5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis

3 min read

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Penyebab Baterai HP Cepat Habis – Baterai merupakan sumber daya penting bagi banyak piranti portabel seperti hp. Agar dipakai berulang-kali, tipe baterei yang dipakai oleh perangkat ini ialah yang bisa diisi lagi. Beberapa baterei hp model lama bisa dicabut serta diganti jika sudah rusak. Sedangkan sekarang banyak smartphone yang telah mengadopsi feature baterei yang tidak bisa dilepas (non-removable).

Biarpun sebuah hp punya ukuran baterei yang besar (dihitung dalam mAh), belum tentu ketahanan baterainya bagus. Ada banyak pemicu baterai hp cepat habis, intinya dikarenakan oleh beberapa feature atau aplikasi ponsel yang terus berjalan di belakang layar atau tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Di bawah ini adalah beberapa pemicu baterei ponsel cepat habis lengkap dengan bagaimana menanggulanginya supaya daya baterei lebih baik.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

1. Tingkat Kecerahan Layar Sangat Tinggi

Saat ada di luar ruang yang cerah, terkadang kita harus meningkatkan tingkat kecerahan layar ponsel kita. Fungsinya tidak lain supaya kita bisa membaca layar dengan gampang. Nyatanya ini merupakan satu diantara pemicu utama kenapa daya baterei lebih cepat terkuras.

Untuk meminimalkan ini, segera mengatur kembali tingkat kecerahan ponsel kita serendah mungkin (cukup untuk bisa membaca monitor di ruangan) setelah kegiatan di luar ruangan usai. Jika tidak mau repot mengatur-atur, pakai saja feature kecerahan monitor automatis yang akan berubah sesuai dengan keadaan pencahayaan di sekelilingnya.

Langkah lain yang dapat dilakukan untuk menghemat daya baterei ialah dengan segera mematikan layar ponsel setelah berhenti memakainya.

2. Pemindai WiFi Terus Bekerja

Biasanya tiap ponsel pintar telah diberi dengan feature WiFi agar tersambung ke jaringan nirkabel. Cukup hanya mengaktifkan tombol WiFi di menu pengaturan jaringan, hp kita akan bekerja mencari signal WiFi yang ada. Tersambung dengan jaringan WiFi ialah satu langkah untuk menghemat paket data kita.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Susu Kacang Kedelai

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Bila nyatanya tidak ada signal WiFi yang ditemukan serta kita biarkan pemindai WiFi terus bekerja, maka bukan mustahil baterei hp kita jadi cepat habis. Oleh karenanya, segera matikan pemindai WiFi bila kita tidak menemukan signal WiFi yang bisa dipakai.

3. GPS Aktif Sepanjang Hari

GPS yang terus menerus aktif dapat juga menjadi satu diantara pemicu baterei ponsel cepat habis. Bila feature ini tidak dimatikan, sistem selalu bekerja mencari tempat dimana kita berada (waktu tersambung ke internet). Feature ini sangat bermanfaat buat sebagian pemakai sehingga diaktifkan terus selama seharian.

Beberapa aplikasi memerlukan GPS agar bisa bekerja, seperti Google Maps saat kita akan mencari sebuah tempat. Bila ini tidak sedang diperlukan, pastikan untuk mematikan GPS serta tutup aplikasi itu.

4. Aplikasi yang Terus Berjalan di Belakang Layar

Pemicu baterei ponsel cepat habis yang lain ialah terdapatnya aplikasi-aplikasi yang terus berjalan di belakang layar tanpa ada sepengetahuan kita. Tidak semua aplikasi yang sudah selesai kita pakai dan tutup akan berhenti begitu saja. Beberapa salah satunya ada yang terus melakukan aktivitas di latar belakang untuk tujuan-tujuan khusus.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi

Kita bisa tahu aplikasi mana saja yang memakai daya baterei terbanyak dengan pergi ke pengaturan baterei (ada di Android serta iOS). Disana ada info yang memperlihatkan aplikasi-aplikasi yang berjalan lengkap dengan besaran daya baterei yang sudah mereka mengonsumsi.

Supaya baterei jadi lebih awet, kita dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi tidak penting yang bekerja di belakang layar. Bila hp-mu punya feature optimasi bawaan, kamu bisa memakai hal itu untuk mengoptimalkan daya baterei.

Baca Juga  9 Tips Agar Genset Anda Bekerja Optimal

5. Terlalu berlebih Memakai Aplikasi serta Aktivitas yang Menguras Baterei

Beberapa aplikasi hiburan seperti video serta music streaming bisa sangat menguras daya baterei bila dipakai terlalu berlebih. Begitu halnya bermain game-game bergrafis berat, bila kita kelamaan memakainya, maka baterei ponsel kita dapat cepat terkuras. Sedangkan contoh kegiatan yang bisa menguras lumayan banyak baterei bila digunakan terlalu berlebih ialah tethering.

Jadi, bagaimana caranya supaya baterei ponsel kita lebih hemat? Contohnya, bila ingin membaca sebuah berita atau mencari informasi, kamu bisa membaca daripada melihat video, hindari bermain game untuk jangka waktu yang lama, sebab tidak hanya bisa menguras daya cukup cepat, hal tersebut dapat membuat masa pakai baterei lebih cepat menurun.

Itulah beberapa pemicu baterei hp atau smartphone cepat habis plus langkah menanganinya. Masalah di atas terjadi berbeda-beda di setiap pemakai hp, jadi kecil kemungkinan semua terjadi bersamaan dalam satu perangkat.

Bila masalah-masalah di atas telah diperbaiki tetapi baterei ponsel tetap boros, jalan keluar terbaik ialah dengan mengganti hp dengan unit baru. Dibanding harus mengeluarkan banyak ongkos untuk perbaikan berkepanjangan, bukankah membeli yang baru dapat lebih baik serta hemat?

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *