Wisata Murah Meriah ke Pulau Untung Jawa

5 min read

Wisata Pulau Untung Jawa

Wisata Pulau Untung Jawa – Kalau selama ini kita hanya mengenal Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, atau Pulau Onrust sebagai salah satu destinasi wisata dengan segala pesona bawah laut, hutan bakau, dan pantai yang menawan, maka sepertinya Anda harus menambahkan Pulau Untung Jawa dalam daftar tujuan wisata Anda. Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Seribu dengan keindahan yang tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya yang lebih dulu terkenal.

Letaknya yang dekat dari Jakarta, kini menjadi incaran para penikmat wisata pantai dan wisata laut. Dengan luas wilayah mencapai 40 ha, pesona keeksotisan pulau ini amat terasa karena jauh dari hiruk-pikuk Jakarta. Meski secara administratif, pulau ini menjadi bagian dari Jakarta. Banyak juga wisatawan yang menjuluki pulau ini sebagai “Si Cantik di Dekat Jakarta”. Selain kecantikannya, Pulau Untung diminati karena murahnya biaya yang dikeluarkan untuk menuju ke sana.

Wisata Bahari di Pulau Untung Jawa

Bagi Anda para traveler dengan gaya backpacker, pulau ini cocok untuk menjadi tujuan wisata Anda. Karena untuk menuju Pulau Untung, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 15.000 untuk biaya parkir kendaraan di Tanjung Pasir, Tangerang. Dana Anda bisa dihemat bila Anda memilih berangkat lewat Tanjung Pasir karena jaraknya lebih dekat. Untuk menuju Tanjung Pasir, Anda bisa memilih menggunakan sepeda motor atau mobil.

Setelah Anda memarkir kendaraan, para pemilik perahu boat akan mendatangi Anda dan menawarkan jasa penyeberangan ke Pulau Untung dengan harga sekitar Rp 25.000 per orang, pulang-pergi. Namun, Anda masih bisa menawar harga tersebut, terlebih bila Anda datang dengan rombongan dalam jumlah besar. Kemungkinan mendapat potongan harga juga lebih besar. Dengan menggunakan perahu boat, waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang dari Tanjung Pasir ke Pulau Untung kurang lebih 15 menit.

Baca Juga  Menjelajahi Kemolekan Wisata Garut yang Mempesona

Anda juga bisa menyewa perahu cepat yang dapat memuat sekitar 20 penumpang dengan harga Rp 150.000 per perahu, bila Anda memilih menyeberang dari Pantai Marina Ancol. Namun, dari Pantai Marina Ancol dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk mencapai pulau yang berpenduduk 2.068 jiwa ini. Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara juga bisa menjadi pilihan Anda karena tersedia berbagai transportasi menuju sejumlah pulau di Kepulauan Seribu.

Di Pulau Untung, dijamin Anda akan merasa puas karena disambut oleh pemandangan yang cantik di sekeliling Anda. Sesampainya di sana, laut yang masih biru, pantai yang putih bersih, dan hutan bakau yang masih bagus adalah suguhan yang langsung bisa Anda nikmati.

Siapkan kamera Anda karena terdapat banyak sekali objek foto yang menawan di pulau ini yang sangat sayang jika terlewatkan, terlebih pemandangan sunrise dan sunsetnya. Foto-foto di dekat dermaga, hutan bakau, di depan plang tulisan “Welcome To Untung Jawa Island”, foto berenang di pantai, foto ketika snorkeling, foto di toko suvenir, foto bersepeda keliling pulau, adalah beberapa koleksi foto yang harus Anda miliki bila berkunjung ke pulau ini.

Begitupun dengan wisata water sport yang patut Anda coba karena keseruannya seperti berenang, bermain jet ski, banana boat, atau donat boat dengan harga sewa Rp 50.000 s.d. Rp 65.000 per orang. Bagi yang ingin melihat keindahan pesona bawah laut, terdapat alat sewa snorkeling dengan kisaran harga sewa Rp 20.000 s.d. Rp 75.000 per satu set alat per harinya. Untuk anda yang belum pernah snorkeling atau pemula dalam snorkeling, pulau ini sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin merasakan sensasi snorkeling dengan aman. Meski kedalaman laut mencapai 2 sampai dengan 3 meter, spot penyelaman terasa aman karena air lautnya bening dengan ombak yang tenang, juga terdapat banyak batu-batu koral tinggi dan besar yang bisa dijadikan tempat pijakan bila merasa lelah. Guide snorkeling juga selalu siap membantu semua keperluan anda.

Baca Juga  5 Tempat Favorite Tahun Baruan di Surabaya

Setelah Anda lelah menjelajah hutan bakau, lelah mengelilingi pulau dengan bersepeda, ataupun lelah menjajal berbagai olahraga air yang tersedia, itu berarti waktunya Anda berwisata kuliner di pulau yang terdiri atas 9 RT dan 3 RW ini. Terdapat banyak warung makan yang menjajakan makanan laut yang mengundang selera dan tentunya terasa lebih nikmat karena semua bahan makanan tersebut masih segar.

Menunya, hmm… benar-benar menerbitkan rasa lapar. Sebut saja, cumi asam manis, kepiting saos tiram, ikan bakar lengkap dengan nasi, lalapan, sayuran, dan sambal, dan masih banyak lagi menu lainnya. Untuk harga, mungkin Anda perlu merogoh kocek lebih tebal karena beberapa bahan makanan didapat dari luar pulau.

Karena jaraknya yang dekat dan aksesnya yang mudah, Pulau Untung Jawa juga cocok untuk Anda yang sibuk dan hanya punya sedikit waktu untuk berlibur. Warga Jakarta dan sekitarnya kini juga memiliki alternatif untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama pasangan atau keluarga mereka.

Wisata Bahari Pulau Untung Jawa

Pulau ini cocok sebagai tempat untuk melepaskan diri dari kepenatan dan udara yang sudah tercemar. Sebab, di pantai berhutan bakau ini, Anda bisa menikmati udara segar. Selain itu, dari pulau ini Anda juga bisa dengan mudah mengunjungi pulau-pulau lainnya seperti Pulau Onrust, Pulau Kelor, dan Pulau Rambut.

Daya tarik utama dari pulau ini adalah pola wisata pulau yang sederhana. Suasana pedesaan masih terasa, bangunan tempat tinggal masih bernuansa kampung, hotel bertaraf kelas melati tapi bersih dan nyaman, lingkungan alami, dan barang-barang yang digunakan adalah barang yang bisa didaur ulang. Semua itu adalah beberapa hal yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi pulau yang dekat dengan pesisir Jakarta ini.

Baca Juga  7 Kolam Renang di Subang Beserta Tiket Masuknya

Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, datanglah pada pagi hari. Sehingga, Anda akan memiliki cukup waktu untuk menikmati kecantikan dan keindahannya tanpa merasa diburu waktu. Untuk Anda yang tidak menginap, maka perahu boat akan menjemput Anda pada sore hari dan mengantarkan Anda kembali ke Tanjung Pasir atau ke Pantai Marina Ancol dan atau Pelabuhan Muara Angke.

Untuk Anda yang ingin menginap, tersedia homestay yang nyaman untuk 2 hingga 4 orang per kamarnya, dengan harga per malamnya berkisar Rp 150.000 s.d. Rp 250.000, tergantung fasilitas yang disediakan. Homestay ini semakin terasa menyenangkan dan melengkapi suasana liburan karena letaknya yang berada dekat pantai. Tersedia pula rumah berpendingin udara dengan enam kamar tidur dan harga sewanya sekitar Rp 1,5 juta per malam.

Sebagai wisatawan yang baik, ada baiknya Anda juga ikut memerhatikan kebersihan lingkungan. Sebab, wisata di pulau ini dikonsep sebagai wisata ramah lingkungan. Di sekeliling pulau, terdapat papan-papan slogan yang mengajak warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, tersedianya tong sampah kering dan tong sampah basah di sekitar pulau. Anda juga bisa melihat jalanan di pulau ini berikut pantainya bersih tanpa sampah.

Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Maladewa. Karena di dekat Jakarta pun terdapat pulau dengan keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Kepulauan Pasifik, tapi dengan harga yang murah meriah.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *