5 Tempat Tahun Baruan di Bandung yang Cozy Abis

4 min read

Tempat Tahun Baruan di Bandung – Tidak terasa tahun baru sebentar lagi akan tiba. Meskipun masih beberapa saat lagi, tidak ada salahnya jika Anda sudah mulai preparasi dari saat ini, ditambah lagi jika Anda merencanakan untuk menghabiskan new year’s eve di Kota Bandung.

Pasalnya, di Bandung seringkali ada acara tahun baruan, hingga hampir semua kota dipadati penduduk. Anda harus tahu spot-spot yang bagus untuk menghabiskan malam pergantian tahun sebelum keburu penuh oleh orang-orang.

Jadi, kesempatan kali ini, admin ingin memberi tahu Anda beberapa tempat tahun baruan di Bandung yang cozy abis. Ada yang berbentuk taman terbuka, jalan besar, sampai restoran, serta penginapan. Berikut ialah 5 tempat yang paling recommended untuk menikmati pesta tahun baruan di Bandung.

5 Tempat Tahun Baruan di Bandung

1. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau lebih akrab disapa “monumen” saja adalah satu diantara tempat tahun baru di Bandung yang terbaik. Tempatnya ada di pusat kota, sehingga Anda akan memperoleh view serta suasana yang bagus. Monumen yang mempunyai luas sekitar 72.000 mtr. persegi, sehingga bisa memuat ribuan orang.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Pada setiap tahunnya, monumen selalu dipenuhi masyarakat Bandung untuk menghabiskan malam pergantian tahun bersama dengan kerabat serta keluarga. Apabila Anda belum tahu monumen berada di mana, tempatnya berada tepat di seberang Kampus Padjajaran. Alamat monumen berada di Jalan Dipati Ukur no. 48, Lebakgede, Coblong.

2. Alun-alun Bandung

Tempat tahun baruan di Bandung yang harus Anda kunjungi ialah wilayah Alun-alun Bandung. Dahulu, wilayah alun-alun dipadati para pedagang kaki lima serta tempatnya tidak nyaman. Tetapi, setelah dibongkar habis-habisan oleh Ridwan Kamil sebagai Walikota Bandung periode 2013 – 2018, alun-alun berubah menjadi tempat yang enak untuk santai serta berkumpul bersama dengan keluarga.

Baca Juga  8 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Ditambah lagi, belum lama ini alun-alun direnovasi oleh Pemerintah Kota Bandung karena hamparan rumput sintetisnya banyak yang sudah bolong dan area bermain serta sarana olahraganya berkarat. Usai pemugaran, alun-alun kembali hadir dengan wajah yang lebih fresh. Formasi rumput sintetisnya juga dibikin lebih futuristik hingga terlihat lebih menarik. Wahana bermain anak-anak serta spot olahraga juga sudah diperbaiki.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih menghabiskan pergantian tahun baru 2019 di alun-alun ini. Pasalnya , pasti diselenggarakan acara di area Alun-alun Bandung, sehingga malam tahun baru pun jadi lebih seru. Akan ada pesta kembang api, pedagang minuman dan makanan, dan live music. Umumnya, ruas Jalan Asia Afrika akan ditutup sepanjang acara ini berlangsung.

3. Puncak Bintang

Anda barangkali belum familiar dengan Puncak Bintang. Tetapi, Anda mungkin pernah dengar mengenai Bukit Moko. Sebenarnya mereka adalah tempat yang sama. Obyek wisata ini diresmikan sejak September 2014 lalu oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa barat & Banten.

Puncak Bintang Bandung

Pada awalnya, tempat ini ialah hutan pinus sadapan, tetapi sudah berubah fungsi menjadi tempat wisata. Daya tarik Puncak Bintang ialah hutannya yang teduh, jalanan tanah yang bagus, panorama kota, serta tempat untuk melihat sunrise dan sunset.

Anda juga bisa mendaki serta berkemah di Puncak Bintang, loh! Panorama di Puncak Bintang tidak kalah dengan bukit serta gunung yang lain. Berada pada ketinggian 1.442 mtr. di atas permukaan laut, Puncak Bintang mempunyai suhu yang cukup dingin dan seringkali dilingkupi oleh kabut. Karena itu, pasti cantik sekali menyaksikan pesta kembang api dan kecantikan kota Bandung dari Puncak Bintang.

Tidak perlu takut untuk main ke Puncak Bintang, sebab disana fasilitasnya lengkap. Ada toilet, tempat istirahat, mushola, serta warung-warung untuk makan serta rehat jika Anda capek. Warung yang paling terkenal disana ialah Warung Daweung atau Moko (asal mula nama Bukit Moko ialah dari warung ini). Tetapi, tidak hanya Warung Moko ada pula warung lesehan lainnya untuk makan.

Baca Juga  Indahnya Berwisata di Cipanas Garut

Alamat Puncak Bintang berada di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung (daerah Perhutani KPH Bandung Utara). Jaraknya ± 9 KM dari Cicaheum ke arah Padasuka (Saung Angklung Udjo), sekitar 30 menit menuju utara.

4. Jalan Braga

Braga adalah jalan di Bandung yang paling ikonik. Jalan yang penuh sejarah dan identik dengan Bandung tempo doeloe ini tidak bisa Anda lewatkan jika ingin main ke Bandung. Di sepanjang Jalan Braga berjajar beberapa toko yang masih berbau jadoel, lalu ada pula sebuah mall yang namanya Braga City Walk, tempat penginapan, warung kopi, serta restoran-restoran yang sudah beroperasi sejak bertahun-tahun yang lalu.

Jalan Braga dipastikan padat pengunjung saat malam pergantian tahun tiba, melihat jaraknya yang tidak jauh dari Jalan Asia Afrika, tentu di Braga akan ada acara. Anda bisa menikmati pesta tahun baru di jalanan sekalian ngopi serta ngemil atau melipir ke cafe 24 jam disana.

5. Kawasan Wisata Lembang

Bila Anda mencari tempat tahun baru di Bandung yang pemandangannya indah, udaranya sejuk, serta lebih tenang, pergilah ke daerah Lembang. Tidak hanya Jalan Braga, Lembang ialah wilayah yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan. Soalnya disana udaranya dingin, ada banyak hutannya, lalu ada di wilayah tinggi hingga pemandangannya oke punya.

Anda dapat memilih bermalam di sejumlah tempat yang terkenal, seperti Kampung Gajah Wonderland, Dusun Bambu Family Leisure Park, The Lodge Maribaya, Orchid Forest, Ciater, serta ada banyak tempat yang lain yang recommended. Tanpa menginap pun Anda bisa menghabiskan new year’s eve di sepanjang Jalan Lembang, lantaran pastinya disana ramai oleh orang-orang. Anda bisa sekalian nongkrong beli bajigur hangat serta jagung bakar

Baca Juga  5 Makanan Khas Wonosobo Yang Wajib di Kunjungi Saat Kesana

Itulah 5 Tempat Tahun Baruan di Bandung yang Cozy Abis, semoga tahun bar ini memberikan nuansa yang indah untuk sobat dan keluarga ataupun pasangan. Selamat tahun baru guys.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *