Percantik Rumah dengan Kursi Plastik Minimalis

kursi plastik minimalis

Kursi Plastik Minimalis – Saat ini mungkin tidak banyak interior rumah yang menggunakan furniture berbahan dasar plastik. Kayu, besi, logam dan rotan masih menjadi pilihan umum sebagai mebel rumah terfavorit. Padahal jika kita jeli memilih warna dan bentuk kursi plastik untuk mebel ruang tamu, sofa ruang keluarga, satu set kursi makan, atau kursi santai untuk di teras atau taman maka rumah pun dapat terlihat cantik secara keseluruhan.

Penggunaan kursi plastik dalam rumah tangga, sebetulnya bukan hal yang baru. Tetapi fungsinya tidak terlalu penting sebagai furniture interior rumah. Kursi plastik masih sebatas pelengkap untuk kegiatan rumah tangga. Bila kita ke pasar tradisional atau ke supermarket sekalipun, banyak dijumpai kursi-kursi plastik pendek atau kursi jongkok (orang Sunda menyebut jojodok).

Biasanya ibu-ibu rumah tangga menggunakan kursi jongkok sebagai pelengkap saja untuk kegiatan di dapur atau pada saat mencuci baju. Pemakaian kursi plastik sering juga hanya sebagai pemanis eksterior rumah, misalnya kursi duduk di teras rumah, kursi santai di taman, dan kursi berjemur di tepi kolam renang atau pantai.

Rumah Cantik dengan Kursi Plastik Minimalis

Bahkan model kursi plastik masih dikenal sebagai kursi ala tukang bakso atau ala kaki lima. Tapi kini, desain kursi plastik semakin menarik karena banyak ragam dan kaya akan warna. Untuk itu tidak ada salahnya berkreasi mengubah interior rumah dan mengganti furniturnya dengan kursi plastik.

Kursi Plastik Minimalis

Hotel, restoran dan perkantoran pun kini telah banyak yang menggunakan kursi plastik untuk desain interior mereka. Namun, kursi plastik yang dipakai sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat unik dan menarik.

Misalnya model kursi plastik berbentuk lengkung dengan kaki kursi logam, model kursi plastik sandar kotak, atau sofa plastik rotan. Bahkan sentra industri rotan di Cirebon dan sentra kayu jati di Jepara sudah mulai memproduksi kursi atau mebel dengan modifikasi plastik.

Interior minimalis pun banyak menggunakan meja dan kursi plastik, karena dianggap mampu melengkapi desainnya yang bergaya modern. Selain itu desain kursi plastik yang unik dan elegan sesuai untuk rumah-rumah bergaya minimalis karena dianggap dapat menghemat ruang atau tempat. Pemilihan furnitur plastik yang tepat membuat rumah minimalis berpenampilan beda dan semakin cozy.

Keuntungan ekonomis dalam menggunakan kursi plastik pun akan didapat, karena harganya lebih murah dibandingkan kursi kayu, logam atau rotan. Beberapa meja dan kursi plastik dipasarkan dengan harga yang sangat menarik. Misalnya, kursi plastik yang termurah harganya hanya Rp 25.000 hingga Rp 50.000 saja. Tetapi untuk kursi plastik yang desainnya menarik dan kualitas bahannya bagus, harga paling murah Rp 100.000 hingga Rp 500.000, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Keuntungan lain dari kursi plastik, pemakaiannya cenderung memakan waktu lama dan awet karena pada dasarnya bahan plastik itu tidak mudah rapuh, kuat, dan tahan karat tentunya. Kursi-kursi plastik yang sedang naik daun saat ini masih produk impor. Karena desainnya dibuat sangat menarik, unik serta berkualitas.

Kursi plastik impor ini sudah dapat diperoleh pada toko-toko furnitur terkenal, seperti Ace Hardware, Index , Ikea, atau Carrefour. Penjualan kursi plastik impor di Indonesia terbilang laris. Misalnya saja Index, mereka berhasil menjual 24 sampai 50 kursi setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa kursi plastik kian digemari sebagai furniture unik dan membuat rumah semakin cantik.

Mengintip Pembuatan Kursi Plastik
Tidak ada salahnya juga kita mengetahui metode pembuatan kursi plastik. Hal ini bertujuan agar ketika berniat membeli kursi plastik untuk furniture rumah, kita dapat membedakan kualitas plastik. Bukankah ada baiknya teliti sebelum membeli?

Kursi Plastik Minimalis

Kursi plastik berbahan polypropylene saat ini sedang populer dan dicari banyak orang. Plastik yang digunakan untuk pembuatan kursi biasanya gabungan dari beberapa jenis plastik kemudian dicampur bersama-sama dalam pemanasan proses pencetakan. Penggunaan campuran berbagai jenis plastik menghasilkan kursi plastik jauh lebih kuat daripada hanya satu jenis plastik yang digunakan.

Pembuatan kursi plastik dibuat dengan berbagai metode furnitur dan semua metode selalu menggunakan cetakan logam yang diukir ke dalam bentuk sesuai keinginan dan kebutuhan desain. Metode Furniture yang sering digunakan antara lain:

1. Furniture Molding atau Molding Rotasi
Adalah metode cetakan logam besar yang disuntikkan dengan bubuk polimer plastik. Lalu kemudian dipanaskan sampai titik leleh, dan cetakan mekanisnya berubah tiga dimensi sehingga merata mendistribusikan polimer ke dalam cetakan. Dalam beberapa menit cetakannya berputar, saat cetakan sudah dingin, putarannya pun berhenti. Lalu cetakan segera dibuka dan hasil plastiknya berongga.

2. Injection Molding
Merupakan salah satu metode pembuatan furniture plastik. Masih menggunakan cetakan logam , tapi kali ini hasilnya plastik yang padat dan tidak berongga seperti di atas. Jenis cetakannya tidak berputar. Bubuk polimer dilelehkan dengan suhu yang telah ditentukan. Setelah itu dituangkan ke dalam cetakan dan didinginkan.

Injection molding ini juga dapat dilakukan dengan bantuan tiupan gas kecepatan tinggi di dalam cetakan, sehingga plastik cair dari bagian-bagian tertentu cetakan terdorong.

Cara ini menciptakan saluran dalam bentuk plastik yang hasilnya kursi tercipta jauh lebih ringan, tetapi kekuatannya tetap terjaga. Semua aspek dari metode injection molding biasanya sama, tapi hasilnya bisa berbeda. Misalnya kursi plastik tersebut ada beberapa bagiannya berlubang dan bagian lainnya tetap utuh.

Tips Memilih Kursi Plastik
Bila kita sudah bisa membedakan kualitas plastik dari kursi. Kemudian tertarik membeli beberapa set untuk mempercantik rumah, ada baiknya juga kita memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Pilih model kursi yang sesuai selera dan gaya rumah. Sebaiknya dalam memilih juga perlu memperhatikan gaya rumah. Kursi rotan plastik yang berukuran besar tentu kurang cocok untuk rumah minimalis.
  • Perhatikan ketebalan bahan. Ketebalan plastik dari kursi bisa di lihat dari kepekatan warnanya. Bila warnanya semakin pekat, maka makin padat atau tebal pula bahannya.
  • Model kursi dengan sandaran dan alas duduk yang menyatu, biasanya lebih kuat.
  • Pilih kursi yang sudah divernis agar tidak mudah tergores.

Merawat Kursi Plastik
Merawat dan membersihkan kursi plastik cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama serta biaya yang banyak. Pada umumnya semua furniture rumah tangga akan kotor terkena debu. Begitu juga dengan kursi plastik, bila kotor karena debu cukup dibersihkan dengan kain basah.

Kursi-kursi plastik hendaknya juga dibersihkan secara berkala, hal ini untuk menjaga agar warna kursi plastik tidak mudah kusam. Bila kursi plastik terkena noda-noda membandel dan tidak cukup dibersihkan hanya dengan kain basah saja. Maka kita dapat mencoba tips-tips berikut ini:

  • Karbol. Karbol atau pembersih lantai lainnya efektif membersihkan kursi plastik yang sudah terlihat kusam. Gunakan kain basah lalu beri sedikit karbol dan usapkan kursi plastik yang dekil atau kusam. Kursi plastik akan terlihat kinclong kembali.
  • Pemutih pakaian. Campur sedikit pemutih pakaian lalu larutkan bersama air. Gunakan sikat untuk membersihkannya noda pada kursi plastik.
  • Lemon atau Jeruk Nipis. Gunakan air perasan lemon atau jeruk nipis untuk membersihkan noda minyak yang menempel pada kursi plastik.

Keidentikan kursi plastik dengan kesan yang kumuh mungkin sulit untuk dihapuskan. Tetapi, jika mau mencari, kursi dari plastik juga tersedia dalam aneka bentuk yang unik, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *