Bedak Yang Cocok untuk Kulit Berminyak

5 min read

Bedak Untuk Kulit Berminyak

Apakah ada bedak untuk kulit berminyak? Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh wanita adalah jerawat. Ya, jerawat memang sangat menggangu penampilan seseorang. Jerawat biasanya muncul di kulit yang cenderung berminyak. Kulit berminyak sangat rentan ditumbuhi jerawat karena kadar sebum dalam kulit yang lebih banyak dari pada kulit normal atau kering. Jika memiliki kulit berminyak, sangat dianjurkan untuk menggunakan kosmetik yang tidak berbahan dasar minyak.

Kulit berminyak sangat mudah kotor dan lama-lama membuat si empunya wajah terlihat kusam. Salah satu kosmetik dasar yang biasanya digunakan oleh wanita adalah bedak. Tapi hati-hati untuk Anda yang memiliki wajah berminyak, agar wajah Anda tidak terlihat seperti kilang minyak, Anda harus cerdas memilih bedak untuk kulit berminyak.

Penyebab Kulit Berminyak

Tidak ada satu wanita pun yang ingin kulitnya terlihat seperti kilang minyak berjalan karena jenis kulit wajah yang berminyak. Tapi, tahukah Anda minyak di dalam tubuh ini berfungsi untuk melembabkan kulit agar tidak kering. Jadi, minyak di dalam tubuh kita janganlah dihilangkan keseluruhannya, karena itu merupakan pelembab alami. Lalu bagaimana jika Anda terlanjur memiliki kulit yang sangat berminyak sehingga terlihat mengkilap jika siang hari?

Apakah Anda akan menutupinya dengan bedak untuk kulit berminyak sepanjang hari? Atau cuek saja beraktifitas seperti orang lain? Cara-cara seperti itu bisa saja Anda lakukan, tapi alangkah lebih baiknya jika Anda tahu lebih dulu penyebab kulit Anda berminyak. Sehingga nantinya Anda bisa menghindari faktor-faktor yang menyebabkan muka Anda seperti kilang minyak tersebut. Mengatasi kulit yang bermasalah memang harus diketahui dulu apa penyebabnya agar bisa dibasmi dari akarnya. Inilah faktor-faktor yang menyebabkan kulit Anda berminyak.

1. Faktor Hormon
Hormon di dalam tubuh sering berubah-ubah disesuaikan dengan keadaan fisik. Ketidakseimbangan hormon ini yang nantinya akan memicu minyak yang ada di wajah anda. Hal seperti ini biasanya terjadi pada mereka yang berada dalam masa puber, akan datang bulan, atau wanita yang sedang hamil.

Baca Juga  Persiapan Mental dan Fisik Menjelang Persalinan

2. Faktor Keturunan
Jika kedua orang tua Anda memiliki wajah yang berminyak, kemungkinan besar wajah berminyak Anda diturunkan oleh mereka.

3. Faktor Makanan
Sering mengonsumsi makanan yang berminyak dan tinggi lemak akan membuat kulit Anda berminyak. Ini disebabkan karena makanan-makanan tersebut dapat menambah kelebihan minyak di dalam tubuh Anda sehingga kulit Anda akan mengeluarkan minyak lebih banyak.

4. Faktor Cuaca atau Iklim
Cuaca panas akan mempengaruhi kadar minyak dalam tubuh. Maka sebisa mungkin hindari kulit dari paparan sinar matahari langsung untuk mengurangi jumlah minyak yang diproduksi oleh tubuh.

5. Faktor Kosmetik
Ketidakcocokan kosmetik yang Anda gunakan bisa mengakibkan kulit wajah Anda berminyak. Untuk kulit berminyak biasanya ada bahan-bahan tertentu yang tidak boleh digunakan. Kosmetik yang harus Anda hindari adalah kosmetik yang terlalu oily. Karena itu akan membuat kulit Anda lebih berminyak. Kosmetik yang bisa Anda gunakan adalah kosmetik yang oil free seperti bedak untuk kulit berminyak.

6. Faktor Kurang Tidur
Kurang tidur memang sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Orang yang kurang tidur biasanya kulitnya akan kusam dan berminyak. Ini dikarenakan badan yang kelelahan yang membuat metabolisme tubuh pun tidak bekerja dengan baik.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan KusamBanyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak. Meskipun tidak bisa dihilangkan secara keseluruhan, minyak di tubuh, terlebih di wajah, dapat dikurangi kemunculannya. Sudah banyak produk-produk kecantikan yang menawarkan produknya sebagai kosmetik untuk wajah berminyak.

  • Hal itu bisa dijadikan salah satu cara untuk mengatasi kulit berminyak. Menggunakan semua perawatan wajah yang tidak mengandung minyak, mulai dari pembersih sampai bedak untuk kulit berminyak adalah salah satu cara yang tepat untuk memulai dalam mengatasi kulit berminyak.
  • Selain menggunakan kosmetik yang khusus untuk kulit berminyak, tidak sering mengkonsumsi makanan berlemak dan goreng-gorengan adalah cara lain agar kulit terhindar dari minyak yang berlebihan. Selain itu kulit berminyak bisa diatasi dengan rajin berolahraga dan minum air putih yang banyak.
  • Seperti diketahui olahraga memang sangat penting untuk kebugaran tubuh. Jika Anda rajin berolahraga maka metabolisme di dalam tubuh Anda pun akan bekerja dengan baik sehingga otomatis membuat kulit anda pun terlihat sehat dan cerah.
  • Biasakan minum air putih setiap hari agar racun-racun di dalam tubuh bisa larut dan terbuang, begitupun dengan minyak berlebihan yang ada di tubuh Anda. Selain minyak berkurang, kulit Anda pun akan terlihat segar jika Anda rajin minum air putih setiap hari.
  • Kemudian, usahakan selalu menggunakan pelindung wajah saat akan bepergian di cuaca panas. Anda bisa menggunakan payung atau topi yang agak besar yang bisa melindungi wajah Anda dari paparan sinar matahari. Udara panas dan cuaca yang terik dapat mempercepat produksi kelenjar minyak di dalam tubuh. Oleh karena itu, siapkan juga tisu atau kertas minyak untuk mengurangi jumlah minyak di wajah Anda.
  • Jangan lupa, rajin-rajinlah mencuci wajah karena orang dengan jenis kulit berminyak dianjurkan untuk sering mencuci wajah apabila wajahnya sudah dirasa mulai berminyak. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah minyak yang muncul di wajah Anda. Jika tidak segera dicuci bisa jadi banyak kotoran yang menempel di wajah dan dikemudian hari menimbulkan masalah lain, yaitu jerawat.
Baca Juga  Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Terbukti Berhasil

Harus diingat bahwa kulit berminyak adalah faktor risiko timbulnya jerawat dan jika kulit Anda dalam keadaan kotor, bukan tidak mungkin jerawat – jerawat yang tidak diinginkan itu akan muncul di wajah Anda.

Kosmetik yang Baik Digunakan untuk Wajah Berminyak

Bedak Yang Cocok Untuk Kulit BerminyakBerbicara mengenai kosmetik, tentu tidak lepas dari kebutuhan kaum hawa yang ingin selalu tampak cantik. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pernahkah mengalami kekesalan gara-gara make up yang tidak menempel sempurna di wajah karena minyak yang membandel di wajah Anda? Atau riasan Ada tidak tahan lama gara-gara luntur oleh minyak?

Pasti itu semua membuat Anda kurang percaya diri yah? Tenang saja, bukan hanya Anda kok yang mengalami hal seperti itu. Hampir sebagian wanita yang memiliki jenis kulit berminyak mengalami pengalaman yang sama. Yang Anda butuhkan saat ini hanyalah menggunakan produk-produk kosmetik dan kecantikan yang berlabel oil free alias bebas minyak.

Sudah banyak di pasaran produk yang seperti ini atau Anda harus cermat melihat tiap produk, dikhususkan untuk kulit seperti apakah produk yang Anda beli. Jika di sana tertera “untuk kulit berminyak” Anda bisa menggunakannya. Untuk bedak sendiri sebaiknya Anda jangan menggunakan bedak padat.

Karena itu, akan menyumbat pori-pori wajah Anda sehingga nanti akan timbul jerawat. Khusus untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, bedak untuk kulit berminyak yang cocok adalah bedak tabur. Bedak tabur ini formulanya lebih ringan sehingga lebih cepat terserap dalam kulit. Sudah banyak merek bedak tabur di Indonesia. Anda hanya tinggal memilih mau menggunakan produk yang mana

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *