Tips Cerdas Memilih Bra untuk Ibu Hamil

Tips Cerdas Memilih Bra untuk Ibu Hamil

Bagaimana tips memilih bra untuk ibu hamil? Memilih bra untuk ibu hamil memang cukup penting. Jika sedang hamil, Anda pasti mengalami perubahan besar dalam tubuh, salah satunya yaitu dengan membesarnya payudara. Hal ini tentunya normal karena pada masa kehamilan bagian tersebut mulai terisi oleh kelenjar air susu untuk bayi Anda nanti. Semakin tua kehamilan, ukurannya pun akan semakin membesar dan ini tidak dapat diprediksi.

Sementara itu, kenyamanan saat hamil menjadi sebuah masalah yang harus diperhatikan karena akan berimbas pada perasaan Anda. Rasa bahagia atau justru sebaliknya dapat mempengaruhi perkembangan janin Anda. Itulah sebabnya bra yang digunakan menjadi sangat penting untuk kenyamanan.

Tips Memilih Bra untuk Ibu Hamil

Ada beberapa tips cerdas dalam memilih bra untuk bumil atau ibu hamil yang wajib diketahui.

Pilih Ukuran yang Tepat
Ukuran adalah hal yang paling dasar dalam pemilihan bra yang tepat untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan ukuran bra yang tepat merupakan hal mendasar yang akan membuat Anda merasa nyaman. Menggunakan bra dengan ukuran yang tepat tentunya adalah pilihan cerdas yang dapat dilakukan. Ada beberapa ukuran yang harus Anda perhatikan.

1. Panjang Tali (Band Size)
Panjang tali menjadi sangat penting karena bra dengan band size yang tepat tentu akan membuat Anda nyaman dan leluasa bergerak. Hal ini membuat bra bekerja dengan baik untuk menjalankan fungsinya sebagai penyangga payudara. Untuk mendapatkan band size yang tepat, Ada bisa mengukurnya dengan mengukur lingkar rongga dada.

Lingkarkan meteran yang biasa digunakan penjahit untuk mengukur ukuran yang sesuai untuk baju Anda. Ukuran yang diukur adalah lingkaran tepat di bagian bawah payudara. Pastikan alat ukur rata, tidak terlipat atau melengkung untuk mendapatkan ukuran yang akurat.

Jika sudah mendapatkan ukurannya, tambahkan 5 untuk mendapakan nomor bra yang paling pas. Misalkan ketika ukuran yang didapat adalah 29″ (inci), maka pilihlah bra dengan nomor 34. Jika hasil panjumlahannya adalah bilangan ganjil, Anda bisa gunakan ukuran sebelum atau sesudahnya. Misalkan ketika hasil penjumlahannya adalah 33 inci, Anda bisa gunakan nomor 32 atau 34.

2. Ukuran Cup
Ukuran cup yang tepat adalah yang dapat menutupi payudara secara keseluruhan. Untuk mendapatkan ukuran cup yang tepat, Anda bisa mengukurnya dengan mengukur lingkar dada. Jika sudah mendapatkan ukuran yang akurat, Anda bisa menghitung selisih ukurannya dengan band size yang sudah didapatkan sebelumnya. Jika selisihnya 1, ukuran cup Anda A, jika 2, ukuran cup Anda B. Misalnya ketika mendapatkan ukuran band size 34, lalu lingkar dada 35, maka selisihnya adalah 1. Dengan begitu, ukuran yang tepat untuk Anda adalah A.

Dari hasil penghitungan tersebut, Anda bisa mendapatkan ukuran bra yang tepat untuk digunakan, yaitu 34A. Begitu halnya dengan hasil ukur yang lainnya. Hanya tinggal menambah dan mengurangkan. Setiap perbedaan 1 inci atau 1,5cm berarti penambahan ukuran 1 cup.

Setelah mendapatkan ukuran yang tepat, tidak ada salahnya untuk mencoba bra yang menjadi pilihan Anda sebelum membelinya untuk meyakinkan bahwa bra tersebut adalah bra yang tepat dan sesuai . Hal ini untuk menghindari kebesaran atau kekecilan hingga bra yang dibeli tidak terpakai.

Pilih Model yang Membuat Anda Nyaman
Tip yang harus diperhatikan berikutnya dalam memilih bra untuk bumil atau ibu hamil adalah memilih model bra yang paling nyaman. Selain ukuran yang pas, model dari bra ibu hamil juga wajib diperhatikan. Tentunya untuk membuat Anda merasa nyaman dalam beraktivitas dengan perubahan ukuran dan tambahan aktivitas di sekitar dada dan lengan dan bahu. Model yang tepat tentunya adalah model yang dapat memenuhi kebutuhan dalam masa-masa kehamilan.

1. Model yang Bertali Penyangga Lebar
Model yang bertali penyangga lebar adalah model yang tepat untuk digunakan para ibu hamil. Tali penyangga yang lebar tentunya sangat nyaman karena tidak berpotensi untuk menimbulkan lecet kulit. Jika sudah lecet, akan menyiksa diri Anda dan membuat masa-masa kehamilan terasa begitu berat dan merusak diri. Itulah sebabnya memilih bra untuk ibu hamil harus sangat teliti, karena salah-salah malah menjadi petaka untuk mereka.

2. Model Bra yang Memiliki Band di Bagian Bawah
Band yang dimaksud adalah bagian yang melingkar tepat di bawah payudara yang dapat menyangga payudara dengan baik. Dengan begitu, payudara akan tersangga dengan nyaman. Payudara yang tersangga dengan baik tentunya akan membuat bentuknya menjadi terlihat tetap bagus dan tidak mengendur.

3. Model Bra Tanpa Lipatan
Model lipatan yang dimaksud di sini adalah lipatan jahitan pada bagian tepi. Bisa juga bra yang memiliki lapisan di bagian dalam yang bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada puting susu. Iritasi pada bagian ini tentu akan membuat Anda menderita karena dapat menimbulkan lecet hingga rasa perih di daerah tersebut. Jika sudah begitu, bisa mengakibatkan keengganan Anda untuk memberikan ASI yang sudah seharusnya menjadi hak si kecil ketika ia lahir nanti. Padahal ASI sangat berguna untuk masa awal kehidupan bayi maupun untuk masa depannya kelak.

4. Model Bra Tanpa Kawat
Sebagian orang berpendapat bahwa memilih bra yang tepat untuk ibu hamil adalah bra yang tidak berkawat. Hal ini disebabkan karena bra yang berkawat memungkinkan adanya potensi penekanan pada bagian payudara. Penekanan inilah yang dapat menyumbat saluran susu, sehingga ketika saatnya menyusui bayi, ia akan kelelahan dan frustasi karena ASI yang tidak lancar tersebut. Itulah sebabnya alangkah baiknya jika menggunakan bra yang tidak berkawat untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut terjadi.

5. Pilih Bahan yang Nyaman
Bahan yang nyaman adalah bahan yang tidak panas dan mudah menyerap keringat. Salah satu pilihan yag tepat jatuh pada bahan katun. Bahan yang dapat memenuhi kriteria tersebut. Bahan katun dingin dan mudah menyerap keringat sehingga bisa membuat Anda merasa nyaman, baik di dalam maupun luar ruangan, dalam segala suasana. Dengan asa nyaman ini, tentunya akan menimbulkan rasa bahagia yang terpancar di wajah. Menjadikan masa kehamilan adalah masa yang penuh kebahagiaan untuk Anda.

6. Menggunakan Bra Ekstender
Bra ekstender mungkin diperlukan untuk mengatasi penambahan berat badan yang berakibat bertambah besarnya lingkar rongga dada dari hari ke hari. Dengan bra ekstender, Anda tidak perlu repot membeli terus-terusan bra demi mendapatkan ukuran yang tepat untuk bra yang digunakan. Anda cukup menambahkannya pada bagian pengait yang sudah ada pada bra. Selanjutnya tinggal sesuaikan untuk mendapatkan ukuran yang tepat. Ukuran yang benar-benar pas tentunya membuat Anda nyaman.

Dengan begitu, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli bra di masa-masa kehamilan. Karena walau bagaimanapun, 9 bulan bukan waktu yang singkat. Belum lagi perubahan ukuran tubuh yang sukar untuk diprediksi pada masa-masa kehamilan. Demi kenyamanan, maka beberapa tips cerdas memilih bra untuk ibu hamil ini layak dijadikan referensi dalam menyambut kehamilan.

Selamat mencoba dan jadilah bumil yang bahagia di masa-masa kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *