Bisnis Ikan Mas Koki yang Menjanjikan

Bisnis Ikan Mas Koki

Bisnis Ikan Mas Koki – Memilih usaha terkadang sulit, mengingat ada begitu banyak pilihan di depan mata. Apalagi, satu bidang usaha yang akan Anda tekuni terdapat cabang-cabangnya yang pasti tidak akan dilewatkan begitu saja. Namun, Anda dapat memulainya dari sesuatu yang sederhana. Bisnis terkadang tidak harus berasal dari sesuatu yang mewah dan mahal. Salah satunya, bisnis ikan.

Ada 2 jenis bisnis di bidang ikan yang dapat Anda tekuni. Yakni ikan untuk konsumsi dan ikan hias. Kedua bisnis tersebut sangat menggiurkan bagi siapapun yang mengetahui seluk beluknya. Misalnya bisnis ikan yang dikonsumsi seperti ikan lele, mujaer, atau bandeng. Bisnis ikan konsumsi memberikan pasar yang cukup luas bagi yang memainkannya. Siapa yang tidak doyan makan ikan? Mungkin sebagian besar dari kita akan menjawab sangat menyukai ikan goreng atau bakar.

Membahas ikan untuk dijadikan bisnis. Maka salah satunya adalah dengan menekuni ikan hias, terutama ikan mas koki yang telah populer. Ikan mas koki yang menurut sejarah adalah ikan hias bagi kaum borjuis/bangsawan di China dahulu kala, namun saat ini ikan mas koki telah menjadi ikan hias bagi siapapun yang tertarik merawatnya. Ikan mas koki berkembang menjadi sebuah hewan piaran favorit di sebagian besar negara-negara dunia. Mulai dari Amerika Latin, Asia hingga Eropa. Masyarakat di dunia kian akrab dengan ikan hias asal negara Tiongkok ini.

Bisnis Ikan Mas Koki

Bisnis yang satu ini kelihatannya sepele dan tidak akan mendatangkan keuntungan luar biasa. Ternyata, anggapan itu bisa dipatahkan. Fokus pada satu bisnis ini, kenali seluk-beluknya dan tidak menyerah dalam usaha pengembangannya. Kemudian, boom! The business’ in your hands.

Bisnis ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan. Sebagian dari Anda mungkin memiliki hobi memelihara ikan hias dalam akuarium. Jangan remehkan hobi itu karena bisa membuka peluang usaha. Ikan hias beragam jenisnya. Yang paling sering diminati di antara ikan hias adalah ikan mas koki.

Pangsa pasar yang mendunia akan memberikan peluang bisnis ikan mas koki yang cukup besar. Para pemain bisnis ikan mas koki di Indonesia mulai merasakan kepopuleran ikan mas koki ini. Berbeda dengan ikan Louhan yang mengalami kepopuleran hanya setahun, ikan mas koki ini lambat tapi pasti mulai menarik penggemar ikan hias di nusantara.

Baca Juga  Lewat Sawit, Indonesia Bangkit

Di kota-kota besar Anda dapat melihat bagaimana ikan mas koki diperjualbelikan. Sebut saja salah satu pengusaha ikan hias di Jakarta yang memajang ikan mas koki sebagai ikan hias utama di toko ikannya. Beliau dapat menjual ludes ikan mas koki sekitar 50-an dalam beberapa hari saja. Tentu omzet yang didapatkan tidak kecil, selain itu menjual ikan mas koki tidak mengenal kelesuan peminat sepanjang tahun. Anda tentu sangat tertarik menjalankan binis ikan mas koki ini.

Ikan mas koki masuk ke dalam kelompok ikan hias. Warna tubuhnya menarik cenderung atraktif dengan gerak liuk tubuh yang mampu menyamankan perasaan siapa pun yang memandangnya. Baik di dalam akuarium maupun di kolam ikan.

Mulai dari Usaha Kecil
Lalu, bagaimana Anda bisa ragu terhadap peluang bisnis yang menjanjikan dari ikan-ikan hias secantik mas koki ini? Ya, ini dia yang terpenting. Bangunlah usaha bukan dari jumlahnya yang banyak terlebih dahulu, melainkan dari sesuatu yang bisa Anda lihat pengaruhnya dari segi kenyamanan hati yang tiada batasnya itu.

Kesuksesan bisnis tidak mengenal berapa besar modal yang dipertaruhkan. Namun kesuksesan bisnis terletak dari peluang binis, kerja keras, dan ilmu yang dimiliki seseorang yang menjalankan sebuah usaha. Kita telah banyak mengenal para pengusaha sukses di Indonesia yang bermula dengan modal yang kecil. Dengan bisnis ikan mas koki ini kita dapat mulai belajar berbinis dan mengejar kesuksesan yang nyata.

Dalam mempelajari usaha, Anda bisa melakukan hal instan dengan tujuan memperoleh ilmu dengan cara singkat, namun tetap memadai demi keberhasilan usaha yang Anda bangun sendiri. Ingat, tidak ada satu pun bisnis di negeri ini yang bisa membuat Anda langsung cepat kaya. Perlu kerja keras dan keuletan.

Namun, jika bisa memanfaatkan waktu melalui jalan pintas dengan membaca petunjuk bisnis dari buku-buku atau kisah orang-orang sukses, Anda akan jadi orang yang diselamatkan dari kesia-siaan karena mampu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Baca Juga  7 Alasan Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Langkah Memulai Bisnis Ikan Mas Koki

Budidaya Ikan Mas Koki

Langkah-langkah dalam memulai bisnis adalah sebagai berikut.

  1. Pelajari objek bisnis, misalnya ikan mas koki. Bagaimana cara hidupnya dan pakannya. Ikan mas koki adalah jenis ikan peliharaan yang cukup rentan terhadap penyakit karena kondisi air yang cepat kotor pada tempat pemeliharaannya. Penyebab kotornya bisa karena pakannya yang terlalu banyak sehinga ikan banyak mengeluarkan kotoran yang menyebabkan keruhnya air. Gunakan pembersih khusus, seperti filter pada akuarium. Bila Anda memeliharanya dalam kolam, agar lebih efisien, taruh ikan sapu-sapu di dalam kolam. Ikan tersebut dapat menyedot kotoran dan lumut-lumut.
  2. Temukan bibit terbaik. Bibit ikan mas koki justru jarang sekali ditemukan di tempat-tempat khusus pembelian bibit, seperti toko. Lebih sering bibit itu dijual di samping tempat pemeliharaan ikan mas koki, seperti di daerah Parung, Depok. Pasar ikan hias tersebut buka setiap hari jam 05.00-08.00 WIB. Jadi, Anda harus berpagi-pagi agar mendapatkan bibit ikan mas koki terbaik.
  3. Setelah berhasil membesarkan ikan-ikan mas koki dalam jumlah cukup banyak, Anda bisa menjualnya ke pedagang-pedagang skala besar yang membutuhkan ikan mas koki dalam jumlah sangat banyak. Tawarkan juga via internet bila memungkinkan.
  4. Jangan lupa, pelajari jenis ikan mas koki yang lain dan juga jenis makanan dan vitamin yang pas agar ikan mas koki Anda sehat, bebas kutu, dan mengeluarkan warna yang bagus.

Teknik merawat dan membesarkan ikan mas koki tentu berbeda dengan ikan yang lain. Karena setiap varietas ikan memiliki keunikan sendiri-sendiri. Bila sejak kecil Anda telah mempunyai ikan hias di rumah itu akan menjadi sebuah pengalaman yang berharga, terutama dalam merawat ikan montok ini. Berikut ini beberapa kita dalam merawat ikan hias mas koki:

  • Membesarkan larva ikan mas koki

Dalam perawatan ikan mas koki dibutuhkan kesabaran dan sikap hati-hati dari sang peternak. Jika tidak maka usaha yang mulai dibangun akan menjadi berantakan, sebab nanti banyak anakan yang mati karena tidak terawat dengan baik.

Baca Juga  Segudang Ide Bisnis Jasa Online Untuk Anda

Pada umur 2 sampai 3 hari, anakan ikan mas koki tidak perlu untuk diberi makanan untuk kebutuhan pangannya. Sebab setelah anakan menetas, anakan telah mempunyai makanan dalam tubuhnya yang dapat digunakannya dalam hitungan 2 hingga 3 hari. Memberikan makanan pada saat ini tidak baik karena hanya mengotori air kolam tempat pembesaran.

  • Pembesaran umur 4 sampai 10 hari lebih

Setelah mencapai umur 4 hari maka bibit ikan mas koki telah siap untuk diberikan makanan pendukung, yakni kutu air ataupun kuning telur yang sudah direbus sebelumnya. Dalam waktu seminggu berikutnya bibit ikan mas koki dapat diberikan makanan yang berupa cacing sutra dan kutu air. Untuk umur 2 minggu lebih, bibit ikan ini dapat diberi cacing sutra.

  • Pembesaran lebih dari 4 minggu

Pada masa ini ikan mas koki telah kuat beradaptasi sehingga membutuhkan pakan yang alami ataupun bisa diberi pelet. Pilihlah pelet yang mengandung nutrisi yang bagus untuk ikan koki, karena ikan hias memerlukan nutrisi yang cukup untuk menjadi ikan hias berkualitas. Setelah memasuki umur 4 bulan maka ikan mas koki telah dianggap dewasa, sehingga Anda perlu memilih diantara mereka untuk dijadikan sebagai indukan ke depannya.

Memilih indukan tentu dengan kriteria tertentu. Pilihlah indukan yang berbadan sehat dan gesit. Selain itu juga dapat menilai dari segi warna dan corak pada ikan mas koki. Bila terdapat warna yang tidak menarik misalnya hitam atau coklat yang kebanyakan tidak disukai masyarakat, maka sisihkanlah ikan tersebut untuk segera dijual kepada para agen atau toko ikan terdekat.

Semoga artikel binis ikan mas koki ini menambah pengetahuan Anda. Selamat mencoba bisnis ikan mas koki! Ingat, jangan pernah menyerah, tetap fokus pada usaha yang Anda jalankan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *