Sebelum Memilih Rumah Kontrakan, Pertimbangkan 3 Hal Ini

memilih rumah kontrakan

Memilih Rumah Kontrakan –┬áMemutuskan untuk mencari rumah kontrakan memang tidak semudah membalikkan tangan. Dan memang ada baiknya sebelum memutuskan akan mencari rumah kontrakan, anda memikirkan dan menginventarisasi sejauh mana kebutuhan itu. Termasuk juga lama waktu pemakaian pada saat mencari rumah kontrakan tersebut. Sebab lamanya waktu mengontrak juga akan mempengaruhi harga kontrakan.

Pemilik rumah kontrakan biasanya menerapkan kebijakan harga yang berbeda untuk mengontrak lebih dari dua tahun misalnya. Bila harga kontrak per tahun lima juta rupiah, bukan berarti menjadi lima belas juta rupiah untuk jangka waktu tiga tahun. Beberapa pemilik rumah kontrakan biasanya menerapkan harga lebih murah untuk jangka waktu tertentu.

Selain memikirkan jangka waktu kontrakan dan harga, pada saat anda mencari rumah kontrakan juga harus benar-benar diperhitungkan lokasi rumah kontrakan itu, apakah mudah dijangkau kendaraan umum, dekat dengan pusat kegiatan anda atau keluarga anda, dan juga dekat dengan pusat layanan kesehatan. Hal ini penting diperhitungkan terutama bagi anda yang tidak memiliki kendaraan.

Hal-hal yang sifatnya emergency memang harus diperhitungkan. Jangan sampai misalnya anda mencari rumah kontrakan yang jauh dari pusat kegiatan anda atau keluarga, hanya karena harganya murah. Karena bila diperhitungkan dengan ongkos transportasi tambahan, jangan-jangan jatuhnya akan jauh lebih mahal dibanding dengan harga kontrakan rumah yang harganya lebih mahal tapi dekat dengan pusat kegiatan. Selain itu, karena sifatnya akan menjadi pengeluaran rutin tahunan, mencari rumah kontrakan juga disesuaikan dengan gaji yang tepat untuk mengontrak rumah.

3 Tips Memilih Rumah Kontrakan Yang Baik

Memilih Lokasi Rumah Kontrakan
Berapa jauh tempat kerja anda dari tempat tinggal saat ini? Terlalu jauh? Berapa biaya yang anda keluarkan setiap bulannya untuk menjangkau tempat kerja saat ini? Besar? Coba perhitungkan secara lebih seksama. Lalu pengeluaran untuk transportasi tersebut kalikan 12, berapa jumlahnya.

Baca Juga  Ternyata Mudah! Inilah Cara Berhenti Donasi UNICEF

Bila jumlah pengeluaran untuk transportasi tersebut hampir mendekati harga kontrakan rumah di dekat pusat kegiatan anda, ini artinya anda harus cepat mencari rumah kontrakan. Bersyukur jika jarak rumah kontrakan ke tempat pusat kegiatan anda dan keluarga bisa ditempuh dengan jalan kaki atau minimal kendaraan umum, sehingga pengeluaran untuk biaya transportasi benar-benar akan bisa ditekan.

Dari segi ongkos, pemilihan lokasi kontrakan yang dekat, minimal bisa menghemat 40% ongkos dibanding lokasi anda sebelumnya. Contoh, jika dulu anda mesti memakai tiga kali angkutan umum untuk mencapai pusat kegiatan anda atau keluarga, pilihlah lokasi kontrakan yang diakses satu kali angkutan umum. Nampaknya sederhana tapi coba anda hitung ulang, cukup besar sesungguhnya biaya yang anda sediakan untuk biaya transportasi tersebut.

Selain tempat kerja, pertimbangan lainnya adalah apakah lokasi tersebut mudah dijangkau oleh anggota keluarga? Bagi yang memiliki anggota keluarga di luar kota, rumah kontrakan yang dekat dengan pintu tol atau dilalui angkutan umum, layak dipertimbangkan. Begitu pula dengan kondisi rumah dan keadaan lingkungan, karena bila anda mengontrak rumah di tempat yang sering terjadi banjir, disamping kurang sehat juga akan banyak barang-barang berharga anda yang akan cepat rusak sehingga memerlukan biaya tambahan untuk memeliharanya.

Kalkulasi Harga Rumah Kontrakan
Sesuaikan pendapatan anda dengan biaya kontrakan yang harus dibayarkan. Biasanya, harga berbanding lurus dengan fasilitas. Jika anda merasa memerlukan fasilitas lengkap, seperti telepon, mandi air panas (atau kolam renang), garasi, mau tidak mau anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Namun sebaliknya bila anda dan keluarga cukup dengan fasilitas seadanya, berbeda pula jumlah uang yang mesti dikeluarkan. Intinya, apakah ukurannya fasilitas atau kenyamanan diri? Namun bila ukurannya adalah kenyaman dan dekat dengan pusat kegiatan anda atau keluarga, maka abaikan segala fasilitas.

Baca Juga  Cara Live Streaming di Facebook dengan Mudah

Semakin sedikit fasilitas yang ada, akan semakin berkurang pula harganya. Kalaupun anda dan keluarga memiliki jumlah uang yang cukup untuk mencari rumah kontrakan yang memiliki fasilitas lengkap, ada baiknya tetap memikirkan rumah kontrakan yang sederhana namun nyaman.

Dan sisa uangnya anda simpan untuk sedikit demi sedikit mencicil uang muka rumah. Bagaimana pun juga memiliki rumah sendiri jauh lebih baik daripada mengontrak rumah. Logikanya bila anda mengontrak rumah, anda mengeluarkan anggaran untuk orang lain, sementara bila mencicil rumah melalui fasilitas KPR misalnya, anda mengeluarkan uang untuk anda sendiri. Karena cepat atau lambat, rumah yang anda cicil akan menjadi rumah anda sendiri.

Tapi tentu saja masalahnya tidak hanya berdasarkan logika berpikir seperti itu. Ada hal-hal lain yang menyebabkan anda memang harus mencari rumah kontrakan. Tidak apa bila memang harus mencari rumah kontrakan, tapi harus ditetapkan sejak awal untuk berapa lama anda mengontrak dan abaikan hal-hal yang sifatnya tidak perlu.

Bila anda harus mengontrak di daerah yang bersuhu panas misalnya, tidak selamanya harus mencari rumah kontrakan dengan fasilitas AC. Untuk mengirit bisa mencari rumah kontrakan tanpa AC dan pendingin ruangan bisa anda gunakan kipas angin. Pun sebaliknya jika anda mencari kontrakan murah di bandung yang notabene daerah yang dingin, tanpa AC pun juga bisa.

Selain itu anda juga harus benar-benar teliti dengan rumah yang akan anda kontrak. Pastikan beberapa hal sebelum anda memutuskan tinggal di sana. Dimulai dari kunci. Jika kunci rumah kontrakan mudah dijebol, tak ada salahnya anda meminta ijin pada pemilik kontrakan untuk mengganti kunci tersebut dengan yang lebih aman.

Pertimbangkan Faktor Keamanan
Faktor penting lainnya adalah keamanan daerah tempat kontrakan anda berada. Apakah termasuk kategori aman atau rawan? Apakah angka pencuriannya termasuk tinggi atau tidak? Rawan bukan hanya soal pencurian, tetapi apakah daerah yang Anda tinggali itu adalah daerah konflik? Apakah warga di wilayah itu tidak bersiteru dengan warga di wilayah lain?

Baca Juga  Kumpulan List Backlink Profile High DA PA GRATIS

Untuk memastikan hal itu, Anda bisa bertanya pada kantor polisi setempat atau ketua RT/RW. Bertanya pada tetangga kiri-kanan pun diperlukan agar informasinya lebih lengkap.

Dan untuk anda yang saat ini tengah mencari kontrakan murah sekitar bandung bisa mengunjungi link berikut ini https://bit.ly/38g1gaj

Siap mencari rumah kontrakan? Semoga 3 Tips Memilih Rumah Kontrakan di atas bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *