Tips Memilih Furniture Anak yang Nyaman

Tips Memilih Furniture Anak

Tips Memilih Furniture Anak – Memilih furniture anak tetap harus mengedepankan faktor keamanan. Karakter anak yang sangat aktif bergerak dan rasa ingin tahu yang lebih besar untuk mengeksplorasi lingkungannya menuntut hal tersebut.

Bentuk furniture anak juga harus disesuaikan dengan aktivitas bermain anak. Keleluasaan gerak adalah faktor penting yang harus ditemukan dalam bentuk furniture tersebut. Hal ini disebabkan aktifitas anak yang paling dominan adalah bermain.

Permainan sangat berpengaruh dalam tahap perkembangan anak baik dari sisi kognitif, emosi maupun sosialnya. Berdasarkan kebutuhan tersebut, adapun hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam merancang bentuk furniture anak adalah sebagai berikut:

  • Sudut furniture sebaiknya tidak tajam tapi membulat. Bentuk sudut demikian menghindarkan anak dari akibat yang lebih fatal jika terbentur di sudut furniture.
  • Mengurangi penggunaan bentuk yang dapat menstimulasi perilaku hiperaktivitas anak. Adapun bentuk furniture yang dimaksud seperti bentuk rak yang terbuka atau bentuk rangka, stimulasi yang muncul adalah perilaku memanjat furniture.
  • Contoh lain bentuk furniture dengan roda akan menstimulasi perilaku anak untuk selalu memindahkan ataupun mendorong furniture tersebut. Tujuan pengurangan bentuk furniture yang demikian adalah untuk menghindari resiko kecelakaan akibat perilaku hiperaktif anak.
  • Pemilihan warna furniture sebaiknya mempertimbangkan makna warna yang berefek pada psikologis anak. Komunikasikan dengan anak bila terjadi perbedaan selera warna. Makna warna disesuaikan dengan karakter dan kondisi anak. Warna untuk anak autis berbeda dengan anak yang hiperaktif.
  • Kekokohan dan kestabilan material furniture tetap jadi pilihan utama. Furniture dengan material yang berbahan solid akan memiliki keseimbangan dan kekuatan konstruksi yang baik. Jenis-jenis material furniture di pasaran sangat bervariasi antara lain material kayu; material besi, stainless dan aluminium; material plastik; dan material rotan.
  • Tekstur furniture sebaiknya menghadirkan rasa nyaman bagi anak. Tekstur yang kasar, halus ataupun licin akan memperkaya variasi tekstur bagi anak. Namun demikian keamanan tekstur furniture harus diperhatikan agar tidak melukai kulit anak. Apalagi anak yang berusia 2-8 tahun yang banyak menstimulasi indera peraba mereka.
  • Faktor ergonomis juga menjadi syarat kenyamanan bagi semua desain furniture anak.
  • Kenyamanan furniture didasarkan pada proporsi, tubuh manusia dan perilakunya. Kenyamanan inilah yang sangat berpengaruh positif bagi kesehatan fisik dan psikis penggunanya.

Tips Memilih Furniture Anak yang Pas

Furniture kamar tidur menjadi kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi guna terciptanya kenyamanan dalam kamar tidur anak Anda. Furniture anak di kamar tidur menjadi kebutuhan kedua yang harus dipenuhi setelah kamar tidur itu sendiri.

Memilih Furniture Anak

Siapa yang tak ingin memiliki kamar tidur yang cantik dan nyaman? Kamar tidur yang cantik dan nyaman tidak hanya terpaku pada luas ruangan atau desain dan pemilihan furniture kamar tidur yang mahal. Asalkan bisa memilih berbagai furniture kamar tidur yang menarik dan sesuai, Anda bisa mendapatkan kamar tidur anak yang nyaman.

Langkah awal yang harus diperhatikan adalah konsep apa yang akan Anda bawa ke kamar tidur anak. Apakah hanya sebatas ruang untuk istirahat, bekerja, menghabiskan waktu luang, atau merangkap semua kebutuhan Anda. Ada berbagai furniture yang dapat menjadi pilihan untuk diletakkan di kamar tidur anak Anda.

Pernak-pernik furniture kamar tidur tidak perlu mahal, yang penting dapat memenuhi kebutuhan kamar tidur Anda. Sering orang terjebak dengan penggunaan furniture kamar tidur yang terkesan memakan tempat di ruang kamar tidur Anda.

Hal ini menyebabkan tidak leluasanya pergerakan anak Anda di kamar tidur karena sesak. Pemilihan furniture kamar tidur yang tepat guna dan fungsi rasanya perlu Anda terapkan untuk mendapatkan kamar tidur yang nyaman tanpa kehilangan fungsi dari masing-masing furniture kamar tidur tersebut.

Pemilihan berbagai furniture untuk keperluan rumah tangga sepertinya menjadi hobi bagi sebagian para ibu-ibu rumah tangga. Dengan Tips Memilih Furniture Anak yang digunakan, tentu saja hal tersebut bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Memilih furniture rumah sendiri termasuk furniture kamar tidur anak pasti cukup menyenangkan.

Jika Anda memiliki putra-putri yang masih berusia belia, memilih furniture kamar tidur pasti lebih menyenangkan. Bebaskan putra dan putri Anda untuk memilih sendiri apa yang ia inginkan. Barang-barang yang mereka inginkan tersebut nantinya dapat membuat mereka merasa betah berlama-lama di dalam kamar.

Namun, jika Anda bosan dengan model furniture yang ditawarkan oleh toko-toko furniture, memesan furniture dengan desain sendiri sepertinya menjadi jalan keluar. Dengan begitu, Anda menjadi lebih bebas untuk mendesain kamar tidur.

Pernak-pernik Furniture Kamar Tidur
Berikut ini adalah beberapa jenis furniture kamar tidur yang umumnya dimiliki oleh setiap kamar tidur. Furniture-furniture kamar tidur ini memiliki peran sebagai penjamin kenyamanan Anda selama beristirahat.

1. Tempat Tidur
Tempat tidur merupakan salah satu furniture kamar tidur yang terpenting untuk kamar tidur Anda. Ada berbagai pilihan model tempat tidur yang bisa dipilih. Bentuk dari furniture kamar tidur ini pun bisa disesuaikan dengan selera anak Anda. Bisa dengan tiang penyangga atau hanya berupa dipan. Untuk yang doubel, tempat tidur yang bisa dipilih berupa ukuran king, yang terbuat dari kayu dengan lapis plastik imitasi. Bentuknya pun ada yang dengan headboard tinggi dan yang rendah.

2. Lemari
Furniture kamar tidur yang satu ini juga tidak kalah penting. Kamar tidur tak lengkap rasanya bila tak ada lemari. Lemari digunakan untuk menyimpan pakaian dan benda-benda pribadi anak Anda. Sebaiknya sesuaikan lemari dengan bentuk ruang kamar tidur. Bila kamar tidur memiliki ruang yang cukup luas, area lemari bisa dipisahkan dengan area tempat tidur.

Buat lemari dengan multi fungsi, seperti lemari 5 pintu lengkap dengan tempat gantungan, laci-laci untuk penyimpanan, bisa juga lemari yang bentuknya memanjang sepanjang dinding di salah satu sisi kamar tidur.

Bila ruang kamar tidak begitu luas, Anda bisa memilih lemari ukuran sedang dengan dua pintu. Pintar-pintar mengakali penataan furniture kamar tidur yang satu ini akan membuat kamar anak Anda terasa lebih luas.

3. Meja
Furniture kamar tidur selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah meja. Bagi yang membutuhkan meja di kamar tidur, Anda bisa memilih meja dengan model konsol. Meja ini efektif digunakan untuk meletakkan perangkat stereo set, sejumlah pigura foto. Meja yang berukuran 37x145x70cm ini dilengkapi dengan tiga buah laci dengan handel bulat bergaya simpel.

Bisa juga meja dengan model lesehan atau meja Jepang yang dilapisi kaca bening setebal 5mm. Untuk teman tempat tidur dan meletakkan lampu tidur, bisa Anda gunakan meja Nakas. Nakas bentuknya yang mungil dan desainnya yang simpel dapat dijadikan meja hias di samping kanan kiri tempat tidur.

Memilih furniture kamar tidur yang satu ini memang gampang-gampang susah. Jika terlalu besar akan memengaruhi luas ruangan, tetapi jika terlalu kecil meja tidak akan dapat menampung semua barang kebutuhan yang harus sedia dalam waktu yang cepat.

4. Rak
Furniture kamar tidur ini cenderung lebih dibutuhkan oleh mereka yang masih berstatus pelajar. Rak dapat digunakan untuk meletakkan buku-buku kesayangan Anda dan juga perangkat elektronik. Pilihlah rak yang simpel dengan sedikit laci.

Ukurannya disesuaikan dengan jarak pandang Anda bila melihat TV dari tempat tidur. Bisa juga Anda memilih rak dengan bentuk menggantung di dinding, sehingga tidak memakan ruang kamar. Dan hal itulah yang biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki kamar tidur terlalu luas.

Jika pandai menempatkan dan memilih furniture yang fungsional untuk kamar tidur, Anda tak perlu mengeluarkan dana lebih lagi hanya untuk memperluas atau memperbesar ruang kamar tidur.

Tips Memilih Furniture Kamar Tidur

Furniture Anak

  • Lampu hias atau lampu tidur tidak harus sepasang mengapit tempat tidur secara simetris. Fungsi lampu hias dapat digantikan dengan lampu baca yang fleksibel sehingga mudah dipindahkan.
  • Furnitur kayu bergaya modern dapat dipercantik dengan permainan nat. Desain yang simpel berpadu garis-garis nat dapat diterapkan pada tempat tidur.
  • Tempatkan cermin ukuran besar jika Anda ingin mendapatkan kesan ruang kamar tidur anak yang luas dan lapang.
  • Hindari furnitur kayu apakah itu meja, rak, yang memiliki banyak ukiran. Material kayu yang terlalu banyak ukiran dapat membuat ruang kamar tidur sesak atau penuh. Jadi bila ruang kamar tidur anak Anda kecil, hindari furnitur yang berukir.
  • Usahakan memilih bahan material yang awet. Ini akan menghindarkan Anda untuk sering melakukan perbaikan dan penggantian.
  • Gunakan ambalan kayu dan papan pada dinding untuk menempatkan koleksi foto, buku, dan mainan kesayangan anak Anda.

Demikianlah artikel tentang Tips Memilih Furniture Anak semoga bisa menambah wawasan para bapak / ibu semua. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat beraktifitas lagi sobat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *