New Year, New Hope and New Income Lewat Internet

5 min read

bisnis online

Melihat tingginya angka pengguna internet, tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang banting setir pada usaha online. Selain memberi peluang yang lebih besar, nyatanya bidang usaha yang luas ini bisa jadi resolusi di tahun baru. Anda tertarik? Coba cek tips memulai bisnis berikut.

Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Pemula Yang Ingin Mencoba Peluang Baru

1. Mengerti Akan Bisnis Online Yang Benar

Sebelum terjun langsung ke dalam bidang usaha yang satu ini, setidaknya Anda harus paham akan bisnis online itu sendiri. Secara harfiah, bidang usaha ini pasti akan menggunakan media daring. Baik itu untuk transaksi, promosi, hingga pendataan dan lainnya. Namun yang paling penting dalam tahap awal ini adalah mengerti mindset bisnis daring.

bisnis online

Perlu Anda ketahui bahwa fondasi pikir ini adalah dasar untuk memulai usaha. Secara garis besar, rezeki setiap orang sudah diatur. Sehingga, kegagalan, untung, dan rugi itu sudah wajar. Selain itu, hanya karena bisnis online melejit akhir akhir ini, bukan berarti Anda bisa cepat kaya dengan ikutan masuk dalam dunia yang sama.

Tanamkan ide bahwa setiap pekerjaan dan bisnis pasti akan ada proses. Mereka yang menjadi jutawan pasti juga memulai karir atau bisnis dari nol dengan kegigihan, teknik, dan risiko yang harus ditanggung. Untuk itu, pilihlah partner yang baik. Baik itu hosting Indonesia, supplier, karyawan, hingga pada aspek produk dan pemasaran bisnis yang dijalankan.

2. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar mencakup banyak sekali sub-tahap yang mestinya dilakukan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yang dihadapi pasar. Disini, Anda bisa berfokus pada masalah yang dihadapi konsumen di dunia modern ini. Anda juga perlu menentukan target pasar produk atau jasa yang dirintis sebagai salah satu masalah utama.

Riset Pasar

Selain masalah, Anda juga harus pintar memilih opportunity atau kesempatan bisnis. Jika menemukan suatu produk tidak tersedia di kota Anda, maka hal tersebut bisa menjadi peluang usaha menarik. Namun, pastikan bahwa masalah dan kesempatan itu masih bisa Anda genggam. Dalam artian, Anda mampu untuk memberi solusi yang sesuai.

3. Menentukan Model Bisnis Yang Ingin Dilakukan

Seperti halnya pada usaha offline, ada banyak sekali peluang kerja yang bisa Anda pilih. Setiap rutenya memiliki pattern, tugas, dan prinsip yang berbeda. Karena itulah, Anda harus tahu market yang dituju terlebih dahulu. Barulah menentukan model bisnis yang akan dirintis. Salah satu contoh model bisnis tersebut adalah jualan online.

jualan online

Anda bisa membuat website dengan hosting murah, kemudian menawarkan produk sesuai pasar dan tujuan penjualan. Anda pun bisa melakukan penjualan jasa, konsultasi, hingga freelancing. Cukup banyak model bisnis lain yang bisa jadi pilihan, seperti membuka premium forum, menggunakan advertising, affiliate marketing, dan lain sebagainya.

Dalam usaha berbasis daring, ada perbedaan yang cukup signifikan dengan bisnis offline. Yakni mengecek dan mengikuti trend. Baik itu trend kata kunci untuk bisnis atau di media sosial. Mengikuti tren bisa menjadi satu cara untuk membuka suatu usaha. Dari sini, Anda bisa ikut bergabung pada suatu forum atau melakukan analisis kompetitor.

Tidak ada salah nya untuk mengunjungi kompetitor. Lakukan riset akan produk, tampilan, konsep, media sosial, dan segala macam hal yang mereka gunakan. Gunakan review dan juga hasil riset tersebut untuk Anda jadikan panduan harga, referensi, dan dorongan membuat model usaha yang lebih baik. Namun pastikan, Anda sanggup melakukan bisnis tersebut.

4. Persiapan Produk Dan Layanan

Sama halnya dengan model bisnis yang beragam, produk atau layanan yang dijual belikan pun sangat luas. Setidaknya ada tiga jenis produk yang bisa Anda pilih, yakni produk digital, fisik, atau jasa. Hosting Indonesia terpercaya bisa memberikan layanan yang sesuai dengan bisnis yang akan Anda rintis. Dengan begitu, Anda tidak akan bimbang dengan produk tersebut.

Seperti contohnya adalah membuka situs yang berfokus untuk mendukung bisnis desain grafis dan video. Pastikan hosting mampu memberi bantuan untuk menjalankan situs dengan lancar. Pasalnya, Anda akan menjual jasa pembuatan produk digital yang hadir dalam bentuk video dan gambar yang perlu kestabilan daya hosting.

Tidak hanya berkenaan dengan jenis produk, tapi juga cara mendapatkannya. Untuk jasa, Anda bisa saja membuat produk sendiri. Namun Anda juga bisa membeli produk dari pihak lain, yang kemudian dijual kembali. Bahkan, ada juga sistem dropship yang mana cocok untuk jual beli barang tanpa perlu stok dan mengambil produk tersebut.

5. Pembuatan Website Atau Laman Resmi

Landing page, situs, katalog, atau tempat Anda memasarkan produk haruslah jelas. Tujuan ini sangatlah krusial, karena Anda perlu tempat dimana bisa menjadi media berkomunikasi akan produk yang sedang ditawarkan. Anggap saja bahwa website ini merupakan etalase pada toko offline atau fisik. pengunjung akan melihat semua produk hingga informasi perusahaan.

website

Cukup banyak hosting murah namun tidak murahan yang bisa menjadi partner untuk memulai awal bisnis daring. Tidak hanya itu, Anda pun punya banyak pilihan dalam hal Marketplace, sosial media, blog, atau bahkan membuat toko online sendiri. Pilih saja salah satu yang sesuai dengan budget dan juga usaha yang akan dijalankan.

6. Melakukan Pemasaran

Website atau landing page yang sudah dibuat tidak akan menghasilkan apapun jika Anda tidak gencar melakukan pemasaran. Pada dasarnya pemasaran pada usaha bidang daring tidak hanya tentang produk saja, namun juga dengan website yang Anda jalankan. Di sinilah optimasi situs harus dilakukan.

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah dengan menggunakan google bisnisku. Pilihan ini memiliki fitur yang memudahkan toko fisik dapat tercantum dalam google map. Review pelanggan, foto kantor, bahkan website perusahaan pun bisa muncul. Selain itu, Optimasi SEO atau search engine optimization bisa mendatangkan traffic.

Anda pun bisa memaksimalkan penggunaan media sosial. Anggap saja bahwa medsos seperti Instagram, Facebook, bahkan sekedar WhatsApp pun adalah kanal marketing potensial. Hal tersebut karena masyarakat mulai aktif di jejaring sosial. Tapi pastikan kalau status atau feed yang diposting pun bermakna dan menarik perhatian pembeli.

7. Mempertahankan Pelanggan Setia

Hosting Indonesia yang terpercaya setidaknya akan memberi layanan stabil dalam kurun waktu panjang. Hal tersebut berkaitan dengan keberlangsungan situs yang dijalankan. Tapi Anda juga harus memberi pelayanan terbaik, melakukan email marketing, atau loyalty card, sehingga pelanggan lama tidak kabur dan senantiasa menambang customer loyal baru lainnya.

Sebenarnya, mindset seorang pebisnis haruslah selalu terbuka. Memiliki open mind adalah sebuah kunci, sehingga Anda bisa melakukan riset, menerima masukan, dan menjalankan bisnis dengan optimal. Selain itu, pastikan marketing dan hosting yang dipilih baik plus terpercaya. Jika Anda membutuhkan bantuan hosting, hubungi tim Qwords melalui situs resmi Qwords.com

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *