Menu Makanan Bagi Penderita Penyakit Maag

2 min read

Makanan Penderita Penyakit Maag

Menu Makanan Bagi Penderita Penyakit Maag – Penyakit maag dalam dunia kedokteran dikenal sebagai gastritis. Istilah gastritis mengacu pada keadaan apa pun yang melibatkan peradangan pada lapisan lambung. Makan makanan tertentu, dan menghindari makanan jenis yang lain, dapat membantu seseorang mengelola gejala penyakit maag mereka alami.

Menurut Omeprazole, penyakit gastritis bisa berlangsung akut atau pun kronis. Gastritis akut datang secara tiba-tiba dan bersifat parah, sementara gastritis kronis berlangsung dalam tahapan yang lebih lama.

Bermacam tipe gastritis disebabkan oleh berbagai macam faktor. Gejala gastritis biasanya terdiri dari gangguan pencernaan, nyeri pada perut (paling sering pada ulu hari), mual, dan perasaan kenyang atau kembung.

Bagi kebanyakan orang, gastritis hanya berupa gangguan ringan dan biasanya menghilang secara cepat dengan pengobatan sederhana. Namun, beberapa bentuk gastritis dapat menimbulkan komplikasi berupa tukak (luka pada lambung) atau pun risiko kanker.

Diet atau pengaturan cara dan jumlah makanan adalah salah satu faktor penting dalam menunjang kesehatan lambung dan pencernaa. Pola diet yang baik dan benar akan membantu meringankan gejala gastritis sehingga kualitas hidup semakin bertambah lebih baik.

Apa Yang Harus Dimakan Pada Diet Gastritis

Anda perlu tahu bahwasanya beberapa jenis makanan bisa membantu dalam mengatasi penyakit maag ini. Beberapa contoh makanan tersebut, antara lain:

• Makanan dengan kandungan serat yang tinggi, semisal biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.
• Makanan dengan kadar lemak yang rendah, contohnya ikan, daging tanpa lemak, dan sayuran
• Makanan dengan derajat keasaman yang rendah, seperti sayuran dan kacang-kacangan
• Minuman tanpa kandungan karbonasi.
• Minuman yang tidak mengandung kafein.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwasanya makanan probiotik dapat membantu mengatasi masalah perut yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini biasanya menjadi agen paling sering menyebabkan infeksi pada penyakit maag. Bila tidak ditatalaksana dengan baik maka dapat memunculkan komplikasi tukak pada lambung. Bakteri H. pylori adalah penyebab gastritis yang paling umum. Ini sekitar 90 persen menjadi agen penyebab.

Baca Juga  15 Obat Stroke Herbal yang Ampuh dan Mujarab

Makanan probiotik yang sehat dikatakan dapat membantu mengatasi penyakit maag. Beberapa contoh diantaranya adalah kombucha, yogurt, kimchi, dan asinan kubis.

Beberapa jenis penyakit maag dapat mempersulit tubuh untuk menyerap zat besi atau vitamin B-12, yang menyebabkan defisiensi. Silahkan konsultasikan dengan dokter keluarga Anda bila Anda mengalami anemia. Hal ini dikarenakan keadaan defisiensi zat besi dan vitamin B12 paling sering menyebabkan penyakit anemia.

Makanan Yang Harus Dihindari Pada Diet Penyakit Maag

Makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi bisa memperburuk peradangan di lapisan lambung. Bagi sebagian orang, alergi makanan juga dapat merangsang kambuhnya penyakit maag. Anda harus melakukan identifikasi terhadap jenis makanan yang menimbulkan reaksi alergi pada tubuh Anda.

Beberapa tipe penyakit maag lainnya disebabkan oleh minum alkohol terlalu sering atau minum terlalu banyak dalam waktu singkat. Sejatinya alcohol tidak layak dikonsumsi karena akan menimbulkan masalah kesehatan.
Beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan iritas pada lapisan lambung lainnya, yaitu:

• Kopi.
• Makanan yang asam, contohnya tomat dan beberapa jenis buah asam lainnya.
• Makanan dengan kandungan lemak berlebihan.
• Minuman berkarbonasi.
• Makanan yang pedas.

Jika Anda melihat dan menyadri bahwa makanan jenis tertentu membuat maag menjadi kambuh maka segerala hindari makanan tersebut. Bisa jadi itu adalah jenis makanan yang sensitif terhada lambung Anda. Semoga bermanfaat.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *