat seiring dengan medan gunung yang semakin tinggi dan terjal. Anda harus menyiapkan banyak air mineral agar tidak terkena dehidrasi. Jangan lupa mengisi botol minum Anda saat berada di pos-pos peristirahatan selama pendakian.

Baca Juga  Tips Menghindari Masalah Android Terkunci FRP, Pola, PIN dan Mi Cloud

Semua tips tersebut semoga bermanfaat bagi Anda yang akan melakukan pendakian. Terpenting dan terutama adalah berdoa ketika Anda akan naik gunung. Minta perlindungan pada Yang Maha Kuasa karena Anda tak akan pernah tahu kapan dan bagaimana bahaya akan mengintai saat Anda sedang naik gunung.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *