Menikmati Kuliner Indonesia dari Barat Hingga Timur

6 min read

kuliner indonesia

Kuliner Indonesia – Negeri tercinta Indonesia merupakan sebuah negeri yang sangat kaya akan segala hal. Sebut saja sumber daya alam, suku bangsa, kesenian, dan satu yang tidak boleh dikesampingkan, kuliner Indonesia. Kuliner Indonesia merupakan salah satu “senjata” yang akan menjadi pendongkrak nilai kekayaan bangsa.

Dengan dianugerahinya Indonesia sebagai negeri yang banyak dihuni oleh pulau-pulau dari Sabang hingga Merauke tentu akan banyak menghadirkan keragaman dari kuliner Indonesia itu sendiri. Setiap provinsi memiliki kekhasan tersendiri untuk bidang pengisi perut ini, dari yang cuma makanan ringan, hingga makanan utama.

Setiap golongan masyarakat yang mendiami wilayah tersebut akan selalu menjaga kelestarian kuliner Indonesia karena itu yang nantinya akan menguntungkan anak cucu kelak. Bahkan kuliner Ini tersebut sudah banyak yang diwariskan oleh nenek moyangnya dan tidak sedikit yang sudah berkembang di seluruh negeri ini.

Untuk beberapa makanan Indonesia pun dapat kita temui di beberapa negara tetangga dan juga negara-negara barat, seperti Amerika Serikat dan Australia. Di sana sering diadakan sebuah acara yang bertajuk Indonesian Festival. Australia contohnya, Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berkedudukan di Melbourne rutin menggelar acara ini setiap tahunnya.

Langkah ini selain untuk mengobati kerinduan masyarakat Indonesia yang bermukim di sana, juga untuk mempopulerkan khazanah Indonesia, salah satunya kuliner Indonesia.

Tanah air ini memang masih perlu untuk digali, khususnya untuk segi kulinernya yang memiliki cita rasa yang mampu menghadirkan sensasi berbeda. Sebagian dari kuliner Indonesia sudah banyak yang dikenal dan mungkin sudah sering mencicipinya. Selain itu, masih banyak juga yang belum terkuak dan masih menyimpan misteri kenikmatan dari kandungan kuliner milik nusantara.

Makanan Khas Indonesia

Berikut beberapa makanan Indonesia yang menjadi sajian khas dari beberapa provinsi di negeri ini.

1. Kuliner Indonesia Khas Aceh

a. Mie Aceh
Kuliner khas yang berasal dari paling ujung sebelah barat Indonesia ini sudah sangat terkenal ke banyak wilayah di Indonesia. Makanan Indonesia berasal dari Aceh ini merupakan penganan yang disajikan dengan cara digoreng atau direbus.

Memakai bumbu rempah yang memang sudah dikenal sejak dulu dari kuliner yang satu ini. Rempah-rempah akan menimbulkan sensasi hangat di tenggorokan. Mie Aceh yang berwarna kuning ini dipadukan dengan beragam taburan, seperti daging sapi, seafood, atau daging ayam.

Baca Juga  Tips Mengembangkan Bisnis Kuliner Rumahan Modern

b. Roti Cane
Roti Cane merupakan makanan yang identik dengan budaya Melayu. Roti ini berbeda dengan roti yang pada umunya bertekstur lembut. Roti cane memiliki tekstur yang krispi dan tipis.

Ditemani dengan kuah kari yang selalu menyajikan rasanya yang kuat karena di Aceh hampir dipastikan memakai bahan rempah. Sajian khas Aceh ini banyak menggunakan berbagai daging, tapi yang biasa dan umum disajikan adalah daging kambing.

2. Makanan Indonesia Khas Padang

a. Rendang
Siapa yang tidak mengenal kuliner Indonesia yang satu ini? Makanan khas Padang yang memiliki sejuta sensasi ini selalu diburu para penikmat kuliner di mana pun berada. Rendang Padang yang berbahan dasar daging sapi diolah dengan bumbu yang menjadi penguat aroma yang menjadikan harumnya bumbu rendang ini menyengat. Ciri khas lainnya dari rendang adalah rasa pedas dan gurihnya.

b. Sate Padang
Kuliner Indonesia ini hampir sama dengan jenis sate yang lainnya, memakai tusuk dari bambu. Tetapi ada yang membedakan dengan sate-sate lainnya, yakni daging dan sausnya.

Daging yang digunakan dalam kuliner Indonesia khas Padang ini adalah lidah sapi, tapi ada juga yang menggunakan usus atau daging. Kuah yang dipakai tentu saja bukan saus kacang, melainkan saus khas Padang yang kental dan beraroma rempah. Biasa disajikan dengan ketupat dan keripik balado atau kerupuk kulit.

3. Kuliner Indonesia Khas Palembang

a. Pempek
Provinsi Sumatera Selatan memang sangat kaya akan kulinernya. Kuliner Indonesia yang satu ini juga sudah banyak merantau ke berbagai wilayah di Indonesia. Pempek Palembang ini menggunakan bahan dasar ikan yang dicampur dengan tepung terigu. Ikan yang dipakai pun bermacam-macam, tapi yang sering dijumpai adalah ikan gabus, ikan tenggiri, dan ikan belida.

Penyajian pempek ada dua macam, dengan cara digoreng dan dibakar. Dicampur dengan kuah cuka yang memiliki rasa manis juga pedas akan menimbulkan rasa ketagihan untuk kembali menikmati kuliner Indonesia ini. Pempek memiliki banyak jenis, di antaranya adaan, kapal selam, lenjer, lenggang, dan kulit.

Baca Juga  5 Makanan Khas Purwokerto yang Yang Melegenda

b. Krupuk Kemplang
Krupuk yang berbahan dasar ikan tenggiri ini banyak dijumpai dan menjadi kuliner Indonesia yang tergolong ringan. Memiliki tekstur yang cukup keras, namun renyah dan memiliki rasa ikan yang kuat, dengan dilengkapi sambal khas Palembang, yakni saus kental dengan aroma cuka dan pedas.

4. Kuliner Indonesia Khas Jakarta

a. Kerak Telor
Kuliner ini merupakan makanan khas Indonesia yang sangat bersejarah karena merupakan peninggalan masayarakat Betawi yang menjadi identitas Jakarta. Kerak telor memakai bahan-bahan seperti beras ketan, telor bebek, dan satu yang tidak bisa dilupakan, yakni tungku api tradisional.

Cara pembuatan kerak telor khas ibukota ini pun sangat unik, telur bebek yang telah dikocok dan disatukan dengan beras ketan dimasak dengan dibolak-balik hampir mengenai arang langsung dan didiamkan hingga sedikit gosong. Selain itu, campuran ebi, serundeng, dan taburan bawang goreng menambah cita rasa tersendiri dari kuliner Indonesia yang harus dipertahankan ini.

5. Kuliner Indonesia Khas Cirebon

a. Nasi Rawon
Jenis kuliner Indonesia ini memiliki ciri khas yang sangat menempel di penikmat kuliner. Kuah dari daging yang berwarna hitam menjadi sensasi yang selalu membuat kuliner sejati sangat tertarik. Kuah hitam tersebut berasal dari kluwek. Dengan memakai potongan daging, tauge kecil, daun bawang, serta sambal akan menambah rasa penasaran bagi yang belum mencicipinya.

6. Kuliner Indonesia Khas Bandung

a. Batagor
Kota Bandung menjadi gudangnya kuliner. Itu dikarenakan banyak makanan Indonesia yang menjadi ciri khas tanah Parahyangan ini. Sebut saja batagor, kuliner yang menggunakan bahan dasar ikan tenggiri dan paduan tepung terigu, serta tahu yang menjadi alasnya.

Pembuatan batagor sendiri dilakukan dengan cara digoreng kering dan dilumuri dengan bumbu kacang dan perasan air jeruk nipis akan menjadikan rasa yang sangat pas dengan suhu Bandung yang sejuk. Selain menggunakan tahu sebagai alasnya, batagor pun sering menggunakan kulit pangsit untuk jenis lainnya.

Baca Juga  Pulau Komodo - Salah Satu Kekayaan Wisata Indonesia

b. Surabi
Surabi adalah kuliner khas Indonesia yang sudah hampir tergerus zaman. Tapi sekarang surabi sudah banyak dikembangkan di beberapa tempat makan. Menggunakan adonan tepung beras yang encer dan dicetak di atas cetakan khusus yang terbuat dari tanah liat, serta dibakar menggunakan tungku.

Sekarang makanan Indonesia khas Bandung sejenis kue ini memiliki banyak toping, seperti fla, cokelat, potongan buah, dan masih banyak lagi, dengan tidak melupakan taburan yang tradisional, yakni oncom atau kinca (cairan gula merah).

7. Kuliner Indonesia Khas Bali

a. Ayam Betutu
Kuliner Nusantara ini memiliki rasa yang lezat, gurih, dan ada sensasi pedasnya. Satu ekor ayam utuh digunakan dalam pembuatan ayam betutu. Dilumuri dengan bumbu khas Bali, dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus akan menggugah selera dalam memakannya. Ayam betutu ini juga sudah banyak ditemui di berbagai restoran selain di Bali.

8. Kuliner Indonesia Khas Makassar

a. Es Palu Butung
Sajian yang menyegarkan ini merupakan Minuman Khas Indonesia yang sederhana. Memakai pisang kepok yang dikukus terlebih dahulu sebagai bahan utamanya, dilengkapi juga dengan tepung beras beserta santan yang dikentalkan, dan aroma pandan yang wangi akan membuat suasana menjadi nyaman. Ditutup dengan parutan es yang memberikan kesegaran.

9. Kuliner Indonesia Khas Lombok

a. Ayam Taliwang
Daging ayam memang banyak diolah menjadi makanan yang enak. Ayam taliwang yang menjadi makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Ayam yang disajikan dengan bumbu-bumbu, seperti kencur, cabe merah, bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan. Dilumurinya kepada ayam tersebut, lalu dipanggang/dibakar hingga kering. Aroma yang dihasilkannya sangat harum.

10. Kuliner Indonesia Khas Papua

a. Papeda Kuah Kuning
Terdengar asing mungkin untuk makanamn yang berasal dari timur Indonesia ini. Kuliner yang menggunakan bahan utama ikan tongkol dengan disiram tepung sagu yang dikentalkan, dan terakhir disiram dengan kuah kuning yang tercipta dari kunyit akan memberikan kesegaran yang pastinya beda dari yang lain.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *