Indahnya Berwisata di Cipanas Garut

5 min read

Berwisata di Cipanas Garut

Berwisata di Cipanas Garut – Daerah Cipanas Garut memang merupakan tempat yang sangat indah dan sangat cocok sekali bagi kita yang ingin melakukan wisata alam. Nuansa dan suasana yang dihadirkan di daerah ini sungguh sangat luar biasa.

Wisata Alam
Wisata alam merupakan salah satu pilihan untuk menyegarkan kembali pikiran yang sudah mulai kusut oleh berbagai aktivitas dan mobilitas. Berwisata alam serasa membuat hidup menjadi baru. Setidaknya, pikiran Anda akan terasa lebih baru.

Namun sayang, akibat perkembangan teknologi dan peradaban manusia, alam semakin jauh dari kehidupan manusia. Meskipun tidak semua manusia merasa dijauhkan dari alam.

Ada beberapa manusia yang berada pada level perkembangan dunia yang cukup tinggi sehingga menjauhkannya dari kehidupan alam yang sebenarnya. Dalam keseharian yang dilaluinya hanyalah melihat perkembangan hasil teknologi.

Udara yang sangat segar dan pemandangan alam yang luar biasa indah tidak bisa terlihat. Kesibukkan dan hiruk-pikuk dalam teknologi buatan manusia menjauhkan kita dari segala hal yang bersifat alami.

Oleh karena itu, sekarang ini ini kondisi alam yang begitu menyejukkan dengan udara yang cukup segar menjadi sebuah wisata yang amat berharga. Semua kondisi alam yang masih alami tersebut sangat dirindukan dan dicintai keberadaannya.

Kondisi alam yang masih alami ini tidak banyak terdapt di perkotaan. Hal yang paling banyak terdapat di perkotaan adalah gedung bertingkat dengan berbagai bangunan serta tanah yang berasal atau terbuat dari beton.

Beton adalah sebutan dari sebuah bahan yang terbuat dari campuran antara pasir dan semen. Kebanyakan hal yang bisa dilihat di kota adalah yang seperti itu yakni bangunan dari pasir dan semen sedangkan kehidupan yang masih asri dengan pemandangan pohon dan alam yang indah sangatlah sulit untuk didapatkan.

Baca Juga  10 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip dengan di Luar Negeri

Namun bukan berarti kehidupan di kota adalah kehidupan yang tanpa pohon. Di kota kita masih dapat melihat beberapa pohon tetapi semuanya masih tidak asri dan memiliki kesan seperti dibuat oleh tangan manusi. Oleh karena itu, masyarakat perkotaan sangatlah gemar untuk berwisata alam seperti yang ada di Cipanas Garut.

Tempat yang Nyaman
Cipanas Garut merupakan salah satu alternative terbaik yang bisa kita pilih sebagai tempat yang cukup nyaman untuk akhir pekan. Meskipun ada pilihan tempat yang lainnya tetapi tempat ini sudah cukup menggiurkan.

Di tempat yang satu ini tersedia berbagai macam wisata alam yang tentunya akan sangat cocok sekali jika digunakan sebagai ajang wisata bersama keluarga. Tidak ada tempat yang paling nyaman dan cocok untuk keluarga ketika hari libur tiba kecuali menghabiskan waktu bersama di alam yang terbuka dan nyaman.

Bisa kita bayangkan setelah satu minggu penuh selalu bergelut dengan pekerjaan yang biasanya dimulai pada hari Senin hingga Jumat. Di hari tersebut adalah hari yang penuh dengan waktu untuk bekerja sehingga waktu untuk memanjakan diri dan keluarga menjadi semakin berkurang.

Baru di hari Sabtu dan Minggu kita bisa berkumpul bersama keluarga untuk menikmati berbagai hal bersama. Salah satu cara menikmati kenyamanan dalam acara berkumpul bersama keluarga adalah dengan melakukan wisata.

Seperti halnya dengan wisata alam yang ada di cipanas ini. Hampir setiap musim liburan ataupun hari libur maka bisa dipastikan akan ramai dengan pengunjung yang mayoritas berasal dari kota untuk menghabiskan hari liburnya.

Perkotaan dirasakan sebagai tempat yang nyaman bagi penghuninya. Hal ini dikarenakan banyaknya suara kendaraan yang hiruk-pikuk di jalanan. Belum lagi ditambah dengan berbagai suasana panas suhu perkotaan dan suhu panas perpolitikan serta pekerjaan.

Baca Juga  3 Tempat Rekomendasi di Lampung Agar Liburan Super Seru

Jadi sangat tepat sekali jika suasana alam pedesaan darasakan sangat nyaman dan aman bagi masyarakat perkotaan sehingga berpindah ke alam yang lebih asri dan rama.

Sumber Air Panas
Berkunjung ke Cipanas tidaklah terlalu nyaman dan asyik jika belum berendam di lokasi pemandaian air panas. Air panas yang disajikan merupakan air panas alami yang diseebabkan oleh peristiwa alam dan bukanlah air panas dari alat pemanas air.

Sumber Air Panas Cipanas Garut

Jarak yang harus ditempuh oleh kita untuk bisa sampai ke tempat pemandian air panas ini bisa dibilang tidak terlalu jauh. Jarak yang ditempuh hanya sekitar 6 km dari pusat Kota Garut. Jadi bisa dibilang tidak terlalu jauh bahkan sangat dekat sekali.

Selama menuju ke tempat tersebut kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Tidak akan pernah kita dapatkan pemandangan yang seperti itu di kota karena hamparan sawah hanya bisa dapat dilihat di pedesaan terutama di Garut ini.

Sebagaimana tempat pemandian air panas yang lainnya, tempat yang satu ini juga diyakini mampu untuk memberikan kesembuhan akan berbagai penyakit kulit. Hal ini dikarenakan kandungan belerang yang ada di dalam air berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Jadi jika kita memiliki penyakit kulit seperti gatal-gatal dan yang lainnya maka akan sangat cocok sekali untuk berendam di sumber air panas ini. Namun sangat tidak disarankan untuk berendam dalam waktu yang cukup lama karena juga akan mengganggu kesehatan tubuh.

Wisata Buatan
Selain terkenal dengan lokasi wisata alam yang ada di daerah ini, bukan berarti semua wisata yang ada di daerah ini harus berbau alami. Ada beberapa tempat yang menyediakan wahana atau tempat wisata buatan manusia.

Baca Juga  5 Souvenir Khas Lombok Yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Salah satunya adalah wisata permainan air yang merupakan buatan dari manusia. Seperti wisata water boom yang disediakan oleh Taman Air Sabda Alam yang menyediakan berbagai arena permainan air.

Taman Air Sabda Alam

Untuk masuk ke lokasi wisata permainan ini maka kita harus mengeluarkan uang yang tidak terlalu mahal yakni sekitar Rp 35.000,- saja. Namun harga tersebut akan naik ketika menjelang hari libur seperti weekend yang bisa menjadi hingga Rp 50.000,-.

Tempat wisata air ini cukup terkenal karena sudah menjadi favorit bagi beberapa pelancong yang berasal dari dalam maupun luar daerah. Tempat permainan air yang satu ini memang tidaklah jauh berbeda dengan tempat permainan air yang lainnya.

Namun ada satu hal yang cukup bisa membedakannya dengan wisata air yang lainnya yakni lokasinya. Lokasi taman air ini terletak di kaki Gunung Gantur. Hal inilah yang menjadi pembeda dengan wisata air yang lainnya.

Dengan berada di bawah kaki Gunung Gantur maka menjadikan tempat wisata air yang satu ini memiliki pemandangan yang cukup luar biasa. Dengan demikian, selain bermain air kita juga bisa menikmati keindahan yang indah.

Adapun beberapa wahana yang disedikaan oleh taman air Sabda Alam ini di antaranya adalah flyng fox, water boom, ember tumpah, seluncur air berliku, terapi ikan, dan lain-lain. Dengan berbagai wahana permainan yang ada tersebut dan disuguhi pemandangan yang indah maka tempat wisata ini seakan tidak ada duanya. Jadi berkunjung dan bermain di Cipanas Garut tentu tidak akan membuat kita kecewa.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *