Mempelajari Penyebab Terlambat Menstruasi bagi Remaja

5 min read

Penyebab Terlambat Menstruasi

Penyebab Terlambat Menstruasi – Menstruasi adalah hal alami yang dialami setiap wanita yang diawali di saat masih remaja. Karena menandakan remaja putri sehat atau tidak ditandai dengan kelancaran menstruasinya. Lancar atau tidaknya menstruasi juga terjadi pada wanita yang sudah pernah haid atau menstruasi. Mau tahukah Anda apa saja yang menjadi penyebab terlambat menstruasi bagi remaja?

Banyak wanita remaja yang terkadang tidak mengenali apa penyebab terlambat menstruasinya. Mereka seoalah menganggapnya sebagai hal biasa. Padahal, terlambatnya menstruasi itu memberikan efek pada wanita. Artikel ini akan membeberkan tentang penyebab terlambat menstruasi bagi remaja dan juga cara melancarkan haid.

Penyebab Terlambat Menstruasi bagi Remaja

Secara sederhana, ada empat faktor utama yang menyebabkan terlambatnya menstruasi bagi remaja.

1. Kelelahan fisik

Kelelahan fisik adalah faktor penyebab utama menstruasi bagi remaja. Ini memang tidak disadari oleh banyak wanita, termasuk orang tua. Anaknya yang memiliki kegiatan yang padat bisa menyebabkan menstruasinya tidak teratur. Apalagi masa-masa awal menstruasi bagi remaja di saat mereka sedang sibuk-sibuknya dengan aktivitas sekolah.

Kelelahan fisik juga dialami oleh para wanita yang sibuk kuliah atau bekerja, setelah menstruasi tidak teratur baru sibuk memikirkan apa penyebabnya. Bagi wanita yang khawatir menstruasinya tidak teratur pasti buru-buru mendatangi dokter untuk menanyakan apa penyebab terlambat menstruasinya.

Padahal, untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan mengecek aktivitas yang dilakukan pasca bersih dari haid sebelumnya. Jika aktivitas padat tentu saja inilah faktor utamanya. Terkecuali, bila memiliki gaya hidup bebas dan suka melakukan hubungan sex bukan dengan pasangan resmi, maka kelelahan bukanlah faktor utama menyebabnya terlambat menstruasi.

2. Suka mengkonsumsi obat-obat kimia

Penyebab lain terlembatnya menstruasi pada remaja disebabkan kebanyakan mengonsumsi obat-obatan kimia, seperti obat untuk menghilangkan jerawat atau obat diet. Obat-obatan, baik yang diberikan dokter kecantikan maupun yang dibeli di toko-toko obat, tentu saja tidak dikaji kandungannya menurut dokter kandungan.

Baca Juga  Cegah Kanker Payudara, Yuk Cari Tahu Prosedur Tomosynthesis Payudara Melalui SehatQ.com

Banyak remaja yang tidak menyadarinya. Bagi mereka yang penting jewarat atau tubuhnya bisa menjadi diet. Padahal, obat yang dikonsumsi bisa menyebabkannya menjadi menstruasi yang tidak teratur. Lagi-lagi tak perlu buru-buru memeriksakan ke dokter, jika Anda tidak suka atau tidak pernah melakukan hubungan sexsual yang tidak halal. Cukup perhatikan apakah fisik Anda kelelahan dalam beberapa minggu ini ataukah Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan yang bisa mempengaruhi menstruasi.

3. Ada gangguan pada dinding rahim

Bila terlambatnya datang bulan atau menstruasi bukan disebabkan oleh kelelahan fisik dan mengonsumsi obat-obatan, maka segeralah kunjungi dokter kebidanan yang biasanya menangani masalah menstruasi. Bisa jadi ada gangguang pada dinding rahim. Bisa jadi ada keputihan atau ada penyakit lain yang menggangu proses menstruasi Anda menjadi tidak teratur.

4. Kekurangan kandungan gizi makanan

Bila ketiga langkah yang dijelaskan di atas sudah dilakukan, namun ternyata Anda tidak terindikasi, maka perhatikan pola gizi makanan. Gizi yang baik sangat mempengaruhi siklus haid. Remaja adalah tipe manusia yang terkadang kurang memperhatikan gizi makanan yang diasupnya. Kondisi pola hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan datangnya penghambat menstruasi. Karena itu, jika terlembat menstruasi cobalah cek keempat hal yang telah disebutkan ini.

Cara Mempelancar Haid / Menstruasi Bagi Perempuan

Setelah membahas penyebab terlambat menstruasi bagi remaja, penulis juga ingin membagi beberapa cara untuk memperlancar haid. Artinya, di dalam artikel ini penulis tidak hanya membeberkan faktor terlambatnya saja, tapi juga memberikan solusinya.

Ada tiga cara mudah dan alami memperlancar haid:

1. Konsumsi kunyit

Kenapa kunyit yang mesti dikonsumi oleh remaja putri atau wanita yang terlambat haidnya? Jawabannya, karena kunyik tergolong sebagai famili caesalpinaceae. Ia memang dikenal sebagai tanaman yang dijadikan oleh orang-orang tua untuk memperlancar aliran darah. Siklus haid yang tidak lancar disebabkan adanya penggumpalan darah, maka mengonsumsi kunyik bisa untuk memperlancarnya.

Baca Juga  10 Obat Vertigo Alami Yang Ampuh

Asupan gizi yang terdapat di dalam kunyit memang baik bagi wanita yang telat menstruasi maupun yang sedang menstruasi. Karena ia mengandung kurkumin yang berasal dari desmetoksikumin sekitar 10% dan bisdesmetoksikurkumin 1% – 5%. Dalam kajian kedokteran, kurkumin ini sangat berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker.

Namun sayangnya, karena ini obat-obatan alami banyak wanita yang kurang menyukainya. Padahal, kunyit ini memiliki banyak khasiat. Tidak hanya bagi wanita yang telat menstruasi agar menjadi lancar, tapi ia juga bisa untuk mengencangkan kulit dan memperlancar air asi. Lagi-lagi, remaja saat ini sangat alergi sekali untuk mengonsumsinya.

2. Konsumsi air putih lebih banyak

Untuk memperlancar haid adalah dengan mengonsumsi air putih atau air meniral lebih banyak. Air putih yang dikonsumsi janganlah air es, karena akan mempengaruhi sel telur. Sel terus yang awalnya luruh di dinding rahim akan menjadi menjadi beku. Inilah yang menyebabkan haid terkadang keluar namun tidak tuntas. Beberapa hari berhenti lalu tak berapa lama kemudian keluar kembali.

Usahakanlah selalu untuk mengonsumsi air hangat. Selain dengan mudah memperlancar haid, air hangat juga akan menghangatkan perut yang sedang mengalami kontraksi. Bila suka minum teh manis, itu juga bagus. Teh manis juga bisa membantu memperlancar menstruasi. Tapi ingat, yang diminum tetaplah air teh manis yang hangat, bukan yang dingin.

3. Olahraga yang rutin

olahraga

Selain mengonsumsi kunyit dan air putih, lakukanlah olahraga yang rutin. Jika penyebab terlambatnya haid karena kelalahan fisik, maka olahraga menjadi jalan untuk membuat fisik Anda tidak mudah lelah. Karena kelelahan fisik disebabkan karena tidak memiliki pola menejemen diri yang baik.

Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat. Cukup dengan melakukan jogging setiap pagi. Tidak perlu memaksakan diri hingga lelah. Jogging dilakukan dengan cara sederhana. Bila terasa sudah lelah, maka berhentilah. Anda bisa ganti dengan jalan-jalan kecil. Jogging di sini berfungsi untuk menggerakkan anggota tubuh. Bisa jadi kelelahan yang dialami faktor tubuh tidak terlalu banyak bergerak.

Baca Juga  Obat Radang Tenggorokan Alami dan Manjur

Menurut penilitian Universitas Georgia, bahwa jogging berfungsi untuk menghilangkan rasa lelah. Karena itu, bagi wanita yang proses menstruasinya tidak teratur atau suka mengalami keterlambatan, cobalah untuk merutinkan diri berolahraga setiap pagi. Tidak usaha dilakukan dengan yang berat. Cukup dengan berjalan sambil menggerakkan tangan. Jika malas untuk keluar rumah terlalu jauh, bisa dilakukan dengan melompat-lompat di halaman rumah dengan menggunakan skipping.

Intinya, olahraga memberikan manfaat yang besar khususnya agar menstruasi teratur.

Banyak sekali sebenarnya manfaat berolahraga rutin setiap pagi. Selain untuk melancarkan menstruasi, juga bisa untuk menyehatkan jantung. Tanpa disadari olahraga ringan yang dilakukan di halaman rumah memberikan manfaat kesehatan yang banyak.

Bila ketiga cara yang penulis jelaskan di atas masih belum memberikan pengaruh, barulah berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan apa masalahnya? Namun bila dirasa penyebab terlambat menstruasi bagi remaja wanita hanyalah bagian dari apa yang dijelaskan di awal, maka lakukanlah cara memperlancar haid yang sederhana dan murah. Tak ada efek samping yang muncul bila Anda melakukan ketiga hal tersebut, yaitu mengonsumsi kunyit, air putih dan berolahraga dengan rutin.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *