Tertarik Keuntungan Investasi Saham, Ini Hal yang Harus Anda Ketahui

3 min read

Keuntungan Investasi Saham

Siapa yang tidak kenal saham? Keuntungan investasi saham banyak yang orang tahu memang sangat menghasilkan. Namun siapa sangka di bali keuntungannya butuh proses yang panjang dan pengorbanan yang besar?

Investasi saham memang sangat menguntungkan apabila dilakukan dengan benar. Ada kalanya hal itu akan sangat menguntungkan, ada kalanya pula menjatuhkan. Dalam melakukannya, tentu saja membutuhkan pengetahuan khusus dan juga strategi yang tepat. Oleh karena itu, bagi anda yang baru ingin mencoba, jangan hanya berpatok pada keuntungannya saja.

Pengetahuan Wajib di Balik Keuntungan Investasi Saham

Dalam bermain saham, ada ilmu-ilmu yang harus anda kuasai. Dunia investasi memiliki segudang istilah baru yang khusus dan tidak ditemukan di bidang-bidang lain. investasi sendiri berarti anda menanamkan modal untuk mengharapkan keuntungan dari tempat yang anda tanami modal. Jika melakukan investasi saham, anda harus mengerti minimal pengetahuan dasar mengenai saham.

Saham sendiri merupakan surat bukti kepemilikan pada sebuah perusahaan. Jika anda melakukan investasi saham, berarti sama halnya dengan anda membeli lembaran-lembaran surat kepemilikan suatu perusahaan. Dengan begitu, anda juga akan termasuk dalam pemilik perusahaan tersebut.

Para calon investor, banyak yang membeli saham ketika saham suatu perusahaan sedang dalam keadaan turun. Kemudian saat harga saham perusahaan tersebut sedang naik, mereka biasanya memilih untuk menjualnya agar mendapatkan keuntungan. Semakin banyak lembar saham yang anda beli, semakin besar pula tingkat kepemilikan anda atas perusahaan tersebut.

Cara Mendapatkan Keuntungan dari Saham

Ketika anda sudah membeli sekian banyak lembar saham atas suatu perusahaan, itu berarti anda sudah menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut. Banyak manfaat pasar modal bagi masyarakat yang dapat dilihat pada halaman ini. Biasanya dalam suatu perusahaan, ada banyak investor yang turut menanamkan modalnya pada perusahaan. lalu, bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari investasi saham itu?

Nantinya, perusahaan akan beroperasi baik itu menjual jasa maupun produknya ke pasaran. Dengan itu, keuntungan akan dihasilkan oleh perusahaan. keuntungan itu tidak sepenuhnya menjadi milik pemimpin perusahaan. Para pemegang saham, akan turut diperhitungkan karena telah menanamkan modalnya.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan saham ketika harga saham sedang naik. Dengan begitu, modal yang anda keluarkan ketika membeli saham akan terbayar dan mendapatkan keuntungan dari penjualannya karena harganya naik atau bisa juga dengan anda yang menaikkan harga penjualan.

Ketika perusahaan membutuhkan keputusan untuk melanjutkan langkahnya, pemimpin perusahaan akan mengumpulkan para pemegang saham untuk dimintai suaranya. Nah, ada beberapa tingkatan pemilik saham yang akan diprioritaskan untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan dalam Investasi Saham

1. Deviden
Seperti yang sudah dikatakan, dalam dunia investasi ada banyak istilah baru yang harus anda ketahui. Contohnya adalah deviden ini, deviden adalah keuntungan yang didapatkan oleh investor yang diberikan oleh perusahaan yang ditanami modal. Dalam pembagian keuntungan, tidak semua investor mendapatkan keuntungan yang sama. Para investor, memperoleh profit berdasar atas persentase saham yang mereka miliki.

2. Capital Gain
Nah, istilah capital gain ini digunakan ketika anda memutuskan untuk menjual saham anda dengan harga yang lebih tinggi. Oleh karenanya, keuntungan yang didapatkan dari selisih antara harga jual dengan harga beli saham.

3. Mengikuti RUPS
RUPS adalah Rapat Umum Pemegang Saham. Rapat ini bisa dihadiri oleh anda yang memiliki saham atas suatu perusahaan. Jadi, keuntungan ini bisa anda dapatkan dengan fungsi untuk memantau perkembangan perusahaan. Langkah apa yang akan perusahaan ambil untuk mengusahakan kemajuan perusahaan. pembagian deviden dan juga laporan tahunan perusahaan pun akan anda dapatkan pada RUPS ini.

4. Keuntungan Besar dengan Modal Kecil
Banyak yang tertarik dengan investasi saham ini karena modal awal pembelian saham yang kecil dan keuntungan yang didapatkan nantinya akan besar. Anda bisa mulai membeli saham suatu perusahaan dengan harga yang variatif, ada yang dimulai dengan harga Rp. 100.000 per lembarnya. Dengan begitu, anda sudah bisa menjadi pemilik suatu perusahaan.

Namun pastinya ada resiko besar yang ditanggung, dan anda tidak selalu mendapatkan keuntungan atas saham yang anda miliki.

5. Fleksibel
Permainan saham ini sangat fleksibel. Anda tidak harus terlalu berfokus dan meluangkan banyak waktu seperti ketika anda bekerja di kantoran. Anda bisa tinggal mengamati indeks harga saham di pasaran untuk memantau saham yang dimiliki oleh anda melalui gadget dan bersantai di rumah.

6. Aman dan Transparan
Investasi saham merupakan investasi yang sudah terlindungi. Aktivitas jual belinya sudah terpantau dan dijamin aman dengan ruang lingkup bernama bursa efek. Ada hukum yang sudah mendasari pergerakannya dan juga peraturan pemerintah. Jadi, anda yang ingin bermain saham tidak perlu takut tidak mendapatkan pertanggung jawaban.

Jadi, sebagai bekal untuk bermain saham, anda harus memiliki pengetahuan yang mumpuni. Itu dia penjelasan mengenai keuntungan investasi saham. Semoga bermanfaat.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *