Menjadi ibu baru bukan perkara mudah. Bagaimana tidak, Anda pastinya sering merasa khawatir saat pertama kalinya menggendong bayi. Tenang, pasalnya melalui artikel ini kami akan membagikan cara menggendong bayi sesuai usia dengan benar, yang pastinya penting sekali untuk Anda tahu. Dengan begitu, menggendong bayi menjadi hal yang menyenangkan, lho.

Pentingnya Mengetahui Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia

Tak hanya memberikan banyak manfaat bagi bayi, menggendong bayi ternyata juga memberi manfaat pula bagi orang tuanya. Dengan menggendong bayi maka akan membantu membuat bayi lebih tenang dan nyaman. Kegiatan tersebut bahkan bisa membangun ikatan antara buah hati dan orang tua. Tetapi, pada kenyataannya, menggendong bayi tidak bisa dilakukan sembarangan, ada tata cara yang harus Anda tahu. Mari simak cara menggendong bayi sesuai usianya berikut ini.

Bayi Usia 0 – 2 Bulan
Bayi dengan rentang usia 0 – 2 bulan pastinya belum cukup mampu menopang kepalanya secara mandiri. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara menggendong bayi dengan benar, misalnya dengan selalu menopang kepala dan leher bayi di setiap kali menggendongnya. Namun biar gampangnya. Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Menggendong Bayi Usia 0 – 2 Bulan

Pertama, silakan Anda bungkukkan badan, lalu selipkan satu tanganmu diantara kepala dan leher bayi. Untuk tangan lainnya bisa digunakan untuk menopang bagian punggung dan bokong bayi. Jika sudah, angkat lalu letakkan bayi di dada. Kemudian secara perlahan Anda bisa mengubah posisi menggendong

Selain itu, Anda juga perlu menopang bagian leher, punggung dan kepala bayi menggunakan satu lengan. Letakkan tangan Anda yang lain untuk menopang bagian kepala bayi Anda

Alternatif lainnya adalah menggendong bayi dengan posisi tegak. Caranya mudah dan sederhana sekali, Anda bisa mengangkat tubuh bayi dengan hati – hati dan perlahan, lalu meletakkan di bagian bahu dengan posisi tengkurap.

Baca Juga  Mengatasi Batuk Pada Anak Balita Secara Alami

Jika sudah, gunakan satu tanganmu untuk menopang bagian kepala bayi. Untuk tangan lainnya bisa digunakan untuk menopang tubuh bagian bawah.

Namun demikian, apabila bayi Anda ternyata lahir secara premature, maka Anda bisa menggunakan metode perawatan kangkuru atau yang biasanya dikenal dengan sebutan, kangaroo mother care atau KMC. Caranya adalah Anda bisa mulai membaringkan bayi di atas dada, minimal 60 menit sehari, jika sudah selimuti tubuh bayi Anda. Ketika Anda akan melakukan cara tersebut, pastikan bayimu hanya menggunakan popok dan penutup kepala.

Bayi Usia 3 – 4 Bulan
Tentu saja cara menggendong bayi di usia 0 – 2 bulan di atas tidak bisa diterapkan ketika bayi Anda sudah berusia 3 – 4 bulan. Pasanya, di usia tersebut biasanya bayi sudah mulai bisa mengangkat kepalanya secara mandiri.

menggendong Bayi Usia 3 – 4 Bulan

Sesekali Anda bisa mencoba cara menggendong bayi dengan posisi duduk menghadap ke depan. Namun demikian, pastikan Anda tetap membantu menjaga posisi kepalanya dengan tangan biar lebih aman.

Bayi Usia 5 – 6 Bulan
Di usia 5 – 6 bulanan, bayi biasanya sudah mulai bisa menopang kepalanya dengan sangat baik. Oleh karenanya, Anda bisa menggendongnya dengan posisi duduk menghadap ke bagian depan. Silakan gendong bayi Anda dengan cara menyandarkan badan ke bagian bahu. Hal ini ternyata juga berguna untuk merangsang kemampuan bayi Anda agar semakin kuat ketika mengangkat kepalanya secara mandiri.

Di usia 5 – 6 bulan ini Anda juga bisa mulai menggunakan gendongan bayi atau baby carrier. Adapun cara lain yang bisa digunakan adalah menggendong bayi Anda dengan posisi kaki melingkar di bagian pinggan Anda, kemudian topang dengan menggunakan satu tangan saja. Meskipun bayi Anda sudah mulai bisa menopang bagian kepalanya sendiri, tetapi Anda tetap disarankan untuk menjaga posisi kepalanya saat berada digendongan.

Baca Juga  Cara Mudah Menghilangkan Cacing Kremi pada Anak

Bayi Usia 7 Bulan ke Atas
Lalu, bagaimana cara menggendong bayi usia 7 bulan ke atas? Gampang banget, sebab bayi yang berusia 7 bulan ke atas ini sudah mampu mengangkat kepalanya dengan sangat baik. Selain itu, bayi di usia tersebut juga bisa mengangkat bagian bahunya. Di usia ini pula bayi juga sudah bisa menahan kakinya pada saat digendong dengan tubuh yang tegak.

Namun demikian, biar amannya, Anda tetap dianjurkan untuk mengenakan masker pada saat menggendong bayi, atau melakukan KMC. Tetapi, bayi Anda tidak perlu dikenakan masker, ya. Ini berguna untuk mencegahnya mengalami gangguan pada pernapasan.

Bagi para ibu baru, urusan menggendong bayi di awal – awalnya memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Tetapi, apabila dilakukan dengan sangat hati – hati dan dibiasakan, menggendong bayi sebenarnya merupakan hal mudah dan sangat menyenangkan pastinya. Tetapi, jika Anda masih ragu maka Anda bisa berkonsultasi ke dokter mengenai cara tepat menggendong bayi sesuai usia dan kondisinya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pentingnya mengetahui cara menggendong bayi sesuai usia. Semoga bermanfaat.