Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya

2 min read

Penyebab Gusi Berdarah

Penyebab Gusi Berdarah – Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya gusi mengeluarkan darah saat menyikat gigi. Namun, apakah itu yang dimaksud sebagai Penyakit Gusi Berdarah? Lantas bagaimana cara mengobati Gusi Berdarah itu?

Gusi adalah salah satu komponen paling penting dari gigi kita. Gusi atau gingiva ini terdiri atas jaringan mocusa yang menutupi tulang rahang. Gingiva yang sehat biasanya berwarna coral pink. Sementara itu, warna lainnya seperti merah, biru, dan putih mungkin saja menandakan terjadinya peradangan (gingivitis) atau kelainan-kelainan lain.

Gingiva yang sehat pun mempunyai permukaan halus dan juga bergelombang di bagian depan setiap gigi. Kriteria gingiva sehat lainnya adalah menempati daerah interdental dengan pas serta tepat, melekat erat di setiap gigi, dan bentuknya runcing menyerupai ujung pisau di tepi marginal gingiva bebas. Sebaliknya, gingival yang meradang mempunyai tepi berbentuk bulat atau menggembung.

Bentuk penyakit pada gingiva pun beragam dan salah satunya dapat menyebabkan lemahnya penopang gigi. Dalam hal ini, penyakit yang paling sering muncul yaitu peradangan (gingivitis) dan periodontitis (bentuk lanjut dari kerusakan jaringan).

Gejala dari peradangan ini adalah bengkaknya gingiva, warnanya berubah dari merah muda jadi merah tua, dan mudah berdarah ketika sikat gigi. Penyebabnya adalah lapisan bakteri bernama plak. Ketika menjadi keras, plak ini berubah jadi tartar warna putih (kalkulkus) yang secara perlahan akan menjadi hitam.

Pembentukan plak serta tartar ini bisa mengakibatkan terjadinya iritasi pada gingiva sehingga muncul kantong-kantong bakteri sebagai tempat bakteri berkembang biak. Selanjutnya, bakteri ini akan mengeluarkan racun sehingga membuat gingiva bengkak, lembek, dan terinfeksi.

Bila radang ini dibiarkan, jaringan akar pada gigi mungkin akan rusak. Tulang gigi pun akan tererosi sehingga lama-kelamaan gigi akan copot atau tanggal dan yang paling mudah copot adalah gigi di rahang bawah.

Baca Juga  Hati-Hati! Jangan Sepelekan Penyakit Gigi Berlubang

Apa Gusi Berdarah Itu?

Gusi Berdarah adalah suatu penyakit dimana gusi mengalami pembengkakan, berwarna merah tua dan meradang serta mudah sekali berdarah saat sedang sikat gigi.

Penyebab Gusi Berdarah?

Biang keladi yang bikin Gusi Berdarah dapat terjadi adalah adanya bakteri di sela-sela gigi dan gusi. Bakteri itu menumpang hidup di plak dari sisa-sisa makanan yang ada pada sela-sela gigi dan gusi tersebut.

Pencegahan Gusi Berdarah
Peribahasa bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, memang benar adanya. Jika gusi Anda termasuk sensitif dan mudah mengeluarkan darah, maka gunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan tidak kaku. Jangan menggosok gigi keras-keras. Bersihkan karang gigi dan plak secara teratur agar tidak menebal, dengan menggunakan benang khusus.

Lakukan kumur dengan bahan antiseptik khusus mulut yang banyak dijual di apotek, atau gunakan cara tradisional, yaitu mengkonsumsi belimbing wuluh dalam bentuk utuh atau yang sudah dibuat manisan. Cara lain seperti berkumur dengan cairan garam hangat dan teh hijau pun dapat dijadikan alternatif untuk mencegah dan mengobati Gusi Berdarah.

Mengganggu Pe De
Penyakit yang terjadi di dalam mulut sering menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Sebab, selain sakit pada gusi, aroma mulut juga sering kali berubah tidak sedap. Hal ini tentu mengganggu kepercayaan diri seseorang.

Penderita Gusi Berdarah juga sering merasa tidak nyaman saat sedang mengkonsumsi makanan, sebab rasa sakit dari peradangan yang terjadi membuat proses mengunyah menjadi menyiksa.

Cara Mengobati Gusi Berdarah
Mengobati Gusi Berdarah sebenarnya cukup mudah. Sebagian orang mengatakan bahwa gusi berdarah juga disebabkan karena kekurangan vitamin C, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C dengan banyak makan buah-buahan.

Baca Juga  Asuransi Rawat Inap Di AXA HOSPITAL PLUS LIFE

Selain itu, membersihkan gigi dan mulut secara benar juga mampu mengobati Gusi Berdarah. Bakteri penyebab penyakit itu akan lenyap karena plak tempatnya tinggal sudah bersih. Terakhir, rajin berkunjung ke dokter gigi untuk membersihkan karang akan membuat gigi dan mulut selalu sehat.

Itulah Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *