andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing Terbaik

4 min read

Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing Terbaik

Internet kini menjadi kebutuhan banyak orang, tanpa kecuali usaha kecil menengah (UKM). Hanya dengan menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet, pelaku usaha bisa terhubung dengan konsumen dengan cepat.

Selain itu, pelaku usaha juga memanfaatkan internet untuk memperluas pemasarannya, salah satunya dengan menggunakan website. Tidak sedikit UKM yang saat ini sudah Go Digital dengan website dan meraih kesuksesannya.

Menggunakan website tentu sebelumnya perlu menyiapkan domain dan hosting, untuk mengarahkan dan menampung trafik pengunjung. Dan apabila trafik tinggi maka perlu untuk menambah hosting yang lebih besar.

Kini banyak sekali cloud provider Indonesia yang bisa melayani pelaku usaha UKM dalam urusan hosting. Salah satunya idcloudhost.com yang memiliki layanan cloud hosting terbaik di Indonesia dengan teknologi cloud computing yang mumpuni.

Mengenal Teknologi Cloud Computing

Cloud computing merupakan teknologi internet yang dijadikan tempat penyimpanan server pusat. Dengan teknologi tersebut mempermudah pengguna dalam mengakses data dengan hanya melalui internet.

Menggunakannya cukup dengan login, selanjutnya bisa mengakses program atau mendapatkan informasi. Seperti pada Google Drive, yang merupakan salah satu layanan google yang menggunakan teknologi cloud computing.

Sebelum adanya cloud computing, penyimpanan menggunakan komputer server, hardisk, ataupun flashdisk. Kini, cloud computing lebih banyak diminati dalam urusan penyimpanan.

Selain itu, cloud computing memiliki harga yang terjangkau serta tempat penyimpanan yang lebih luas. Cocok sekali untuk urusan hosting, sehingga membuat website tidak down saat jumlah trafik meninggi.

Diketahui cloud computing memiliki tiga jenis, diantaranya public cloud, private cloud, dan hybrid cloud. Dimana ketiganya memiliki keunggulan masing-masing dalam urusan penyimpanan.

Kelebihan Cloud Computing

Menggunakan layanan penyimpanan dengan teknologi cloud computing memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan penyimpanan lain. Adapun kelebihan yang didapat oleh pengguna atau organisasi yakni:

1. Penyimpanan Terpusat di Server

Teknologi ini mempermudah pengguna layanan karena dapat menyimpan pada server yang sudah disediakan secara cloud. Sehingga bagi pengguna tidak perlu lagi menyediakan data center, ataupun media penyimpanan karena sudah secara digital.

2. Penyimpanan Aman

Terdapat jaminan keamanan data dari penyedia layanan, sehingga data tidak corrupt ataupun rusak. Dibandingkan metode konvensional, layanan cloud ini sudah terjaga kemanan dan privasi.

3. Tahan Lama

Cloud computing sangat tahan lama dibandingkan dengan penyimpanan fisik seperti harddisk ataupun flashdisk. Selain itu, lebih murah bahkan gratis, pengguna bisa memanfaatkan teknologi ini untuk penyimpanannya.

Layanan Private Cloud

Private cloud adalah penyimpanan cloud yang lebih mengedepankan keamanan dan privasi, biasanya private cloud digunakan oleh internal sebuah perusahaan. Selain itu, jenis cloud ini memberikan kontrol yang kuat terkait sistem, data, dan aplikasi.

Kelebihan dari private cloud yakni aman dan rahasia dibandingkan dengan public cloud. Namun, untuk pengelola harus memiliki kesiapan mulai dari merawat, dan memelihara infrastruktur agar tetap normal.

Layanan private cloud pada sebuah provider cloud biasanya dalam bentuk paket perbulan dan juga pertahun. Banyak sekali yang didapat dari layanan ini terutama bagi pemiliki website.

Adapun keunggulan yang dimiliki layanan cloud privasi ini, yakni diantaranya:

1. Aman, private cloud memiliki sistem keamanan yang ketat sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya.
2. Mudah, selain aman memiliki kemudahan dalam hal kontrol, namun hanya satu orang saja yang bisa mengontrol atau diberikan akses.
3. Dapat kustomisasi, cloud privasi dapat langsung dikonfigurasi oleh organisasi atau pelaku usaha.

Macam-macam Private Cloud

Ada beberapa macam private cloud yang harus Anda ketahui, tergantung cara pengelolaannya. Selain itu, penggunaan private cloud juga tergantung kebutuhan perusahaan, adapun jenisnya, yakni:

1. Private Cloud Virtual

Private cloud jenis ini yaitu dimana server digunakan secara bersama oleh pengguna lain atau organisasi, namun sumber daya komputasi pengguna tetap privasi.

2. Private Cloud Hosted

Private cloud hosted yaitu server hanya digunakan oleh satu organisasi atau pengguna, tidak dibagi-bagi dengan pengguna lain. Namun, untuk konfigurasi jaringan, pemeliharaan hingga pembaharuan dilakukan penyedia layanan.

3. Private Cloud Managed

Cloud privasi ini merupakan pada ruang lingkup penyedia pengelola layanan setiap cloud untuk setiap pengguna atau organisasi. Cocok sekali untuk oraganisasi atau pengguna yang tidak memiliki staf.

4. Software

Dari segi kebutuhan perusahaan, dimana organisasi atau pengguna hanya menyiapkan perangkat keras. Dan pihak penyedia layanan hanya menyediakan perangkat lunak untuk menjalankan private cloud.

5. Software dan Hardware

Ada juga yang keduanya, namun biasanya yang menjual sofware dan hardware adalah vendor private cloud, dengan paketan all in one. Bagi penyedia layanan cloud jarang sekali menjual paketan tersebut.

Provider Private Cloud Terpercaya

Provider cloud Indonesia terpercaya dengan layanan Full Cloud pertama di Indonesia, yakni IDCLOUDHOST. IDCLOUDHOST Indonesia memiliki tiga produk yakni server, service, dan developer tool.

Untuk layanan private cloud dari IDCLOUDHOST didukung dengan kontrol panel yang fleksibel, praktis, dan mudah digunakan. Selain itu, memiliki harga yang terjangkau dengan suport tim yang mumpuni di bidangnya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan private cloud dari IDCLOUDHOST, bisa kunjungi www.idcloudhost.com/private-cloud/ kemudian klik daftar sekarang. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman register.

Akhir Kata

Private Cloud merupakan jenis layanan cloud yang sekarang ini banyak digunakan, mulai dari perusahaan skala besar hingga UKM. Dengan memiliki kelebihan keamanan dan privasi yang kuat, sehingga data yang tersimpan tidak bisa diakses oleh orang lain.

IDCLOUDHOST menjadi cloud provider Indonesia pertama yang memiliki layanan virtual private server atau private cloud. Cukup daftar dan pilih paket, selajutnya Anda bisa menikmati layanan private cloud dengan mudah. Ingin website anda tidak nge-down saat kebanjiran trafik atau gampang dibobol sistem keamanannya? Saatnya menggunakan Teknologi Cloud Computing Terbaik dari idcloudhost.com untuk kelancaran usaha dan bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

 

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *