13 Manfaat Juice Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Juice Wortel

Manfaat Juice Wortel – Saat siang, terik matahari sedang menyengat. Alangkah segarnya jika meminum jus wortel sebagai pelepas dahaga. Selain enak dan menyegarkan, khasiat dan manfaat juice wortel juga sangat banyak. Rasanya yang memang sudah masih dari sananya, membuatnya tak perlu tambahan banyak gula ketika dibuat jus. Wortel dipercaya mengandung banyak vitamin A yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Jus wortel dipercaya sebagai minuman kesehatan yang dapat menghindari risiko berbagai penyakit. Salah satunya adalah masalah penglihatan. Manusia yang kekurangan vitamin A bisa menurunkan daya penglihatan. Karenanya, mengonsumsi vitamin A atau berbagai buah dan sayuran yang mengandung vitamin A penting bagi tubuh. Selain itu, vitamin A juga dapat mengurangi lemak hati dan empedu. Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan pada bagian tubuh seperti kulit, rambut, dan kuku. Vitamin A juga dapat memperkuat gigi serta tulang.

Kandungan Gizi dan Manfaat Juice Wortel

Biji wortel banyak mengandung flavonoid, minyak atsiri, serta pinen, limonene, asaron, asam tiglat, bisabol, dan azaron, efek aprodisiak didapat dari khasiat meristin. Bagian dari daunnya mengandung paspirie. Paspirine adalah zat yang dapat merangsang kelenjar bawah otak (kelenjar pituitary). Kelenjar ini memberi perintah untuk dilepaskannya hormon seks. Zat-zat yang ada di dalam wortel banyak dibutuhkan untuk memicu kelenjar endokrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin yang dapat menyuburkan sistem reproduksi.

Di dalam umbinya, wortel memiliki kandungan gizi yang tinggi serta memiliki kalori. Di dalam wortel per 100 gram memiliki kandungan kalori sebesar 42,00 kal, karbohidrat 9,30 g, lemak 0,30 g, kalsium 39,00 mg, serat 0,90 g, besi 0,80 mg, fosfor 37,00 mg, niacin 0,60 mg, vitamin B-1 0,06 mg, vitamin B-2 0,004 mg, vitamin C sebesar 6,00 mg. Sementara kandungan vitamin paling besar, yakni sebesar 12,000,00 si. Karena kandungan gizinya yang banyak dan beragam inilah, khasiat dan manfaat jus wortel juga sangat banyak. Di bawah ini akan dibahas apa saja manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh kita.

Berbagai Manfaat Jus Wortel Bagi Tubuh

1. Sumber vitamin
Wortel terkenal sebagai sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Namun, ternyata di dalam wortel juga mengandung vitamin B dan vitamin E. Untuk menjaga kesehatan mata dari kerabunan, disarankan untuk teratur mengonsumsi vitamin A. Selain itu, vitamin A juga dapat menyehatkan, sedangkan vitamin E-nya dapat mencegah kemandulan serta menjaga kesehatan kulit.

2. Mencegah kanker
Di dalam wortel mengandung betakaroten yang dapat membantu mengonversikan vitamin A di dalam pencernaan. Dalam sebuah penelitian telah dibuktikan bahwa betakaroten mampu mengurangi risiko terkena kanker di dalam tubuh karena mempunyai sifat antioksidan yang mampu melawan kerja destruktif dalam sel kanker.

Kandungan vitamin di dalam jus wortel dapat memberikan kekebalan tubuh terhadap kanker, seperti kanker payudara dan kanker kulit. Kandungan berkaroten pada wortel rata-ratanya sebesar 12.000 IU. Menurut para ahli, kita dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 15.000-25.000 IU setiap hari. Selain itu, betakaroten mampu menjaga kekebalan tubuh.

3. Menyehatkan organ hati
Vitamin serta mineral yang terdapat dalam wortel mampu menjaga fungsi hati tetap sehat. Pembersihan hati dapat dilakukan dengan rutin meminum jus wortel karena vitamin A mampu membantu hati menghilangkan racun dalam tubuh.

4. Meningkatkan fungsi penglihatan
Hal ini sudah menjadi sesuatu yang dikenal luas oleh masyarakat. Manfaat wortel yang terkenal adalah mampu meningkatkan penglihatan. Vitamin A banyak terdapat di dalam wortel. Sementara jika kekurangan vitamin A dapat berakibat kebutaan. Fleksibilitas sel di dalam mata yang dapat menyesuaikan juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi wortel.

5. Meningkatkan penglihatan
Salah satu manfaat wortel yang paling terkenal adalah membantu meningkatkan kerja mata dalam proses penglihatan. Jika seseorang kurang dalam mengonsumsi vitamin A, maka efek yang ditimbulkan bisa sangat membahayakan seperti terjadi kebutaan. Kandungan gizi di dalam wortel juga mampu memperbaiki fleksibilitas sel di dalam mata, sehingga secara alami mata dapat menyesuaikan bila terjadi perubahan cahaya.

Manfaat Juice Wortel

Kandungan betakaroten yang ada di dalam wortel sangat dibutuhkan oleh mata. Senyawa ini mampu memperbaiki kesehatan mata karena kekurangan vitamin A. Dia mempunyai sifat antioksidan yang dapat mencegah katarak dan degenerasi macula yang terkadang diderita oleh manula.

Konsumsilah jus wortel secara teratur agar kesehatan mata dapat terjaga. Ambillah wortel secukupnya, lalu cuci bersih. Kupas kulitnya, lalu potong-potong dan campur dengan air, lalu blender. Saringlah ke dalam gelas. Bisa juga menambahkan gula agar rasanya manis. Minum setiap hari.

6. Untuk wanita hamil
Jus wortel juga baik dikonsumsi oleh wanita hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Susu ibu dan jus wortel yang dikombinasikan sangat baik jika diberikan pada bayi sebagai sumber vitamin A.

Baca juga: Suplemen Khusus Ibu Hamil

7. Menyehatkan kulit
Jus wortel baik untuk kesehatan kulit karena mengandung bahan-bahan yang sangat berkhasiat mencegah terbentuknya kerutan di kulit. Betakaroten yang berkhasiat sebagai antioksidan mampu mengurangi efek dari radiasi sinar matahari yang tidak baik jika terkena kulit. Jus wortel yang tanpa air dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, dipakai sebagai masker. Dapat pula digunakan untuk memulihkan kulit dari luka bakar dengan cara mengoleskannya pada luka bakar.

8. Mencegah hipertensi
Jus wortel yang telah disaring, lalu diminum secara teratur dalam tiga kali sehari, dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi. Diusahakan untuk rutin meminumnya tiga kali sehari.

9. Sebagai obat demam pada anak
Caranya, ambil sekitar 200 gram wortel. Setelah itu, blender wortel, lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Air hasil perasan tadi direbus, lalu diminum saat hangat. Bisa juga menambahkan gula.

10. Obat batuk
Cara pengolahannya sama seperti ketika membuat ramuan obat demam pada anak, namun untuk ramuan ini, hasil saringannya ditambahkan gula aren sedikit. Setelah itu, diaduk sampai rata. Diminum dua kali dalam sehari.

11. Mengobati nyeri haid
Nyeri haid banyak dialami oleh para wanita saat haid datang. Biasanya, rasa sakit itu muncul pada hari-hari pertama. Untuk meredakannya bisa menggunakan ramuan jus wortel. Minum jus wortel dua kali sehari. Jus wortel yang diminum tidak perlu diberi es batu.

12. Mengatasi sembelit
Jus wortel memiliki serat yang tinggi. Oleh karena itu, wortel juga dapat digunakan untuk mengobati sembelit. Minum dua kali sehari.

13. Menurunkan kadar kolesterol
Kandungan pektin di dalam wortel berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Kandungan kalium di dalamnya dapat menetralkan asam di dalam darah. Wortel juga mengandung pektin yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan seratnya yang tinggi juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya sulit buang air besar atau konstipasi. Kalium yang terdapat dalam wortel juga mampu membantu menetralkan asam dalam darah.

Demikianlah khasiat dan manfaat juice wortel bagi tubuh. Sangat banyak bukan? Harga wortel yang relatif murah dan cara membuatnya pun sangat gampang. Bisa diminum saat hawa panas sebagai minuman segar maupun sebagai minuman biasa. Tunggu apa lagi, mari biasakan minum jus wortel dan rasakan manfaatnya yang dahsyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *