Penyebab Asam Urat dan Cara Pengobatannya

5 min read

penyebab asam urat

Apa Anda tahu penyebab asam urat? Penyebab asam urat salah satunya karena konsumsi zat purin secara berlebihan. Asam urat yang dalam bahasa Inggris disebut uric, merupakan senyawa turunan purina. Jika kadar asam urat dalam plasma darah kelebihan atau kekurangan maka mengindikasikan adanya penyakit dan gangguan di dalam tubuh manusia.

Dalam ilmu kedokteran, asam urat pada manusia merupakan produk akhir lintasan katabolisme nukleotidapurina, sebab tidak adanya enzim urikase yang bisa mengkonversi asam urat ini menjadi alantoin. Nah, kadar asam urat berlebihan bisa menjadi penyakit batu ginjal di sekitar persendian kita.

Mengenal Penyakit dan Penyebab Asam Urat

Sebelum membahas soal penyebab asam urat, ada baiknya kita mengenal asam urat lebih dalam terlebih dahulu. Ngilu sendi, ternyata bukan berarti asam urat. Definisi asam urat sendiri merupakan asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Purin merupakan salah satu komponen asam nukleat yang ada dalam inti sel tubuh manusia.

Nah, purin ini ada di semua makanan yang berasal dari sel hidup, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan jeroan. Kadar purin yang bermetabolisme di dalam tubuh, dan dihasilkan dari konsumsi makanan kita, tidak boleh berlebihan. Kesimpulannya, setiap manusia punya asam urat di dalam tubuh. Namun, kadar purinnya jangan berlebihan.

Senyawa purin dalam tubuh manusia, normalnya 85 persen. Kebutuhan purin yang didapatkan dari makanan, harusnya hanya 15 persen. Komposisi ini yang diharuskan seimbang. Purin sendiri terkandung lebih banyak dalam makanan yang bersumber dari hewani.

Bagi orang-orang yang punya “bakat” gangguan asam urat, tentunya produk hewani yang punya kandunga purin tinggi ini kurang baik. Kalau mengonsumsi berlebihan, kadar purin dalam tubuh bisa melewati batas normal.

Baca Juga  Suplemen Penambah Berat Badan Alami

Lantas apa saja jenis makanan dan minuman yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh? Pada dasarnya, semua jenis makanan punya “bakat” meningkatkan kadar asam urat. Namun, yang paling “berbahaya” adalah alkohol, ikan sejenis sarden, telur, dan jeroan. Jeroan ini bukan usus, tetapi hati, jantung, limfa, dan babat.

Asam urat muncul seringkali tidak disadari penderitanya. Rasa nyeri di persendian biasanya diderita penderitanya. Apa saja gejala awal asam urat? Ada beberapa gejala yang ditimbulkan oleh asam urat, antara lain sebagai berikut.

  • Badan pegal dan merasa kecapaian.
  • Kesemutan dan linu yang sangat terasa.
  • Nyeri otot, persendian di sekitar lutut, pundak, punggung, bahu, dan pinggul.
  • Buang air kecil pada malam dan pagi hari yang sangat sering.
  • Menyerang di daerah sekitar ginjal, dan bisa memicu terjadinya kencing batu.

Penyakit asam urat termasuk golongan gout primer dan gout sekunder. Penyebab asam urat gout primer mayoritas belum diketahui penyebabnya. Namun, ada dugaan penyebabnya berkaitan dengan kombinasi faktor genetik dan hormonal. Kedua faktor ini mengakibatkan produksi asam urat meningkat. Selain itu, bisa juga disebabkan berkurangnya asam urat yang keluar dari tubuh.

Penyebab asam urat gout sekunder karena produksi asam urat yang meningkat karena nutrisi. Seperti kebanyakan mengonsumsi makanan yang berkadar putin tinggi. Asam urat meningkat juga bisa disebabkan oleh penyakit darah dan obat-obatan. Obesitas, penyakit kulit, dan kadar trigliserida yang tinggi juga bisa menjadi faktor penyebab asam urat.

Sekadar untuk diketahui, asam urat banyak menyerang kaum pria dibandingkan perempuan. Kadar asam urat pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada perempuan, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.

Baca Juga  Materi Pertanyaan dan Jawaban Belajar Dirumah TVRI Jumat 24 April 2020

Perempuan lebih “terhindar” dari asam urat, karena perempuan mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat lewat urin. Sementara pada pria, asam uratnya cenderung lebih tinggi daripada perempuan karena tidak memiliki hormon estrogen.

Baca juga: Obat Herbal Untuk Asam Urat

Pencegahan dan Pengobatan Penyebab Asam Urat

makanan penyebab asam uratUntuk menghindari risiko asam urat, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi dan menjaga pola hidup sehat. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari karena mengandung kadar purin yang tinggi, antara lain sebagai berikut.

  • Makanan berkadar purin 150-800 mg/100 gram makanan. Contohnya, ginjal, otak, hati, paru, udang, sarden, kerang, ragi, dan alkohol.
  • Makanan berkadar purin 50-150 mg/100 gram makanan. Contohnya, daging sapi, kacang-kacangan, bayam, kol, buncis, jamur, daun pepaya, daun singkong, dan asparagus.
  • Makanan mengandung purin ringan, antara 0-50 mg/100 gram makanan. Contohnya, susu, telur, buah-buahan, keju, dan lain-lain.

Bagaimana mencegah penyebab asam urat, kalau sudah ada gejalanya? Ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit asam urat, antara lain sebagai berikut.

  • Meredakan radang sendi dengan mengonsumsi obat-obatan dan mengistirahatkannya.
  • Mengatur asam urat dalam tubuh dengan diet dan obat-obatan.
  • Konsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin C, potasium tinggi, dan karbohidrat kompleks. Kurangi karbohidrat sederhana, seperti permen, gula, dan sirop.
  • Jangan minum aspirin dan jangan bekerja terlalu keras.
  • Turunkan berat badan dengan olahraga, pada orang yang menderita obesitas.
  • Seimbangkan asupan energi dengan kebutuhan tubuh.

Lalu apabila sudah terserang asam urat, apa yang harus dilakukan? Ya, dengan berobat. Nah, ada beberapa obat-obatan tradisional yang berguna untuk penderita asam urat. Obat-obat tersebut, antara lain sebagai berikut.

  • Daun salam sebanyak 7 lembar direbus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tinggal 1 gelas. Dan, minum setiap pagi dan sore.
  • Buat jus kentang mentah dan apel malang.
  • Cuka apel yang telah jadi, dicampur madu. Takar satu sendok, ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat dan diminum selama seminggu.
  • Sirsak dimakan atau dijus setiap hari.
  • Labu siam diparut lalu disaring, diambil airnya, dan diminum setiap hari.
Baca Juga  Review Obat Asam Urat MOSEHAT

Normalnya, asam urat akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Penderita asam urat, setelah menjalani pengobatan yang tepat, kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal.

Namun, dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin. Diet dan olahraga sangat dianjurkan bagi penderita asam urat, maupun untuk mencegah penyebab asam urat.

Untuk itu, perbanyak aktivitas olahraga secara teratur mulai dari sekarang, sebelum asam urat menyerang kita. Mengayuh sepeda dan berlari pagi bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk menyeimbangkan kadar purin dalam tubuh.

Pengaturan diet yang baik, saat kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengonsumsi makanan berpurin tinggi bisa membantu. Dianjurkan pula untuk meminum air putih yang banyak. Sebaiknya, berkonsultasi kedokter bila asam urat butuh penanganan lebih lanjut.

Penyebab asam urat sebenarnya bisa kita ketahui dari asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Usahakan, makanan tersebut seimbang dengan kadar purin yang sudah ada di dalam tubuh. Jangan sampai berlebih. Semoga info soal penyebab asam urat, pencegahan, tips, dan pengobatannya bisa memberi wawasan lebih bagi Anda.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *