Artikel Error Setelah Update Plugin? Ini Solusinya

2 min read

Artikel Error Setelah Update Plugin

Artikel Error Setelah Update Plugin – Halo sobat, jika kalian membaca postingan ini berarti sedang kebingungan untuk mencari solusi postingan atau artikel di website sobat tidak bisa kebuka atau malah blank dan ada pesan errornya seperti foto diatas.

Nah berdasarkan pengalaman pribadi, admin juga mengalaminya tiba-tiba postingan banyak yang error dan bingung harus ngapain. Setelah admin utek-utek ternyata ada cara mudah mengatasi error page atau artikel setelah kita update plugin di wordpress. Seperti apa caranya? Simak lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Artikel Error Setelah Update Plugin

WordPress merupakan sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya

WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya

Baca juga: Cara Mudah Membuat Blog Gratis

WordPress senantiasa merilis perubahan terbarunya dengan berbagai perbaikan dan penyempurnaan, dan biasanya yang paling sering diperbarui adalah pada sisi keamanan dan penambahan fitur. Namun adakalanya setelah kita update pembaruan ntah itu di core wordpressnya atau plugin nya ternyata ada error. Berikut admin berikan cara mudah mengatasinya

Cara Mengatasi Error WordPress Setelah Update Plugin

  1. Log in ke cPanel atau bisa juga mengakses hosting menggunakan FTP
  2. Setelah berhasil masuk silahkan cari direktori dimana kamu install wordpress, kemudian buka folder wp-content – plugins.
  3. Setelah folder plugins terbuka, rename folder yang sesuai dengan nama plugin yang bermasalah tersebut.
  4. Kemudian refresh blog kamu.
  5. Jika masalah sudah teratasi kamu bisa hapus plugin tersebut dan jika ingin kembali menggunakan sebaiknya cari versi sebelum kamu lakukan update, karena jika ada error kemungkinan plugin tersebut bentrok atau tidak sesuai dengan theme yang kita gunakan atau memang masih ada bug sehingga terjadi error.
Baca Juga  Tugas HRD - Seleksi dan Penempatan Tenaga Kerja

Namun jika kamu mengerti coding php, bisa juga menelusuri penyebab kesalahan tersebut karena biasanya setiap muncul error ada keterangan dibaris berapa yang menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi Artikel Error Setelah Update Plugin

Artikel Error Setelah Update Plugin

Menurut pengalaman baru-baru ini ternyata saya melakukan update di plugin LuckyWP Table Of Contents. Caranya cukup sederhana, masuk di menu plugins selanjutnya pilih LuckyWP Table Of Contents pilih deactive plugins. Jika sobat masih perlu menggunakan Plugin TOC, sobat bisa memilih plugin TOC lain yang compatible dengan updatetan wordpress terbaru anda. Namun jika ingin menggunakan luckywp, silahkan sobat cari pluginya itu dengan versi seelumnya misalnya 2.0.0

Mudah bukan? jadi ketika kamu melakukan update plugin wordpress tiba-tiba blog menjadi blank jangan panik coba langkah yang sudah saya jelaskan diatas, tips ini sebetulnya berlaku juga ketika mengubah theme dan setelah itu menjadi blank, bedanya kamu harus rename folder themes sehingga nanti wordpress akan kembali menggunakan theme default.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *