Pengobatan Sederhana untuk Penyembuhan Pilek di Rumah

3 min read

Pengobatan Pilek

Pengobatan Pilek – Bersin-bersin, hidung beringus, suara parau, kepala terasa berat dan makan serasa tak enak, tak lain tak bukan pilek sedang ‘menyapa’ kita. Ya, penyakit yang satu ini memang cukup familiar dengan kehidupan kita. Semenjak bayi pun penyakit ini kerapkali menghampiri tanpa diundang. Penyakit ini memang terdengar remeh alias enteng dibanding penyakit berat lainnya.

Namun, kehadirannya hampir dipastikan sangat mengganggu segala aktivitas tubuh. Pilek atau flu sendiri sebenarnya sebuah peringatan yang dihasilkan otomatis oleh tubuh saat dalam keadaan ‘bahaya’. Keadaan ‘bahaya’ dalam artian tubuh mendeteksi adanya organisme lain yang berdampak buruk bagi imunitas tubuh.

Virusnya pun dapat bermacam-macam tergantung jenis pilek atau flunya. Pada penyakit influenza yang berperan menyebarkan penyakit adalah virus RNA. Virus ini akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan kondisi lingkungan.

Perkembangan virus ini bisa menjadi virus H5N1 (yang biasa disebut virus Flu Burung) atau virus H3N2 (yang biasa disebut virus Flu Hongkong), dan masih banyak lagi modifikasi jenis virus ini. Virus influenza ditengarai sebagai penyebab penyakit pilek saat tubuh dalam keadaan tidak fit.

Virus ini memang tidak bisa mati. Dia hanya dapat dilumpuhkan sementara saat tubuh mulai memperbaiki imunitasnya. Namun, virus ini akan kembali merajalela saat tubuh terasa lelah atau imun tubuh sedang berkurang. Oleh sebab itu, perbaikan sistem imun tubuh lebih utama untuk kembali sehat.

Tidak perlu bantuan obat-obatan antibiotik untuk mengatasinya, sebab pemberian antiobiotik justru akan membunuh bakteri-bakteri baik yang sesungguhnya bermanfaat bagi tubuh. Pemberian antibiotik pada penderita pilek tidak terlalu banyak membantu.

Konsumsi obat-obatan antibiotik sebaiknya juga harus digunakan untuk penyembuhan penyakit-penyakit yang tepat. Bahkan disarankan lebih banyak minum vitamin C kala untuk menguatkan sistem imun tubuh. Nah, untuk mengobati penyakit ini bisa dilakukan sesegera mungkin di rumah sendiri. Beberapa langkah awal yang sederhana dapat dilakukan jika mulai merasakan gejala-gejala pilek.

Baca Juga  Kemegahan Masjid Kubah Emas Yang Mendunia

Pengobatan Sedehana untuk Penyembuhan Pilek di Rumah

Berikut ini beberapa pengobatan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menyembuhkan pilek.

  1. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.
  2. Jaga suhu tubuh agar tidak mengalami kedinginan dengan memakai baju yang lebih hangat.
  3. Konsumsi minum-minuman hangat yang mengandung rempah, seperti jahe hangat.
  4. Bagi ibu hamil, hindari minum obat-obatan pengusir pilek. Cukup lakukan terapi makan buah dan minum jahe hangat segera agar tidak sampai berlanjut sakitnya. Menurut penelitian, ibu hamil yang mengalami flu selama kehamilan terutama di trimester pertama dapat mengalami gangguan pada janin atau cacat pada janin. So, Ibu hamil perlu berhati-hati sekali dalam menjaga kondisi tubuh.
  5. Makanlah makanan bergizi seperti sup ayam untuk meredakan rasa tak nyaman selama flu. Kandungan gizi dalam semangkuk sup ayam sangat baik bagi penderita pilek. Aneka sayuran sarat gizi dapat membantu memulihkan stamina tubuh. Sedangkan kaldu ayam dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernafasan.
  6. Jika hidung buntuk pada anak, siapkan seember air panas yang sudah diberi minyak kayu putih. Letakkan di dalam kamar. Uap air panas yang dihasilkan mampu meningkatkan kelembaban udara kamar. Selain itu, juga dapat membantu melonggarkan hidung yang tersumbat oleh lendir. Cara ini mampu membantu mengatasi bayi atau balita yang menjadi lebih rewel dan berkurang waktu tidurnya akibat hidung tersumbat.
  7. Jika disertai gejala panas sebaiknya minum obat penurun panas seperti paracetamol.
  8. Bijaklah dalam mengonsumsi antibiotik. Gunakan dengan tepat dan seperlunya.
  9. Perbanyak asupan cairan selama sakit. Tak harus air putih saja, minum jus juga baik bagi kesehatan.
  10. Istirahatlah yang cukup untuk memberi kesempatan pada tubuh memperbaiki sistem-sistem imunnya.
  11. Jika sakit flu memiliki tanda-tanda yang tak biasa, atau sudah lebih dari 1 minggu segera periksa ke dokter. Bisa jadi yang menyerang kita bukan virus influenza tapi virus flu lainnya.
Baca Juga  Mengatasi Batuk Pada Anak Balita Secara Alami

Meski dirasa sebuah penyakit ringan, penyakit ini juga tidak cukup mudah menyembuhkannya. Proses penyembuhan sangat bergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Semakin cepat tubuh kita memperbaiki diri, maka semakin cepat pula pilek berlalu dari tubuh kita.

Semoga ulasan diatas bermanfaat ya sobat.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *