8 Nutrisi Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

6 min read

Nutrisi Penting Untuk Anak

Nutrisi Penting Untuk Anak – Agar anak kita dapat memiliki tumbuh kembang yang baik, diperlukan nutrisi yang mendukung perkembangannya. Kebutuhan akan nutrisi anak perlu diperhatikan dengan sebaik-baiknya atau perlu perhatian extra dari orangtuanya, para ibu khususnya. Supaya anak-anak kita nantinya memiliki tubuh yang sehat dan kuat, serta tingkat kecerdasannya tidak akan diragukan lagi. Karena asupan zat-zat penting yang diperlukan pada masa pertumbuhan dapat kita penuhi seluruhnya dengan baik.

Asupan Nutrisi Penting Untuk Anak

Asupan nutrisi yang diperlukan anak-anak saat ini bisa dengan mudah didapatkan, dan dalam bentuk yang lebih sederhana, bisa berbentuk vitamin untuk anak atau terkandung di dalam produk susu formula dan sebagainya. Anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, masih tidak mengerti jenis-jenis makanan mana yang bermanfaat bagi tubuh mereka. Hanya merasakan makanan itu enak rasanya, maka anak-anak itu langsung merasa senang untuk mengonsumsinya.

Untuk itulah diperlukan pengawasan dari orang tua, agar buah hati kita tidak akan sembarangan lagi dalam mengonsumsi makanan. Berilah informasi atau pengetahuan sedikit demi sedikit kepada anak-anak kita tentang makanan-makanan mana yang baik untuk dikonsumsi.

Pemberian ASI (Air Susu Ibu) eksklusif sangat penting sekali untuk pertumbuhan bayi yang baru lahir, hingga bayi tersebut berumur 2 tahun. Kandungan zat-zat penting banyak terkandung di dalam ASI tersebut. Tidak ada satu merk susu formula yang dapat mengalahkan kebaikan zat di dalam ASI.

Bayi yang baru lahir masih mewarisi kekebalan tubuh dari ibunya, selama bayi tersebut dalam kandungan. Seperti yang sering kita dengar atau baca dari internet, bahwa kekebalan tubuh merupakan sebuah sistem di dalam darah dan kelenjar getah bening. Kekebalan tubuh kita didapat dari sel darah putih atau disebut juga dengan istilah cellular, dan sebagian lagi diperankan oleh cairan darah (humoral). Kekebalan ini yang membuatnya mampu bertahan terhadap ancaman penyakit.

Tidak ada nutrisi khusus yang secara langsung meningkatkan kekebalan di dalam tubuh. Untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh, diperlukan berbagai macam nutrisi pendukung seperti pemberian vitamin dan mineral juga merupakan usaha untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, atau asam amino sebagai gugus protein. Bayi bisa mendapatkan asupan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral dari ASI sang bunda yang dikonsumsi oleh buah hatinya. Sedangkan untuk anak-anak usia 5-12 tahun, pertumbuhan dan perkembangannya lebih lambat jika dibandingkan masih bayi yang pertumbuhannya begitu cepat.

Baca Juga  7 Tips Perawatan Kawat Gigi Yang Bagus Dan Tepat

Peranan orang tua sangat penting. Orang tua perlu memperhatikan asupan makanan bagi anak-anak mereka yang berada di usia tersebut. Orang tua sebaiknya tetap mengarahkan dan memberi informasi makanan mana yang baik untuk dikonsumsi, mana yang tidak baik karena kandungan zat-zat yang berada di dalamnya bisa berpengaruh buruk terhadap tumbuh kembang anak.

Jadi sangat penting bagi anak untuk memilih makanan dan camilan yang kaya akan nutrisi dan energi. Berilah penjelasan kepada anak-anak sedini mungkin tentang jenis makanan yang sangat diperlukan bagi mereka. Agar asupan nutrisi penting mereka dapatkan dari makanan yang mereka konsumsi setiap hari, karena hal ini akan memberi pengaruh di kemudian hari hingga mereka menjadi dewasa. Saat ini banyak anak-anak yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Apalagi di jaman sekarang berbagai macam gadget-gadget yang canggih, serta dunia internet semakin menggila, dan banyak anak-anak kita kecanduan dengan game online. Jadinya mereka tidak banyak gerak, hanya pasif di tempat sambil bermain game online atau bermain dengan gadget mereka tanpa sering melakukan aktivitas gerak yang intens. Pada saat mereka serius dengan game online atau serius dengan gadget barunya, mereka cenderung melakukannya sambil makan cemilan.

Jika memiliki anak dengan kelebihan berat badan, maka ajaklah mereka dan beri dorongan untuk melakukan aktivitas fisik atau bergerak. Mengajak mereka untuk berolah raga seperti sepak bola, bersepeda, dan berenang. Agar mereka bisa melakukan diet nutrisi, karena mereka masih membutuhkan zat-zat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Jenis-Jenis Nutrisi Bagi Anak

Pastikan anak-anak untuk makan makanan sehat dan mereka harus mampu untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal untuk anak-anak. Lingkungan keluarga juga harus mendukung dalam mengonsumsi makanan sehat untuk menjadi contoh atas model yang baik untuk mereka.

Baca Juga  Khasiat Lidah Buaya, Tanaman Berlendir yang Banyak Manfaat

Berikut beberapa nutrisi anak yang dibutuhkan mereka dalam proses tumbuh kembangnya, antara lain:

Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan anak untuk mendapat tulang dan gigi yang sehat dan kuat. Kebutuhan akan kalsium dapat kita peroleh dalam makanan seperti susu, sayuran yang berdaun hijau, keju, sereal, yoghurt, biji wijen, dan tahu.

Folat

Folat berfungsi untuk pertumbuhan anak, tetapi beberapa anak-anak masih kurang atau rendah asupan folatnya. Asupan folat dapat kita peroleh dari roti, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan. Penyebab rendahnya asupan folat pada anak karena anak-anak sering melewatkan waktu sarapan padahal sereal merupakan sumber yang baik dari folat.

Zat Besi

Peranan penting zat besi bagi anak adalah untuk membuat hemoglobin. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang mengakibatkan tubuh mudah lelah, mudah marah, dan merasa lemah. Untuk mendapatkan asupan zat besi dapat kita peroleh dari beberapa makanan yaitu telur, ikan, daging sapi, bayam, kangkung, kacang-kacangan, dan buah.

Asam lemak essesial

Asam lemak essensial memiliki fungsi untuk membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, membangun kekebalan, dan membantu tubuh untuk bisa menyerap nutrisi. Lemak omega-6 biasanya berasal dari makanan yang diolah dan terkandung minyak seperti minyak kedelai.

Magnesium

Magnesiu, digunakan untuk menjaga tulang yang kuat dan membuat jantung berdetak stabil, menguatkan sistem kekebalan tubuh, dan otot dan fungsi saraf berfungsi dengan baik. Kandungan magnesium banyak kita jumpai pada makanan, seperi kacang-kacangan dan polong-polongan.

Kalium

Kalium berpasangan dengan natrium berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh, agar tekanan darah terjaga, dapat mengurangi resiko batu ginjal dan osteoporosis. Kalium dapat kita peroleh pada buah-buahan segar dan sayuran.

Vitamin

Beberapa vitamin yang diperlukan untuk tumbuh dan kembangnya anak adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Fungsi dari vitamin A untuk pertumbuhan tulang, melindungi tubuh dari infeksi, pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh, termasuk rambut, kuku, dan kulit. Vitamin A dapat kita peroleh pada buah dan sayuran berwarna yang terkandung vitamin A.

Vitamin C berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah dan perbaikan tulang dan jaringan, menjaga gusi anak tetap sehat, mengurangi memar, membantu proses penyembuhan, meningkatkan sistem imun tubuh, membantu tubuh menyerap dengan baik zat besi dari makanan kaya zat besi. Buah dan sayuran berwarna cerah adalah tempat yang bagus untuk menemukan vitamin C, seperti pada buah jeruk.

Baca Juga  3 Cara Mengobati Amandel secara Alami Tanpa Operasi

Sedangkan vitamin D membantu tubuh agar bisa menyerap mineral dengan baik seperti kalsium dan membangun gigi dan tulang yang kuat. Vitamin D dapat kita peroleh dari sinar matahari pagi, misalnya kita bisa mengajak anak-anak sebelum berangkat sekolah atau sebelum melakukan aktivitas pagi lainnya untuk berolah raga sebentar dengan lari-lari kecil, atau mengajak jalan-jalan sehat sekitar rumah, bisa dibilang perolehan untuk vitamin D ini gratis karena Allah SWT telah menciptakan matahari untuk kepentingan umat manusia.

Tetapi kalau tubuh anak tersebut tertutup baju, maka tidak bisa mendapatkan vitamin D secara maksimal karena tertutupi baju. Atau hambatan lainnya dalam mendapatkan vitamin D adalah kurangnya paparan sinar matahari karena tertutup mendung dan sebagainya. Langkah yang bisa dilakukan agar anak tidak kekurangan vitamin D jika paparan matahari kurang maksimal, kita bisa memberikan suplemen yang diperkaya dengan vitamin D.

Manfaat dari vitamin E adalah untuk mengatasi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Vitamin E juga penting untuk kekebalan tubuh dan proses metabolisme tubuh juga untuk perbaikan DNA. Sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin E ada pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Zinc

Zinc penting untuk pertumbuhan. Dibutuhkan oleh lebih dari 70 enzim yang membantu pencernaan dan metabolism tubuh. Makanan yang mengandung zinc cukup banyak, agar anak bisa mendapatkan asupan zinc cukup, kita bisa memberikan makanan seperti daging, produk susu, makanan laut (seafood), biji-bijian dan kacang-kacangan.

Pilihan Nutrisi Penting Untuk Anak yang tepat akan memenuhi kebutuhan gizinya tiap hari. Sehingga anak bisa tumbuh dengan baik dan optimal. Dan dalam hal ini peran orang tua harus benar-benar maksimal juga, agar nutrisi anak terpenuhi dengan baik. Karena anak adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju dan bangsa yang disegani oleh negara lainnya. Semoga bermanfaat

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *