5 Makanan Khas Wonosobo Yang Wajib di Kunjungi Saat Kesana

2 min read

Kuliner Khas Wonosobo

Makanan Khas Wonosobo – Memiliki rencana akan berkunjung ke wilayah Jawa Tengah? Kalau begitu janganlah lupa meluangkan untuk singgah ke Kabupaten Wonosobo. Kabupaten yang bersebelahan dengan Temanggung serta Magelang ini menyimpan banyak obyek wisata yang indah. Satu diantara wisata yang paling terkenal ialah kawasan Dieng yang terkenal dengan acara Dieng Culture Festival.

Tidak hanya tempat wisatanya, Wonosobo punya beberapa makanan khas yang akan memanjakan lidahmu. Untuk kamu yang akan datang ke Wonosobo atau sedang ada di Wonosobo, janganlah lupa untuk mencicip beberapa kuliner khas wonosobo di bawah ini.

Makanan Khas Wonosobo yang Terkenal dan Memanjakan Lidah

1. Mie Ongklok

Makanan berbentuk mie memang tidak pernah bisa ditolak rasanya ini, termasuk mie ongklok yang menjadi ciri khas Wonosobo ini. Mie ongklok ialah mie kuning rebus yang berbentuk pipih. Makanan ini diperlengkapi dengan kombinasi daun kol serta daun kucai. Lalu ditambah lagi siraman kuah kental berwarna cokelat yang menggugah selera.

Mie Ongklok Makanan Khas Wonosobo

Kuahnya yang kental itu lantaran hasil kombinasi tepung kanji. Tidak hanya itu, mie ongklok dilengkapi dengan suwiran ayam serta bawang goreng. Menikmati mie ongklok saat udara dingin Wonosobo akan makin menambah kenikmatan makanmu. Umumnya mie ongklok disantap dengan sate. Bila kamu ingin tahu dengan rasanya, kamu langsung bisa singgah ke warung mie yang berada di sepanjang jalan daerah Wonosobo.

2. Dendeng Gepuk

Dendeng gepuk ialah daging sapi yang berbentuk pipih. Makanan ini merupakan khas Wonosobo, dendeng ini berbeda dari daging dendeng yang lain sebab memiliki rasa yang berbeda. Rasa dendeng gepuk ini manis serta sedikit gurih.

Dendeng Gepuk

Makanan ini ialah jenis makanan kering yang memiliki bentuk lembaran. Dendeng gepuk paling cocok di nikmati dengan nasi putih hangat serta sambal sesuai selera kamu. Struktur dagingnya cukup keras tetapi waktu digigit akan berasa empuk serta sedikit kenyal.

Baca Juga  5 Tempat Favorite Tahun Baruan di Surabaya

3. Tempe Kemul

Sekilas tempe ini kelihatan seperti tempe mendoan khas Purwokerto. Tapi tempe kemul punya bentuk yang berbeda dibandingkan tempe mendoan. Memiliki bentuk sedikit lebih berisi serta tepungnya yang lebih tebal. Tempe kemul punya cita rasa yang ciri khas. Tempe ini dibuat dari tempe yang masih fresh sehingga akan menjaga rasanya yang enak.

Bila umumnya tempe goreng diberi kombinasi daun bawang, berbeda dengan tempe kemul yang diberi kombinasi daun cay. Rasanya pastinya gurih serta crispy. Paling nikmat dijadikan sebagai cemilan sore hari sekalian menikmati teh hangat.

4. Geblek

Untuk kamu yang ingin mencicip camilan khas Wonosobo, kamu harus coba geblek. Namanya memang cukup aneh, tetapi geblek punya rasa yang menarik. Geblek atau disebut lekuk ialah gorengan semacam cireng yang punya bentuk berlekuk-lekuk. Teksturnya kenyal, rasanya gurih, serta paling enak dikonsumsi dalam kondisi hangat.

Geblek

Geblek paling cocok di nikmati dengan kopi atau teh hangat. Berbeda dengan cireng biasanya, geblek punya bentuk seperti lingkaran yang berlekuk. Ingin tahu ‘kan dengan makanan yang satu ini?

5. Keripik Jamur

Suka makanan yang renyah serta gurih? Kamu wajib banget nih mencicipi keripik jamur khas Wonosobo. Keripik jamur ini menggunakan jamur kancing premium yang diproses dengan higienis dengan kualitas yang terpilih. Bentuk keripik ini bundar serta kecil-kecil.

Umumnya jamur yang dipakai ialah berwarna putih, cokelat muda, atau krem. Keripik jamur ini rendah kalori lho! Sangat nikmat serta aman untuk kamu yang sedang diet. Produk yang dibuat juga dipastikan tanggal expired-nya. Bila kamu telah membukanya, sebaiknya langsung ditutup atau disimpan di toples serta hindari dari cahaya matahari langsung ya!

Baca Juga  5 Tempat Prewedding Terbaik di Jogja yang Romantis Abis

Itulah beberapa makanan ciri khas Wonosobo yang tidak boleh kamu lewatkan bila kamu ada disana. Nah, kira-kira makanan mana nih yang akan kamu cicip kali pertama saat bertandang ke Wonosobo? Atau kamu pernah mencicipi salah satu makanan di atas? Kamu bisa share cerita dengan menuliskan di kolom komentar berikut ini.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *