Khasiat Lidah Buaya, Tanaman Berlendir yang Banyak Manfaat

5 min read

Khasiat Lidah Buaya

Khasiat Lidah Buaya – Lidah buaya lebih banyak dikenal sebagai tanaman hias. Bentuknya memang unik. Daun gemuk yang apabila diiris, dibuka kulitnya, dagingnya sangat berlendir. Meski terkesan menjijikan, khasiat dari lidah buaya jangan sampai Anda lupakan.

Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya bahwa tanaman yang tmbuh di pekarangan ini memiliki khasiat yang luar biasa. Tapi, di balik bentuknya yang aneh dan lendirnya yang menyebalkan, lidah buaya memiliki manfaat atau khasiat yang baik untuk kesehatan, bahkan kecantikan.

Nama latin lidah buaya adalah Aloe vera. Tanaman ini tergolong sebagai tanaman tropis. Artinya, hanya dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis. Kulitnya berwarna hijau dengan motif titik-titik atau bercak-bercak putih yang acak. Bentuknya memanjang, persis seperti lidah.

Di bagian pinggir tanaman ini terdapat duri yang cukup mengganggu. Karenannya, ketika mengambilnya, Anda harus ekstra hati-hati. Daging lidah buaya cukup tebal, ia berwarna hijau bening dan berlendir.

Bentuk daging dari lidah buaya memang aneh. Menghilangkan lendirnya seperti sesuatu yang mustahil. Tapi, dengan cara-cara tertentu, lendir yang kuat tersebut dapat juga hilang, meski memang tidak sepenuhnya hilang dari daging. Meski demikian, tanaman ini memiliki kandungan yang ajaib.

Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya, memiliki senyawa-senyawa biologis yang aktif. Sehingga kandungan di dalam tanaman ini dapat memengaruhi metabolisme tubuh dengan baik. Beberapa senyawa biologis aktif yang terkandung dalam lidah buaya adalah Polymannans, Mannans asetat, jenis Lektin dan Antrakuinon.

Selain senyawa-senyawa tersebut, lidah buaya juga mengandung banyak senyawa lain. Kurang lebih ada sekitar 200 senyawa yang terkandung di dalam dagingnya. Ini belum termasuk 75 lagi zat lain yang juga ada di dalam lidah buaya. Kandungan yang banyak tersebut memiliki pengaruh yang baik untuk kesehatan atau kecantikan.

Ratusan lebih zat atau senyawa baik yang terkandung di dalam lidah buaya, masing-masing berperan dalam membantu Anda menjaga kesehatan. beberapa di antaranya adalah senyawa yang dapat membantu menyehatkan organ pencernaan dan menghindarkan berbagai organ tubuh dari peradangan.

Baca Juga  Jadi Bahan Hand Sanitezer, Yuk Simak 7 Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

Lidah buaya memiliki 20 jenis asam amino. Boleh dikatakan, lidah buaya memiliki sebagian besar jenis asam amino. Kemudian daun berdaging tebal ini memiliki semua vitamin di dalamnya, kecuali vit D. Selain itu lidah buaya juga memiliki mineral dan zat antimicroba bernama Saponin. Menakjubkan? Ya. Kandungan pada lidah buaya ini sangat lengkap.

Khasiat Lidah Buaya

lidah buaya untuk kesehatanDengan serangkaian senyawa baik yang dimiliki oleh lidah buaya, sepertinya lumrah jika tanaman ini bisa digunakan untuk membantu tubuh dalam menjaga kesehatan, juga membantu tubuh untuk menyembuhkan bagian yang sakit.

Lantas, apa saja, khasiat lidah buaya? Benarkah tanaman ini bisa mengobati diabetes?

1. Lidah Buaya untuk Bisul
Bisul, merupakan peradangan pada kulit yang timbul karena beberapa alasan. Salah satunya alergi terhadap protein. Lidah buaya ternyata bisa menyembuhkan penyakit kulit yang menyebalkan ini, lho.

Bagaimana mengobati bisul dengan lidah buaya? Anda cukup mengambil beberapa daun lidah buaya. Haluskan kemudian tambahkan sedikit garam. Tempelkan daun lidah buaya yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian kulit yang bisul.

2. Lidah Buaya untuk Luka Bakar
Anda pernah mengalami dan merasakan perihnya luka bakar atau tersiram air panas? Rasanya panas dan yang pasti akan menimbulkan bekas jika tidak lekas diobati.

Sebagai pertolongan pertama pada luka bakar, Anda bisa menggunakan lendir atau getah dari daun lidah buaya. Getah atau lendir pada lidah buaya biasanya akan muncul ketika daun lidah buaya dipotong.

Oleskan getah atau lendir tersebut pada bagian kulit yang terkena luka bakar persis atau sesaat setelah Anda terkena luka bakar. Sensasi dingin yang dimiliki getah atau lendir lidah buaya, akan membantu meredakan panas di kulit akibat terbakar.

3. Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut
Khasiat lidah buaya yang satu ini sepertinya sudah menjadi rahasia umum ya. Semua orang sudah mengetahui manfaat lidah buaya yang satu ini. Ya. Lidah buaya memang bisa membantu merawat mahkota para wanita.

Baca Juga  Review Obat Asam Urat MOSEHAT

Masalah ketombe yang membandel akan hilang dengan penggunaan lidah buaya secara teratur. Masalah ketomber teratasi, masalah rambut rontok karena ketombe juga akan ikut teratasi. Rambut rontok dan kebotakan selain karena ketombe, juga bisa diatasi dengan menggunakan lidah buaya.

Bagaimana caranya? Mudah saja. Ambil lidah buaya yang sudah dikupas, oleskan kulitnya atau dagingnya pada rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Pastikan kulit kepala Anda juga tidak luput dari olesan lidah buaya ini.

Setelah merata, diamkan rambut kurang lebih hingga 1 jam. Kemudian keramas seperti biasa. Bersihkan rambut hingga tidak ada lagi sisa lidah buaya. Lakukan hal ini secara rutin agar rambut Anda merasakan manfaatnya dengan nyata.

4. Lidah Buaya untuk Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan merupakan masalah klasik yang umum diderita oleh sebagian besar masyarakat modern. Seperti maag, tukak lambung, radang pada usus serta iritas hingga perut yang terasa panas. Semuanya menjadi masalah kesehatan yang seperti sudah langganan bagi beberapa orang.

Mengatasinya, ternyata juga bisa menggunakan lidah buaya, lho. Caranya seperti membuat ramuan pada umumnya, Anda harus merebus beberapa daun lidah buaya, kemudian minum setelah dingin. Lakukan ini secara rutin, masalah pencernaan Anda perlahan akan mulai membaik.

Lidah buaya juga membantu pergerakan usus. Alos lateks yang ada di dalam lidah buaya memiliki kandungan antrakuinon slycosides. Kandungan ini dinilai baik untuk melancarkan pembuangan.

5. Detoksifikasi
Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu tubuh dalam menetralisir racun yang tidak sengaja ataupun sengaja masuk ke dalam tubuh. Caranya, buat jus dari lidah buaya! Konsumsi rutin setiap hari.

6. Lidah Buaya untuk Stress
Stress juga menjadi masalah bagi sebagian besar masyarakat modern. Mobilitas dan kesibukan yang tinggi menjadi pemicu stress. Untuk mengatasinya, ganti jus buah-buahan Anda dengan jus lidah buaya.

7. Menurunkan Gula Darah
Anda memiliki gula darah? Coba konsumsi setengah sendok makan jus lidah buaya selama kurang lebih 14 minggu. Kandungan lidah buaya, ternyata dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bahkan, efeknya, jus lidah buaya ini bisa menurunkan sekitar 45% kadar gula yang ada di dalam darah.

Baca Juga  Yuk Intip 7 Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengobatinya

8. Lidah Buaya untuk Merawat Kulit
Lidah buaya, juga seringkali menjadi bagian dari pembuatan aneka produk kosmetik. Tidak lain dan tidak bukan, alasannya adalah karena kandungan pada lidah buaya dapat membantu melembapkan kulit.

Lidah buaya juga dapat membantu dalam menghilangkan jerawat, bekas luka yang ada pada kulit, kulit yang radang serta membantu meremajakan kulit. Anda bisa memanfaatkan daging lidah buaya sebagai masker. Tapi, hati-hati, karena jika salah menggunakan, kulit bisa gatal dan malah iritasi.

9. Merawat Kesehatan Mulut
Kesehatan mulut, kerapkali diabaikan. Padahal, jika dibiarkan juga akan berakibat buruk. Jangan khawatir, karena lidah buaya akan membantu Anda menjaga kesehatan mulut. Terutama membantu menjaga kesehatan gusi Anda. Konsumsi jus lidah buaya secara teratur, dan rasakan manfaatnya untuk mulut Anda.

10. Membantu Menjaga Berat Badan
Anda yang kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya, bisa mencoba terapi lidah buaya. Lidah buaya dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Caranya, konsumsi jus lidah buaya secara teratur. Dan rasakan, perlahan berat badan Anda akan stabil.

Selain 10 khasiat lidah buaya di atas, tanaman ini juga berkhasiat, bisa membantu menyembuhkan sakit kepala, konstipasi (sembelit), muntah darah, anak kejang, kencing manis, gangguan hadi, kurang gizi, wasir, dan batuk rejang.

Caranya, ambil sekitar 300 gr lidah buaya, cuci hingga bersih. Rebus lidah buaya dengan 4 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Saring, biarkan dingin, kemudian minum. Konsumsi secara rutin tiga kali dalam sehari.

Khasiat dari lidah buaya yang telah dijabarkan di atas, memberikan gambaran tentang betapa tanaman ini, tanaman berduri dan berlendir, memiliki manfaat yang luar biasa. Bahwa sesuatu yang buruk tampilan rupanya, belum tentu tidak memiliki manfaat.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *