7 Cara Ngecas HP yang Benar Agar Baterai Tahan Lama

3 min read

cara ngecas hp yang benar

Cara Ngecas HP yang Benar – Baterei merupakan elemen yang penting pada HP. Cukup banyak kasus HP bermasalah seperti meledak yang dikarenakan oleh baterei. Baterei jadi penting sebab sebagai tulang punggung nyala tidaknya smartphone. Karenanya, seringkali kebanyakan dari Anda bila ingin membeli HP, aspek kapasitas baterei menjadi satu diantara hal penting yang jadi perhatian.

Karenanya , banyak orang ingin memilih HP dengan baterei berkapasitas besar. Belakangan, orang atau sejumlah besar dari Anda ingin cari HP yang telah mendukung teknologi fast charging. Maksudnya untuk memperoleh HP dengan kualitas baterei yang awet. Walau sebenarnya, baterei pada HP bukan masalah kapasitas serta teknologi fast charging.

7 Cara Ngecas HP yang Benar

Hal yang fundamental dari sebuah baterei awet tidaknya ialah soal cara mengisi daya. Bahasa populernya ngecas. Sebesar apa saja kemampuan baterei yang Anda pakai pada HP, bila keliru dalam pemakaian serta proses isi daya, maka potensi baterei itu akan berkurang dan tetap saja jadi boros.

Maka, penting untuk Anda ketahui mengenai cara ngecas HP yang benar. Maksudnya tentu supaya baterei HP Anda tetap awet serta kapasitasnya tidak cepat drop. Lalu, bagaimana sebetulnya langkah mengisi daya hp secara benar? Berikut penjelasannya.

1. Memakai Charger Asli

Pemakaian charger asli merupakan hal terbaik untuk ngecas HP. Charger asli atau bawaan telah ditata sedemikian rupa supaya bisa mengisi baterei HP secara baik. Ini seringkali diacuhkan oleh orang, ditambah lagi saat tidak sedang bawa charger sehingga pinjam charger orang lain.

Sebetulnya, pemakaian charger lain pada HP tidak begitu buruk. Namun charger USB yang Anda pakai akan memiliki kapasitas yang berbeda, terutama terkait arus ampere. Ada charger yang memiliki arus 2A serta ada pula yang 1A. Pasti ini akan membuat proses ngecas jadi berbeda, ditambah lagi bila HP Anda mengizinkan arus 2A.

Baca Juga  5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Baca juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Goresan Pada Layar HP

Yang paling aman tetap memakai charger asli. Masalahnya cukup banyak charger yang memiliki kualitas jelek yang dapat menyebabkan fatal pada baterei hp. Bila memang lupa bawa charger bawaan serta pinjam charger orang, lihat kualitas charger itu dengan cek voltase dan ampere dibagian kepala charger.

2. Mengisi Tidak Sampai 100%

Banyak orang yang salah kaprah mengenai pengisian penuh. Ada yang menjelaskan bila baterei tidak terisi penuh dan langsung dicabut, maka hal itu akan menurunkan kapasitas baterei. Walau sebenarnya ngecas HP yang paling baik justru bukan saat penuh atau 100% tapi kurang lebih 80% saja.

cara cas baterai smartphone

Jadi, buat Anda yang seringkali main cabut saat HP Anda baru diisi sampai 80% sampai 90% tidak perlu cemas baterei cepat rusak. Malah seringkali mengisi daya terlalu penuh pada beberapa smartphone mempunyai potensi mengurangi usia baterei.

3. Ngecas Sebelum Benar-Benar Habis

Cara ngecas HP yang baik seterusnya ialah mengecas HP saat daya HP tidak betul-betul habis. Berarti, saat daya baterei masih kisaran 30% sampai 40%, itu waktu yang pas untuk mengisi daya HP.

Jangan tunggu daya baterei sampai habis alias 0% untuk ngecas . Seringkali melakukan ini malah akan membuat usia baterei berkurang. Minimum daya waktu ngecas seharusnya sekitar 20%. Sering ngecas saat baterei 15% ke bawah malah kurang bagus untuk keberlangsungan baterei.

4. Mematikan Hp waktu Ngecas

Salah satu langkah terbaik untuk ngecas HP ialah dengan mematikan HP tersebut . Memang tidak salah saat ngecas dalam kondisi HP menyala. Namun akan lebih baik ngecas HP dalam kondisi HP mati.

Baca Juga  10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Es Batu

5. Turunkan Kontras Layar HP

Bila Anda ngecas HP dalam kondisi menyala, sebaiknya kontras layar HP tidak tinggi. Kenapa? Sebab kontras layar ialah aspek terpenting yang membuat baterei HP lebih cepat habis saat dipakai. Karenanya, supaya proses ngecas berjalan secara baik, sebaiknya turunkan kontras layar HP.

6. Ngecas HP di Pagi Hari

Banyak orang yang melakukan pengisian daya baterei HP waktu malam hari. Umumnya agar ditinggal tidur dan waktu bangun, daya HP telah terisi penuh. Bila ini terjadi pada jaman dahulu maka dapat dikatakan cukup beresiko sebab HP jaman dahulu jika telah terisi penuh harus segera dicabut dari arus listrik untuk kesehatan baterei.

cara cas baterai smartphone

HP modern sudah memiliki pemutus arus automatis saat daya baterei telah terisi penuh. Jadi banyak orang yang sudah tidak begitu cemas meninggalkan HP dalam keadaan cas saat tidur. Tetapi perlu untuk diketahui, walau dibolehkan ngecas HP samalaman, ngecas yang baik justru waktu pagi sebelum pergi kerja atau berkativitas.

7. Gunakan Baterei HP Original

Bila baterei HP Anda sudah drop, sebaiknya Anda mengganti baterei yang orisinal atau bawaan. Pemakaian baterei selain original memiliki kekuatan jelek pada HP. Bisa saja waktu dicas, baterei HP yang bukan bawaannya justru lebih lama pengisian dayanya dibandingkan baterei bawaan. Karena itu upayakan supaya baterei HP selalu original serta jangan abal-abal.

Demikian pemaparan mengenai 7 cara ngecas HP yang benar. Lakukan 7 cara itu supaya baterei HP Anda lebih awet serta tahan lama.

lisa puspita
  1. Mujaini says:

    Dengan ngecas cara yang benar maka baterai kita akan awet tahan lama

    1. lisa puspita says:

      iya gan, banyak dari kita ngecas belum penuh namun sudah dicabut saja, itu salah satu yang membuat tidak awetnya baterai kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *