Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Agar Kesehatan Terjaga

2 min read

Cara Menjaga Kebersihan Tubuh – Bagaimana perasaan anda jika mencium aroma tak sedap yang dikeluarkan oleh tubuh seseorang yang berada di sekitar anda? Tidak enak, bukan? Jangan sampai kejadian serupa terjadi pada anda. Bau badan adalah aroma yang dikeluarkan tubuh yang tidak dirawat dengan baik.

Bau badan sebenarnya bisa dihindari jika kita mau merawat tubuh kita dan menjaganya agar tetap bersih. Kebersihan tubuh sangat menunjang aktivitas si empunya tubuh.

Bagaimanapun, seseorang tidak akan lelusa bergaul jika mengalami masalah semacam bau badan. Lain halnya dengan seseorang yang senantiasa memperhatikan kebersihan tubuhnya. Lantas, bagaimana sebenarnya cara merawat dan menjaga kebersihan tubuh agar kesehatan terjaga?

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh sebenarnya sangatlah mudah. Dan ini bisa kita mulai dari diri sendiri saat ini juga. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Yang Pertama lakukanlah mandi teratur dengan menggunakan sabun minimal dua kali sehari,
    Dengan mandi minimal 2 kali sehari kita bisa mencegah virus-virus atau penyakit masuk kebadan kita selepas kita beraktifitas
  • Kedua selalu gunakan pakaian yang bersih dan rapi
    Dengan pakaian yang bersih kita bisa mencegah dari berbagai penyakit kulit yang akan menyerang kita
  • Ketiga Hindari menggunakan barang-barang pribadi bagi penderita penyakit kulit.
    Jangan sampai kita menyebarkan penyakit kulit di handuk maupun barang pribadi kita kepada orang lain
  • Keempat Biasakan manjalankan pola hidup sehat.
    Hidup sehat menjadi impian semua orang. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menjadi sehat. Salah satunya adalah menerapkan pola makan empat sehat lima sempurna. Selain makanan, kita juga bisa berolahraga.

olahraga

Olahraga dianjurkan setiap hari minimal 30 menit. Bila Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk olahraga yang berat, cukup menyempatkan berjalan kaki kurang lebih 15 menit setiap pagi atau sore hari. Bagi Anda yang bekerja di kantor, bisa digantikan dengan naik turun tangga tanpa menggunakan lift.

Baca Juga  5 Bahan Tradisional Untuk Menghilangkan Bekas Cacar

Selain menjaga pola makanan dan berolahraga, ada kiat lagi untuk menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya menerapkan pola hidup sehat, seperti tidak merokok, menghindari minuman beralkohol dan mengurangi minuman softdrink, jangan sering bergadang bila tidak terlalu penting, tidur yang cukup setiap malam selama kurang lebih 8 jam.

  • Dan yang kelima yakni selalu menjaga kebersihan rumah kita.
    Disadari atau tidak, rumah merupakan tempat di mana segala aktivitas keseharian diawali. Mulai dari perencanaan keluarga, sampai dengan persoalan hiburan dilakukan di tempat ini.

    Rumah, selain difungsikan sebagai tempat hunian, terkadang dimanfaatkan juga untuk tempat usaha. Dengan demikian, kebersihan rumah sudah seharusnya sangat diperhatikan demi kenyamanan orang-orang yang tinggal di dalamnya.

    Kebersihan rumah mencerminkan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Artinya, jika rumah itu bersih, maka dapat dipastikan bahwa orang-orang yang tinggal di dalamnya juga termasuk orag yang sangat memerhatikan kebersihan.

    Dalam rumah yang bersih tercermin suasana yang sehat, maksudnya adalah dengan rumah yang bersih kita dapat mengurangi segala faktor resiko untuk terjadinya penyakit yang bersumber dari dalam rumah. Intinya, selain nyaman untuk ditinggali, rumah juga harus dijadikan sarana untuk mendapatkan perlindungan dari berbagai penyakit.

Kesimpulan

Selain memberikan keleluasaan dalam beraktivitas, dengan menjaga kebersihan tubuh seseorang akan terhindar dari berbagai penyakit dan juga kesehatan tubuh pastinya akan terjaga. Mari kita ciptakan kualitas hidup kita dengan menjaga kebersihan diri baik pribadi (khususnya dirumah) maupun lingkungan sekitar.

Semoga artikel yang admin sampaikan bisa bermanfaat buat sobat pembaca semua. Selamat beraktifitas dan salam sehat luar biasa.

andy
  1. thania says:

    mantap, semoga sehat selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *