10+ Destinasi Wisata di Ciwidey Terbaik 2020

7 min read

Destinasi Wisata Ciwidey

Destinasi Wisata Ciwidey – Ciwidey adalah salah satu daerah di Bandung Selatan yang menyimpan banyak pesona alam menakjubkan. Wisata Ciwidey merupakan salah satu pilihan untuk menghabiskan liburan Anda dan keluarga. Terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bandung, hijaunya alam di sekitar wisata Ciwidey menawarkan pesona unik yang memberikan sensasi lain untuk liburan keluarga Anda.

Sebelum ke ciwidey kita di perlihatkan pegununan malabar yang terkenal dengan salah satu puncak pegunungan Malabar yakni puncak (gunung) Puntang, yang biasa dipakai untuk kegiatan alam outbond, camping, atau semacamnya.

Destinasi Wisata Terbaik di Ciwidey

Jika anda saat ini tengah berada di ciwidey berikut 10+ Destinasi wisata Ciwidey yang sayang kalau dilewatkan.

1. Situ Patenggang
Situ Patenggang ialah wisata danau di Bandung selatan yang begitu terkenal akan keindahnnya. Situ patenggang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Situ Patenggang Ciwidey

Daya tarik dari Situ Patenggang selain karena mitosnya ialah keindahan wisata alam danau yang terhampar dengan dikelilingi hutan yang rimbun. Wisata Ciwidey Bandung ini jadi tempat terfavorit buat kaum muda. Daya tariknya ialah terdapatnya batu cinta yang ada di Situ Patenggang.

Batu cinta itu dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat bertemunya Ki Santang serta Dewi Rengganis.

Bukan hanya itu saja, ternyata di sana ada juga sebuah daratan yang berbentuk hati. Daratan itu terkenal dengan nama “Pulau Asmara” atau “Sasaka”. Nah, banyak yang berkeyakinan jika datang ke sana jodohnya akan abadi.

Harga ticket masuk ke wisata Situ Patenggang Rp18.000 (wisatawan lokal), Rp.135.000 (wisatawan luar negeri). Dan untuk hari libur Rp.20.500 (wisatawan lokal) serta Rp.135.000 (Wisatawan Luar negeri). Situ Patenggang di Buka setiap hari mulai jam 08.00-20.00 WIB.

2. Kawah Putih
Tidak hanya Situ Patenggang, wisata yang terkenal di Ciwidey lainnya ialah Kawah Putih. Kawah Putih ciwidey ini merupakan tujuan yang paling banyak di datangi oleh para wisatawan.

Wisata di Ciwidey ini berada di Jalan raya Soreng, Sugih Mukti, Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wisata Ciwidey Kawah Putih ini jadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Terdapatnya sebuah danau kawah yang tercipta dari letusan Gunung Patuha. Kawah itu dikelilingi pasir putih yang indah serta warna airnya yang terkadang berubah-ubah. Hal tersebut bisa terjadi tergantung kandungan belerang yang terdapat di air kawah itu.

Bukan hanya itu saja, lokasi yang sejuk, dingin serta segar menjadikan wisatawan yang berkunjung betah di sana. Ditambah lagi pemandangannya yang begitu eksotis serta sayang untuk tidak di abadikan.

Baca Juga  10 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip dengan di Luar Negeri

Harga ticket masuk ke Kawah putih ini bisa disebut lumayan murah. Untuk wisatawan lokal Rp 18.000 per orang (hari libur atau biasa). Dan untuk wisatawan luar negeri Rp 50.000 per orang (Libur atau hari biasa). Kawah putih Ciwidey buka setiap hari dari mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB.

3. Kawah Rengganis
Kawah rengganis menawarkan wisata alam yang khas kabupaten Bandung. Kawah Rengganis terdapat di Jalan Rancabali – Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sebetulnya, kawah rengganis ini terkenal dengan nama Buni. Hal tersebut karena asal-usul tempat ini ada di Cibuni. Objek wisata di Ciwidey ini dikalangan wisatawan terkadang menyebut lebih bersahabat dibandingkan dengan Kawah Putih. Di Kawah Rengganis ini mempunyai pemandangan sekitar yang lebih asri serta bau belerang yang tidak menusuk.

Nah, daya tarik lain dari kawah ini ialah airnya yang bisa kita pakai untuk mandi. Tidak hanya segar tentu saja sangat bermanfaat buat kesehatan. Wisata ini sangat cocok untuk anda refresing serta menenangkan pikiran dengan mandi air hangat.

Harga ticket masuk ke Kawah rengganis ialah Rp.5.000 per orang baik untuk wisatawan lokal maupun luar negeri. Dan Kawah rengganis ini buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai 17.00 WIB.

4. Kebun Teh Rancabali
Ciwidey tidak hanya menawarkan wisata danau serta kawah. Ciwidey menawarkan pula wisata pegunungan yang indah serta asri. Wisata itu namanya Kebun Teh Rancabali. Nah, untuk tempatnya ada di perlintasan jalan dari kawah putih ke Situ Patenggang.

Kebun Teh Rancabali

Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang hijau serta eksotis dan luas menghampar tanaman teh. Terkadang dihiasi oleh kabut putih yang menambah keindahan. Serta udaranya yang dingin menambah kesejukan buat anda yang berkunjung ke sana.

Untuk harga ticket masuk ke Perkebunan ranca bali ialah Rp 5.000 per orang ditambah Rp.30.000 bila ingin memakai guide/pemandu.

5. Kebun Strawberry
Wisata alam yang menarik lainnya di Ciwidey ialah Kebun Strawberry. Kebun Strawberry ini berada di sepanjang jalan Raya Ciwidey. Daya tarik yang ditawarkan di wisata ini ialah anda bisa memetik sendiri buah stroberi. Anda bisa makan di tempat serta dapat di bawa pulang untuk oleh-oleh.

Untuk harga ticket masuk di Kebun Strawberry ini tergantung dengan berapa kilo anda memetik buah itu. Harga strawberry disana sekitar Rp 35.000 – Rp 50.000 per kilonya.

Baca Juga  5 Tempat Favorite Tahun Baruan di Surabaya

6. Ciwidey Valley Resort
Ciwidey Valley Resort adalah wisata yang wajib anda datangi bersama dengan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama .

Ciwidey Valley Resort ini terdapat di jalan raya Batu Tunggul Km. 17 Alam Endah Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Daya tarik utama dari obyek wisata di Ciwidey yang baru ini ialah wisata bermain, bersantai serta menginap dikawasan yang menarik serta nyaman.

Disana ada Kolam renang yang sangat memanjakan anda jika datang ke tempat ini. Kolam renang di sini memakai air panas. Sehingga akan menambah kenyamanan anda dalam berekreasi di Ciwidey Valley Resort. Fasilitas kolam renangnya terdapat beberapa seluncuran serta wahana permainan lain.

Wisata Ciwidey Valley ini termasuk tempat yang sangat terkenal bagi para wisatawan. Untuk harga ticket masuk cuma dibanderol Rp.40.000 per orang.

Tidak hanya menawarkan kolam renang, obyek wisata Ciwidey Valley ada Taman Burung yang sangat cocok untuk bermain anak-anak. Ciwidey Valley Resort buka setiap hari mulai jam 08.00-17.00 WIB.

7. Green Hill Park
Green Hills Park merupakan tujuan wisata Alam hutan yang sangat alami. Green Hills Park ini berada di jalan Km.41 kawasan wisata Ciwidey – Situ Patenggang. Wisata ini meruapakan bagian dari kawasan hutan Cimanggu. Luas wilayah ini ialah 21.32 hektar.

Daya tarik utama wisata ini ialah udaranya yang bersih, panorama hutan hujan pegununungan dan berbagai tipe flora serta fauna. Ada juga sumber air dingin dan panas dari Gunung Patuha dan topografinya yang bergelombang.

Green Hill Park

Disana dilengkapi juga dengan begitu banyak penginapan yang siap untuk dijadikan tempat istirahat para pengunjung. Ada dua tipe penginapan yakni Bungalo serta Saung.

Untuk bungalo harga sewanya mulai dari Rp1.750.000 – Rp2.000.000 per malam. Sedang saung mulai dari Rp1800.000 – Rp.4.000.000 per malam. Green Hills park ini buka setiap hari mulai jam 09.00-16.00 WIB.

8. Barusen Hills Ciwidey
Wisata yang lain yang menawarkan sensasi keindahan yang eksotis ialah Barusen Hills Ciwidey. Tempat wisata ini sesuai namanya terdapat di Kampung Barusen, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik yang ditawarkan dalam wisata ini ialah panorama alam pegunungan yang indah serta hijau ditambah udara yang menyejukkan. Tempat wisata ini jadi favorite untuk hunting photo bagi para wisatawan.

Untuk ticket masuk ke Barusen Hills dibanderol dengan harga Rp.15.000 per orang. Sedangkan untuk harga ticket masuk kolam renang Barusen Hills Rp.10.000 per orang. Buat anda yang ingin bermalam di Villa Barusen Hills bisa disewa dengan harga lumayan murah yaitu Rp.500.000 per malam.

Baca Juga  7 Oleh-oleh Khas Manado Yang Wajib dibawa Pulang

9. Pemandian Air Panas Ciwalini (Rancawalini)
Pesona Destinasi Wisata Ciwidey bukan hanya keindahan alam pegunungannya. Ada juga wisata yang akan memanjakan liburan anda yaitu obyek wisata pemandian air panas Ciwidey.

Pemandaian air panas ciwalini seringkali disebut dengan Rancawalini. Rancawalini berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik dari wisata ini ialah kolam renang air panas dengan dikelilingi pemandangan pegunungan di sekelilingnya. Kolam pemandian disana di bagi menjadi dua. Ada kolam pemandian umum. Ada juga pemandian khusus buat anda yang ingin merasakan suasana yang lebih tenang. Disana anda akan menikmati kehangatan dalam tempat yang mempunyai iklim yang dingin.

anda yang ingin berkunjung ke Rancawalini, harga ticket masuknya Rp.15.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir Rp.15.000 (Bis) serta Rp.3.500 (Mobil).

10. Taman Wisata Alam Cimanggu
Taman wisata Cimanggu adalah primadona wisata pemandian air panas di Ciwidey Bandung. Taman wisata Cimanggu ini berada di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Km.13 Petengan, Rancabali, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik yang menawarkan lokasi untuk berlibur di Ciwidey yang satu ini ialah kolam pemandian air panas. Dimana sudah di yakini khasiatnya bila mandi di kolam itu.

Disamping itu, daya tarik utama dari wisata Taman Cimanggu ini ialah lokasi hutan lindung yang sangat luas. Luas hutan lindung 145 hektar dan berada pada ketinggian 1225-1350 mdpl. Disana di lengkapi dengan kekayan alam flora serta fauna dan fasilitas yang lain.

Di lokasi taman wisata Cimanggu ditumbuhi pohon besar yang langka. Salah satunya Pohon Baros, Rasamala, serta Pinus. Di dalamnya juga hidup beberapa hewan seperti kancil, macan kumbang, rusa serta beberapa jenis burung.

Bila anda ingin bermalam di Taman Wisata Cimanggu, disana juga ada penginapan. Penginapan yang termasuk murah ini namanya Cimanggu Cottage Ciwidey. Untuk harga sewa nya Rp 400.000 per malam.

Harga ticket masuk pemandian air panas ini ialah Rp 16.000 (hari biasa) serta Rp 23.500 (Libur). Sementara untuk wisatawan luar negeri Rp 100.000, baik hari libur atau tidak. Wisata ini buka setiap hari mulai jam 08.00-20.00 WIB.

Itulah tadi Destinasi Wisata Ciwidey yang bisa anda kunjungi, semoga bermanfaat dan selamat berlibur kawan!

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *