Wisata Alam di Gunung Bunder Resort yang Menawan

5 min read

Curug Nangka gunung bunder

Wisata Alam di Gunung Bunder – Bogor terkenal dengan cuacanya yang sejuk, dan banyaknya lokasi wisata alam yang memiliki pemandangan indah. Kota ini kerap menjadi tujuan bagi warga Jakarta yang hendak melepas penat setelah bekerja seminggu penuh. Mereka biasanya membanjiri kawasan Bogor di akhir pekan, sabtu dan minggu. Kawasan wisata Bogor yang sering didatangi oleh wisatawan salah satunya adalah Gunung Bunder Resort. Ini termasuk lokasi favorit sebab banyak alternatif kegiatan yang bisa dilakukan di sana.

Lokasi Gunung Bunder Resort

Gunung Bunder yang termasuk daratan tinggi, berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Keadaan ini mempengaruhi kondisi cuaca dan temperaturnya yang kerap hujan serta dingin, berkisar 19 derajat celsius. Tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta, membuat lokasi Gunung Bunder yang masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Halimun – Salak dengan mudah diakses dengan kendaraan umum maupun pribadi. Sarana jalan pun mulus tanpa banyak halangan berarti.

Gunung Bunder Resort berlokasi tepatnya di desa Gunung Bunder, kecamatan Pamijahan. Bila Anda berkendara dari arah Jakarta, ada baiknya memilih alur utara bila melewati jalur Tol Jagorawi. Kemudian, arahkan kendaraan Anda keluar pada Tol Kedunghalang yang jalurnya ke Kota Bogor. Jika telah sampai Kota Bogor maka perjalanan tinggal sedikit lagi.

Pilih jalan arah Tapos – Gunung Malang dan terus pacu kendaraan Anda hingga mencapai lokasi Gunung Bunder 1. Jangan khawatir akan tersesat sebab banyak marka jalan atau rambu-rambu lalu lintas yang akan menuntun Anda hingga ke tempat yang dituju. Waktu yang dibutuhkan berkisar 4 jam perjalanan jika terjadi macet maka tentu akan lebih lama lagi.

Saat telah memasuki wilayah dataran tinggi, suhu akan segera berubah menjadi sangat sejuk. Pemandangan alam berganti dengan pepohonan di kanan kiri jalan, dan jurang-jurang yang berada di sisi jalan.

Baca Juga  Wisata Murah Meriah ke Pulau Untung Jawa

Tiket Masuk Gunung Bunder Resort
Seperti juga kawasan wisata lainnya, memasuki wilayah Gunung Bunder juga Anda akan diminta membayar biaya retribusi atau tiket masuk. Harganya murah kok, hanya kurang lebih Rp. 5-10 ribu per orang. Sepeda motor dan kendaraan lain, tentu juga harus membayar. Tapi terjangkau kantong dan tak bikin bangkrut.

Berbagai Kegiatan di Gunung Bunder Resort
Ada banyak sekali alternatif kegiatan yang bisa Anda lakukan bila memilih wisata ke daerah Gunung Bunder, terutama di Gunung Bunder Resort. Pencinta alam pasti menyukai lokasi ini sebab kealamian alam masih sangat terjaga. Belum banyak perubahan yang dilakukan di kawasan tersebut. Anda masih bisa menemukan banyak air terjun, atau curug yang indah dan membuat pikiran Anda kembali segar.

Di antara pilihan lokasi curug yang bisa Anda temukan di sana adalah, Curug Nangka, Sawer, serta Cigamea, dll. Ini yang cukup mudah dijangkau oleh wisatawan yang tak ingin jauh jalan masuk hutan. Risikonya, memang pengunjung lebih ramai, walau tak terlalu berdesak-desakan. Cukup memadai bagi Anda yang tak pernah melihat secara langsung air terjun alami, dan ingin merasakan guyuran air dari tempat yang tinggi.

Hutan pinus menjadi daya tarik yang istimewa dan membawa suasana romantis bagi pasangan muda yang baru menikah. Berjalan-jalan di sekitar hutan pinus yang penuh dengan guguran daun kering, tak kalah dengan suasana musim semi di luar negri.

Anda yang menyukai kegiatan hiking dan berkemah, maka hutan dan tempat wisata alam Gunung Bunder juga pilihan yang tepat. Bayangkan saat malam dingin, dengan api unggun yang berada di dekat kemah, serta pemandangan kota Bogor nun jauh di bawah kaki gunung. Itu sebabnya banyak organisasi pencinta alam memilih lokasi tersebut untuk kegiatan mereka.

Baca Juga  6 Tempat Wisata Alam Bogor yang Keren Abis

Mountain Biking
Walau melelahkan, namun kegiatan bersepeda di lokasi Gunung Bunder sungguh mampu menguji kekuatan dan daya tahan Anda. Ini adalah kegiatan yang disukai oleh penggemar mountain biking. Ada jalur khusus trail dari Bogor ke Gunung Bunder yang jaraknya 27 mil.

Biasanya, para pesepeda menghabiskan waktu sekitar 6 – 7 jam untuk menuntaskan tantangan tersebut. Imbalannya, tentu kesehatan dan pemandangan indah di sekitar jalur. Bahkan beberapa lokasi curug yang dilewati bisa menjadi tempat istirahat yang menyenangkan sekaligus menenangkan denyut jantung yang telah berpacu sebelumnya.

Penginapan
Jangan khawatir akan terlantar karena tidak memiliki saudara di kawasan wisata tersebut, sebab bila Anda butuh menginap maka banyak pilihan losmen, hotel atau penginapan dengan berbagai alternatif pilihan kamar yang bisa Anda pilih. Vila serta resort seperti Gunung Bunder Resort pun bisa jadi pilihan. Tentu semua tergantung pada dana yang Anda miliki. Sebab ada uang ada barang, bukan?

Biaya untuk menyewa sebuah villa dengan 2-3 kamar rata-rata adalah 1,2 juta lebih kurang. Atau bagi Anda yang mau, ada banyak rumah penduduk yang disewakan kamarnya. Ini tentu akan lebih bersifat kekeluargaan ya, begitu juga dengan harganya. Banyak alternatif makanan khas yang bisa Anda coba. Misalnya jagung bakar, ikan bakar, atau hidangan khas Jawa Barat, lalapan dan sambal. Sedap.

Rafting dan Outbond
Rafting alias menjelajahi sungai di Gunung Bunder juga tersedia bagi yang doyan menguji kekuatan jantungnya. Jangan khawatir. Keselamatan dan berbagai perangkatnya akan disediakan maksimal. Bahkan, bila Anda mengajak putra-putri Anda pun, perjalanan rafting Anda akan aman.

Jelajah jeram akan menjadi tantangan yang menggoda dan melatih keberanian. Biasanya perjalanan menyusuri sungai dengan perahu karet atau rafting itu memakan waktu 1 jam. Sensasinya akan makin berbeda bila hujan turun di tengah kegiatan tersebut.

Baca Juga  Taman Laut Bunaken, Surga Bawah Laut yang ada di Indonesia

Berbagai lokasi outbond juga terdapat di wilayah ini, bahkan boleh dibilang kegiatan ini yang jadi primadona, selain rafting dan kemping tentu saja. Wahana-wahana outbond akan mudah sekali Anda jumpai di kawasan Gunung Bunder. Biasanya diikuti instansi berombongan, atau juga pribadi.

Tali-tali yang diikat ke pepohonan menjadi sarana flying fox. Juga jembatan tali yang terdiri dari 1 buah tali saja, membuat peserta outbond kebanyakan tertantang untuk menjelajahinya. Itu merupakan hal yang biasanya terdapat di lokasi outbound.

Kawah Ratu Salah Satu Wisata Alam di Gunung Bunder
Sedikit lebih sulit dijangkau, kawasan Kawah Ratu yang konon merupakan lokasi wisata yang beraroma mistis ini butuh waktu 3-4 jam perjalanan dengan kaki. Ya, sebab tak ada akses jalan memadai yang bisa dilewati menuju kawasan puncak gunung ini.

Kawah Ratu Salah Satu Wisata Alam di Gunung Bunder

Namun, untuk penjelajah alam, ini adalah lokasi yang tak boleh dilewatkan. Pemandangan indah alamnya sungguh memukau. Lelah letih untuk mencapai lokasi tersebut tak terasa dengan disuguhi cantiknya pepohonan dan hutan di kanan kiri jalan.

Walau demikian ada beberapa bahaya yang harus diwaspadai saat berada di kawasan kawah ratu, yaitu adanya sumber gas beracun yang bisa membuat manusia yang menghirupnya menjadi pingsan, atau bahkan meninggal dunia. Kuncinya hanya satu, yaitu mentaati rambu-rambu yang telah dipasang oleh petugas, untuk menghidar dari kawasan tersebut. Gas beracun tidak dapat dideteksi dengan indra tubuh manusia, atau tidak berbau dan berwarna sehingga hanya dapat dipantau keberadaannya dengan alat khusus.

Itulah Wisata Alam di Gunung Bunder yang sangat menawan dan sayang jika kita lewatkan, semoga ulasan diatas bisa menambah wawasan buat pembaca semuanya.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *