Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

5 min read

Manfaat Membaca Surat Yasin

Manfaat Membaca Surat Yasin – Surat Yasin merupakan salah satu surat di dalam kitab suci Al Qur’an. Surat ini termasuk ke dalam golongan surat Makiyyah yaitu diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW di Mekah Al Mukaromah. Surat ini terdiri dari 83 ayat dan turun setelah Surat Jin.

Mengapa Dinamakan Surat Yasin?
Nama surat ini terdiri dari dua huruf arab yaitu Ya dan Sin. Penafsiran dari arti Yasin sendiri tak pernah dibahas bahkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Oleh karena itu, surat ini masih mengandung misteri dan hanya Allah SWT yang mengetahui arti Yasin yang sesungguhnya.

Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

Kandungan Arti dalam Surat Yasin
Dalam surat ini terkandung beberapa hal yang berkaitan dengan masalah keimanan, yaitu mengandung kisah antara lain :

  • Bukti-bukti tentang hari berbangkit
  • Adanya surga yang disediakan bagi orang beriman kepada Allah SWT.
  • Kesaksian anggota tubuh kita pada hari kiamat.
  • Utusan Nabi Isa as terhadap penduduk Anthakiyah.

Dalil-Dalil yang Mengungkap Keutamaan Surat Yasin
Surat ini merupakan surat yang mengandung berbagai macam keutamaan. Hal ini sesuai dengan beberapa hadist Rasulullah Muhammad SAW berikut :

Dalil-Dalil Keutamaan Surat Yasin – Riwayat dari Abu Dawud
Riwayat dari Abu Dawud bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

“Jantung Al Qur’an adalah surat Yasin, seseorang tidak akan membacanya dengan menghendaki keridhaan Allah SWT dan keselamatan di akhirat, melainkan Dia akan mengampuni dosanya.” (HR Abu Dawud).

Di sini dijelaskan oleh Rasulullah Muhammad SAW bahwa apabila kita menginginkan ampunan dari Allah SWT, salah satunya adalah dengan rutin membaca surat ini. Membaca dengan mengharap ridha dan ampunan dari Allah SWT semata.

Inilah mengapa di kalangan Ahlusunnah wal Jamaah, bacaan surat ini dijadikan sebagai kebiasaan setiap Kamis malam. Di samping untuk meminta ampunan dan ridha Allah SWT, membaca surat ini juga mengingatkan kita akan kehidupan setelah di dunia.

Baca Juga  Cara Mandi Besar (Junub) yang Baik dan Benar

Agar kita tidak terlena dan lupa akan hal-hal yang terjadi setelah selesainya tugas kita sebagai seorang khalifah di muka bumi ini. Kembali ke hadirat-Nya dan kembali ke bentuk asal kita dari tanah menuju ke tanah.

Baca juga: Ayat Kursi dan Maknanya

Dalil-Dalil Keutamaan Surat Yasin – Riwayat Lain

Manfaat Membaca Surat Yasin
Dalam riwayat lain Rasulullah Muhammad SAW bersabda :

“Barang siapa membaca surat Yasin, maka pahalanya sama dengan membaca Al Qur’an sepuluh kali, dan barang siapa membiasakan membaca surat Yasin siang dan malam sampai mati, maka Allah menggolongkan orang-orang yang mati sahid.”

Sungguh Rasulullah SAW telah mengisyaratkan kepada kita untuk gemar membaca Al Qur’an terutama surat ini agar kita menjadi hamba Allah yang berlimpah pahala dan barokah-Nya.

Fadhilah Membaca Surat Yasin
Telah disabdakan oleh Rasulullah Muhammad SAW bahwa surat Yasin sangat bermanfaat bagi yang membacanya dengan mengharap ridha Allah SWT. Berikut beberapa manfaat atau faedah yang telah banyak dibuktikan dengan berdo’a dan membaca surat ini.

Mengaburkan pandangan musuh
Apabila sedang bertempur di medan perang, atau sedang berhadapan dengan orang dzalim maka seringlah membaca surat Yasin. Dengan membaca surat ini maka kita akan dilindungi oleh Allah SWT dari semua musuh yang jahat dan ingin mencelakakakn diri kita. Percaya hanya kepada Allah dengan berdo’a sesuai apa yang dikehendaki-Nya akan membuat diri kita terlindung dari hal-hal jahat dan menyesatkan.

Memberikan rasa cinta kasih suami atau istri kepada kita.
Dengan sering membaca surat ini dikatakan sangat bermanfaat bagi tumbuhnya cinta kasih suami atau istri kepada kita. Anak-anak juga menjadi penurut dan sholeh/sholehah. Terutama menguatkan bacaan pada ayat ke 72 sebagai berikut :

“Wa dzallalnaahaa lahum faminha rokuubuhum wa minha ya’kuluun”

Artinya : “Dan kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; Maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan.”

Baca Juga  Doa yang Diutamakan oleh Allah SWT

Membuat kegembiraan di hati
Membaca surat ini bisa menggembirakan hati. Dikatakan bahwa apabila surat ini dibaca pada waktu pagi maka akan terasa gembira di hati sampai sore. Apabila dibaca di waktu sore maka akan membawa kegembiraan di hati sampai waktu pagi. Subhanallah.

Membuat keinginan terkabul
Membaca surat Yasin dengan hanya mengharap ridha Allah SWT akan membuat keinginan kita dikabulkan oleh-Nya. Setelah membaca surat ini sebanyak 40 kali lalu berdo’a sungguh-sungguh kepada Allah SWT :

“Yaa man qoola li syai-in kun fayakuun.”

Artinya : “Wahai dzat yang berkata pada sesuatu cukup dengan “Kun Fayakuun” (jadilah kamu maka jadilah ia).”

Kemudian menyertai dengan do’a atas keinginan yang ingin dicapai dengan mengharapkan dikabulkan oleh Allah SWT.

Bekal menghadapi penguasa dan orang yang dzalim kepada kita.
Apabila kita akan berangkat menghadapi urusan yang tergolong rumit, berhadapan dengan penguasa dzalim, dan orang-orang yang jahat maka membaca surat Yasin adalah salah satu solusi terbaik. Setelah membaca surat ini kemudian berdo’a kepada Allah SWT :

“Bismillaahirrohmanirohiim. Bismillahiladzii laa ilaaha ilaa huwal hayyul qoyyuumu. Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa dzul jalaali wal ikroomi. Bismillaahi ladzii laa yadhurru ma’asmihii syai-un fil ardhi wa laa fis samaa-I wa huwas samii’ul aliim, Allahumma inni a’uudzubika min syarri.”

Artinya : “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dengan nama Allah Dzat tiada Tuhan melainkan Dia yang hidup kekal lagi berdiri sendiri. Dengan nama Allah Dzat yang tiada Tuhan melainkan Dia yang mempunyai Keagungan dan Kemuliaan. Dengan nama Allah Dzat yang tiada dapat memberi mudhorot bersama nama-Nya sesuatu yang ada di bumi dan langit. Dan Dia Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Wahai Tuhanku sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan…..(sebut nama orang yang dimaksudkan).”

Mengantar seseorang meninggal dunia dengan tenang.
Apabila ada seseorang yang sakit keras, hendaknya kita membaca surat Yasin. Hal ini diharapkan apabila orang tersebut memang ditakdirkan oleh Allah SWT untuk sembuh seperti sedia kala maka dia akan sembuh.

Baca Juga  Hati-Hati! Inilah 6 Perilaku Manusia Yang Dilaknat Dalam Islam

Tetapi kalau Allah SWT menakdirkan orang tersebut meninggal dunia maka dia akan meninggal dengan tenang. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang menyenangkan di alam kuburnya nanti.

Bacaan Tahlil yang Mengikuti Bacaan Surat Yasin
Pada kaum muslim anggota Ahlusunnah wal Jama’ah maka membaca surat Yasin dan tahlil telah menjadi kebiasaan. Mereka hanya mengharapkan ridha Allah SWT dengan membaca ayat-ayat-Nya. Bacaan tahlil tersebut terdiri atas :

Membaca Al Fatihah yang ditujukan untuk Rasulullah Muhammad SAW.

Membaca Al Fatihah yang ditujukan untuk para sahabat Rasul, keluarga beliau, para wali, syuhada’, orang-orang shaleh, penulis kitab yang ikhlas mengamalkan ilmunya, dan para malaikat. Terutama ditujukan kepada Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani, beliau adalah keturunan Ali bin Abu Tholib dan Fatimah binti Rasulullah yang mengembangkan kebiasaan Ahlusunnah wal Jama’ah.

Membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali.

Membaca surat Al Falaq sebanyak 3 kali.

Membaca surat An Naas sebanyak 3 kali

Membaca surat Al Fatihah dan dilanjutnkan dengan surat Al Baqarah ayat 1-5

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al Baqarah ayat 163.

Dilanjutkan dengan membaca surat Al Baqarah ayat 255 yang di dalamnya ada ayat Qursi.

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al Baqarah ayat 284-286

Dilanjutkan dengan membaca “Irhamnaa yaa arhamar raahimiin” sebanyak 7 kali.
Kemudian membaca surat Huud ayat 73
Kemudian membaca surat Al Ahzab ayat 33
Kemudian membaca surat Al Ahzab ayat 56
Kemudian membaca do’a berikut :
“Allahumma sholli afdholashsholaati’alaa as’adi makhluuqootika nuuril hudaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammaddin wa’alaa aali sayyidinaa Muhammaddin ‘adada ma’luumaatika wa midaada kalimaatika kullamaa dzakaro kadz dzaakiruuna wa ghofala’an dzikrikal ghoofiluun.”

Demikianlah sekilas paparan tentang Manfaat Membaca Surat Yasin dan keutamaannya. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *