Pentingnya Membangun Aset Digital di New Normal bagi Pelaku Bisnis

3 min read

Pentingnya Membangun Aset Digital

Pentingnya Membangun Aset Digital – Karena saat ini zaman semakin modern, semua bisa dikatakan menjadi serba digital. Bahkan sekarang sudah ada aset yang berbentuk digital, yang mungkin kedepannya bisa melebihi aset nyata. Sehingga membangun aset digital dari sekarang menjadi hal yang penting. Aset digital ini sendiri banyak macamnya, misalnya B2B marketplace dan lain sebagainya.

Contoh Aset Digital

Aset digital bisa didefinisikan sebagai sebuah gambar, atau tulisan yang ada di dalam perangkat teknologi. Dimana aset ini dapat dilihat dalam bentuk format binary atau sistem berbasis digital. Aset digital atau digital aset ini adalah bentuk perkembangan dari konsep aset itu sendiri, yang mulanya hanya ada di dalam dunia riil kini juga ada di dunia cyber.

Kepemilikan dari digital aset akan dicatat dengan ketat, dan pencatatan tersebut juga dilakukan secara digital serta bisa dikendalikan langsung oleh pemiliknya. Contoh aset digital antara lain website, marketplace, dan sosial media. Platform platform ini bisa menjadi pilihan binary yang berbentuk aset digital, untuk dijalankan.

Misalnya membuka lapak di B2B marketplace atau business to business marketplace. Sebab marketplace adalah platform terpopuler bagi vendor bisnis dalam menjual produk. Marketplace sendiri adalah aplikasi web tempat dimana perusahaan pihak ketiga, bisa menjual layanan atau produknya kepada pelanggan.

Dengan menggunakan marketplace, suatu bisnis bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih besar hingga level supplier, distributor, ekspor dan impor. Untuk B2B biasanya jajaran kategori bisnisnya antara lain pengembangan web, perangkat lunak sebagai layanan, pemasok kebutuhan bisnis, agen pemasaran, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada B2C atau business to consumer, biasanya lebih melayani penjualan produk yang secara retail untuk individu. Karena keduanya bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih besar, adanya platform marketplace bisa menjadi aset yang penting. Yang mampu meningkatkan tingkat penjualan pada suatu produk atau layanan jasa.

Baca Juga  Delivery Nasi Tumpeng Premium di Jadetabek

Untuk website dan sosial media, fungsinya tidak terlalu jauh berbeda dari marketplace. Website serta sosial media ini ibarat wadah untuk melakukan digital marketing. Pemilik akun website atau media sosial tersebut harus memiliki isi konten yang sesuai, dengan tema atau bidang tertentu agar pesan bisa tersampaikan pada masyarakat.

Selain itu bentuk aset digital lainnya yaitu saham dan mata uang kripto. Untuk saham sendiri, selain bisa dilakukan dalam bentuk offline saat ini anda bisa mengajukan pembuatannya ke suatu sekuritas. Kemudian anda dapat melihat, memantau, top up, serta menjual saham melalui aplikasi sekuritas ini yang dilakukan dengan sistem online.

Kemudian mata uang kripto atau bitcoin, adalah kumpulan data elektronik yang ada di dalam sistem elektronik serta mempunyai nilai ekonomi. Anda bahkan bisa menggunakan bitcoin ini untuk bertransaksi layaknya mata uang pada umumnya. Maka dari itu mata uang kripto juga dapat dimasukkan dalam kategori aset digital.

Fungsi Adanya Aset Digital

Apabila anda telah mengenal aset digital, lantas apa pentingnya keberadaan aset ini ? Pada era new normal seperti saat ini dimana semua orang menggunakan internet, maka keberadaan B2B marketplace sebagai aset digital sangat penting. Dari platform tersebut para pebisnis bisa melengkapi kebutuhan bisnisnya serta mendapatkan keuntungan.

Oleh sebab itu marketplace disebut sebut sebagai aset digital, termasuk juga website dan sosial media yang digunakan untuk melakukan digital marketing. Selain itu aset digital ini bisa dibilang sebagai pasif income. Pasif income merupakan pendapat yang diperoleh atas kegiatan ekonomi dimana seseorang tidak perlu aktif dalam kegiatan tersebut.

Contohnya kembali lagi pada marketplace, dengan membuka lapak di sana maka anda bisa dikatakan tidak melakukan kegiatan aktif sebab konsumen lah yang lebih tepatnya mencari kebutuhannya di marketplace tersebut. Dengan kata lain anda mendapatkan pasif income dari marketplace yang berisi direktori bisnis tersebut.

Baca Juga  Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing Terbaik

Untuk aset digital yang berbentuk saham dan bitcoin, anda bisa mewariskannya pada anggota keluarga. Secara tidak langsung aset digital ini bisa disebut sebagai investasi masa depan. Bahkan tidak hanya saham dan bitcoin saja, website, marketplace, dan sosial media tersebut juga bisa dijadikan sebagai investasi masa depan.

Misalnya saat ini anda merintis usaha di sebuah marketplace, website, atau sosial media. Anda membangunnya dengan sedemikian rupa dari sana hingga nama usaha tersebut terkenal. Tentunya orang orang akan kembali pada marketplace, website, atau sosial media yang sama untuk mencari usaha atau bisnis yang anda kembangkan tersebut.

Dengan begitu, bisnis tersebut bisa menjadi investasi masa depan. Dan di kemudian hari bisa anda wariskan ke keluarga. Apabila sudah menjadi pemilik sebuah usaha saat ini, maka menggunakan online B2B akan mempermudah serta memperlancar bisnis tersebut. Adanya fitur direktori bisnis pada sistem tersebut, menjadi solusi mudah dan tepat untuk anda.

Salah satu marketplace yang terkenal baik di kalangan B2B dan B2C yaitu Indonetwork. Indonetwork adalah portal bisnis UKM terbesar di Indonesia, yang bisa menjangkau banyak kalangan. Promosikan produk serta jasa anda di Indonetwork.co.id, sebab dengan platform ini anda tidak perlu susah dalam mencari serta menjual barang yang diperlukan oleh perusahaan atau individu.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *