Ketika bayi Anda batuk, ingat, ibu tidak disarankan untuk memberikan obat sembarangan, misalnya dengan membelinya di warung – warung. Hal ini dikarenakan tidak semua obat batuk aman untuk bayi. Salah dalam memberikan obat batuk justru beresiko menyebabkan efek samping pada bayi. Untuk itu, melalui artikel ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi obat batuk bayi yang tidak hanya aman untuk si kecil, tetapi juga ampuh. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Obat Batuk Bayi yang Aman dan Ampuh

Batuk adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan beberapa kotoran, kuman dan virus dari saluran pernapasan. Oleh karenanya, batuk pada bayi sebenarnya bukan kondisi medis yang berbahaya. Meski demikian, ketika bayi batuk, ia pastinya akan menjadi lebih rewel dan sulit untuk istirahat seperti biasa. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak orangtua merasa khawatir dan ingin segera meredakan batuk pada bayinya. Berikut kami rekomendasikan obat batuk bayi yang aman dan ampuh bisa Anda pilih.

ASI
Obat batuk aman untuk bayi pertama adalah ASI. Di dalam ASI terkandung zat pembentuk imunitas tubuh yang bisa memperkuat daya tahan tubuh bayi dalam melawan infeksi. Selain itu, ASI juga mampu mengencerkan dahak dan membuat tenggorokan lebih lega. Oleh karenanya, saat mendapati bayi Anda sakit batuk, sebaiknya Anda lebih sering memberikan ASI.

Teteskan Cairan Saline
Apa itu cairan saline? Ini adalah jenis obat tetes hidung untuk bayi yang dibuat dari larutan air garam yang disterilkan. Cairan saline berfungsi untuk mengeluarkan dahak atau lendir di hidung dan juga tenggorokan bayi. Anda bisa mendapatkan cairan saline dengan mudah di apotik – apotik terdekat.

Baca Juga  Mengatasi Batuk Pada Anak Balita Secara Alami

Cara menggunakan cairan saline saat bayi batuk mudah sekali, yaitu dengan memposisikan kepala bayi sedikit mendongak ke atas, lalu meneteskan larutan tersebut sebanyak 2 – 3 ke rongga hidung dengan bantuan pipet biar lebih mudah. Diamkan kurang lebih sekitar 30 detik, setelah itu bersihkan hidung bayi Anda.

Berikan Uap Hangat
Uap hangat memiliki fungsi utama yaitu mengencerkan dahak dan membantu bayi bernapas lebih lega. Oleh karenanya, Anda bisa membuat uap dengan air hangat agar bisa dihirup si kecil. Adapun cara lainnya, yaitu dengan memandikan bayi Anda dengan air hangat, atau bisa pula dengan menggunakan pelembab udara atau pun humidifier. Ketika menggunakan uang air hangat, pastikan suhu uapnya tidak terlalu panas, yaitu sekitar 37.2 – 38 derajat celcius.

Memberikan Minuman Hangat
Saat usia bayi Anda sudah 6 bulan, Anda bisa memberikannya air putih hangat. Tetapi juga harus diingat, Anda tidak disarankan untuk memberikan air putih hangat yang dicampur madu. Pasalnya, di dalam madu terdapat kandungan yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi yang usianya kurang dari 1 tahun.

Anakonidin Syrup
Obat batuk bayi yang recommended dan aman lainnya adalah Anakonidin Syrup. Ini adalah jenis obat batuk pada bayi yang juga dapat meredakan demam, sakit kepala, alergi dan hidung tersumbat. Anakonidin Syrup akan membantu mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan bersamaan dengan batuk. Anakonidin Syrup juga bisa melegakan hidung tersumbat, sebagai anti alergi dan anti tussif.

Anatuk
Ini adalah jenis obat batuk herbal untuk bayi yang dibuat dari beberapa bahan dasar madu murni dan bahan herbal lainnya. Jadi, tidak heran jika Anatuk kerap difungsikan untuk mengatasi batuk pada bayi dan balita. Untuk dosisnya sendiri, Anda bisa memberikan obat batuk tersebut 1 – 2 sendok the di setiap 3 kali sehari pada si kecil.

Baca Juga  Inspirasi Nama Bayi Kombinasi Islam & Modern, untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Mucos Drop
Ini adalah obat sakit batuk bayi yang digunakan untuk mengatasi penyakit – penyakit pada bagian saluran pernapasan, dimana terjadinya banyak lendir atau pun dahak. Pasalnya, di dalam Mucos Drop terkandung ambroxol yang berfungsi mengencerkan dahak. Berikan obat batuk tersebut pada si kecil dengan dosis 0.5 mill di setiap 2 kali sehari. Mucos Drop dijual di apotik – apotik tanpa resep dokter dengan harga mulai dari Rp 22 ribu per 60 mill.
Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang obat batuk bayi yang aman dan ampuh. Semoga bermanfaat.