5 Jenis Camilan Sehat Untuk Penderita Maag

buah sehat

Camilan Sehat Untuk Penderita Maag – Maag merupakan salah satu penyakit yang paling banyak di derita orang-orang di dunia. Hal ini berkaitan erat dengan pola makan yang tidak teratur. Di era yang serba cepat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan berbagai aktivitas dengan cepat, sehingga mereka lupa untuk mengontrol waktu makan. Padahal sudah seharusnya kita teratur mengonsumsi makanan.

Jika telah lupa makan, maka perut akan terasa penuh dan saat diisi makanan akan terasa sakit. Maka dari itu, banyak orang yang hanya makan sedikit atau tidak makan sama sekali setelah melakukan banyak aktivitas.

Perlu kita ketahui, lambung terus bekerja mencerna makanan. Saat di dalam lambung tidak terdapat makanan, maka lambung akan terus bekerja dan menggesek dinding lambung. Setelah hal ini terjadi, maka akan terjadi iritasi pada permukaan lambung yang menyebabkan lambung menjadi perih saat terkena asam lambung. Selain itu, produksi asam lambung yang terus menerus akan membuat perut terasa penuh sehingga Anda akan malas mengonsumsi makanan.

Untuk itu, diperlukan adanya keteraturan dari diri kita untuk menjaga kesehatan dengan cara mengatur pola makan dengan baik. Selalu rutin sarapan di pagi hari dan menu untuk sarapan tidak harus berat. Misalnya Anda dapat mengonsumsi roti, sereal gandung, pancake, dan susu di pagi hari. Anda juga bisa membuat nasi goreng dengan telur mata sapi.

Pada sela-sela waktu sarapan hingga makan siang atau pukul 9 – 10 pagi, sebaiknya Anda mengonsumsi camilan sehat. Misalnya mengonsumsi biskuit gandum atau roti isi. Dengan begitu, lambung Anda akan terus bekerja dengan baik dan produksi asam lambung tidak akan berlebihan.

Baca Juga  Tips Memilih Obat Sesuai Jenis Batuk Pada Anak

Pada bahasan di atas telah disinggung mengenai camilan sehat di sela waktu makan, namun tidak semua jenis buah-buahan baik bagi penderita maag. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis buah yang memicu produksi asam lambung berlebih. Lalu apakah pepaya aman untuk penderita sakit maag? Berikut penjelasannya dan jenis-jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita maag.

5 Camilan Sehat Bagi Penderita Maag

1. Pisang
Buah yang memiliki bentuk memanjang dan berwarna kuning atau hijau ini ternyata sangat bermanfaat bagi penderita sakit maag. Pisang mengandung kalium yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH atau kadar keasaman di dalam lambung. Dengan mengonsumsi pisang di sela-sela waktu makan, maka Anda akan merasa kenyang lebih cepat dan membuat Anda dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa terganggu sakit maag yang menyiksa.

2. Pepaya
Banyak orang yang bertanya apakah pepaya aman untuk penderita sakit maag? Tentu jawabannya adalah ya. Hal ini berkaitan dengan kandungan kalium sama seperti pisang yang dapat menstabilkan kadar keasaman lambung. Selain itu, pepaya juga mengandung papain atau enzim propeolitik yang dapat meningkatkan sistem pencernaan pada tubuh kita.

3. Melon
Sama halnya dengan pisang dan pepaya, melon juga memiliki kandungan kalium yang bermanfaat bagi penderita sakit maag.

Baca juga: Buah Melon yang Kaya Nutrisi dan Manfaat

Selain buah-buahan, ternyata ada jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita maag. Sayuran tersebut adalah sebagai berikut.

4. Brokoli
Selain mengandung kalium, brokoli juga mengandung sulfur yang dapat memiliki peranan sebagai antioksidan pelindung dinding lambung. Vitamin C tinggi di dalam brokoli juga mampu menjaga stamina tubuh seseorang.

5. Kentang
Sayuran yang satu ini selain berfungsi sebagai pengganti nasi, juga dapat berfungsi sebagai penetralisasi asam lambung. Buatlah bubur kentang atau jus kentang dan konsumsi di pagi hari untuk membuat kandungan asam lambung menurun.

Baca Juga  8 Buah Penurun Kolesterol Yang Paling Ampuh

Itulah ke 5 Camilan Sehat Untuk Penderita Maag, semoga bermanfaat ya sobat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *