Pesona Gili Trawangan, Salah Satu Tempat Wisata Lombok nan Eksotis

5 min read

pesona gili trawangan

Pesona Gili Trawangan – Bingung menentukan tempat wisata untuk menghabiskan liburan bersama keluarga? Jangan ragu lagi untuk memilih tempat wisata Lombok. Selain suasana yang masih alami dan hampir tidak ditemukan polusi udara di sana, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang tidak akan bisa Anda lupakan seumur hidup.

Indonesia terkenal di mata dunia sebagai negeri dengan ribuan pesona alam dan budaya yang masih terjaga secara baik. Perpaduan 2 keindahan tersebut mampu mendatangkan pelancong dari segala penjuru di bumi. Setiap tahunnya, devisa dari sektor pariwisata sangat besar. Hingga bidang ini mendapatkan prioritas dalam anggaran belanja negara. Namun sayangnya antara anggaran negara dan praktek di lapangan berbeda jauh, mungkin disebabkan oleh kondisi pemerintahan dan politik yang belum stabil di tanah air.

Pesona Gili Trawangan Lombok Indonesia

Memang wilayah yang paling tenar di nusantara ialah Bali dan Yogyakarta. 2 tempat tersebut merupakan destinasi wisata yang paling banyak didatangi oleh pelancong domestik dan asing. Bali mempunyai keberagaman budaya dan pantai-pantai yang bertaraf internasional. Sedangkan Yogyakarta merupakan lokasi wisata yang menyimpan peninggalan sejarah terbesar milik bangsa, yakni candi Borobudur yang tetap berdiri kokoh selama ratusan tahun berlalu.

Di artikel ini akan memberikan informasi tempat wisata alternatif terbaik di Indonesia. Lokasi yang dimaksud adalah pulau Lombok dengan potensi wisata yang tidak kalah dengan tempat terkenal lainnya. Dikarenakan Lombok belum cukup popular seperti pulau Bali, justru ini yang menyebabkan sebagian orang pintar memilihnya sebagai tujuan wisata terbaik.

Alam yang masih alami dan terjaga keseimbangannya mendorong wisata Lombok layak menjadi perhatian para pembaca. Seperti pantai-pantai yang berpasir putih dan pesona alam bawah laut yang mempesona. Rencanakanlah liburan bersama keluarga atau pasangan terkasih ke pulau ini, dijamin kebahagiaan dan kenikmatan berwisata dapat diperoleh dengan mudah. Untuk pergi ke pulau Lombok tidak sesulit masa lalu yang masih terbatas jalur transportasinya, saat ini turis dapat memakai beberapa jenis transportasi pribadi atau umum untuk sampai di sana.

Baca Juga  Menjelajahi Kemolekan Wisata Garut yang Mempesona

Wisata ke pulau Lombok jangan lupa menikmati keeksotisan pulau Gili Trawangan. Banyak orang bilang bahwa keelokan pulau Lombok terangkum di sini dan orang belum dikatakan pergi ke Lombok jika belum menjamah pulau ini. Laut yang masih membiru bebas dari polutan adalah tempat terbaik bagi wisata Anda di tahun ini.

Baca juga: Pulau Komodo, 7 Keajaiban Dunia Yang ada di Indonesia

Perjalanan ke Gili Trawangan
Memang benar kalau pulau Gili ini banyak menyimpan sejuta keindahan di dalamnya. Pulau ini terletak 40 Km ke arah utara dari kota Mataram, dan di sebelah barat pulau Lombok. Untuk sampai di sana ada dua jalur alternatif yang bisa ditempuh.

Pertama, jalur Mataram – hutan Pusuk – Pemenang. Hutan Pusuk
Kawasan berliku namun sejuk dan indah. Di samping itu di sepanjang perjalanan Anda bisa melihat kera jinak berkeliaran untuk mendapatkan lemparan makanan dari orang yang lewat. Dan ketika menoleh ke arah barat Anda bisa melihat tiga pulau Gilis (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili air) yang berdiri kokoh dengan keindahan yang menawan.

Kedua, Mataram – Senggigi – Pemenang
Di jalur ini tidak kalah indah dengan jalur pertama, karena Anda bisa menikmati menikmati gunung dan laut lepas sepanjang belasan kilometer sacara sekaligus. Atau Anda juga bisa berangkat dari Sengigi dengan kapal yang memakan waktu satu setengah jam.

Setelah sampai di Pemenang kita bisa langsung menuju pelabuhan Bangsal. Untuk menuju tempat wisata Lombok ini Anda bisa menyewa speed boat atau naik kapal nelayan yang harganya lebih murah. Kalau naik speed boat Anda harus membayar 200 ribu untuk empat orang itu pun hanya sekali pemberangkatan, jika ingin menghemat Anda bisa naik kapal nelayan dengan harga 10 ribu rupiah tetapi harus rela berdesakan dengan banyak orang apalagi ketika ada orang yang habis belanja karena di Gili Trawangan tidak akan ditemukan pasar.

Baca Juga  5 Souvenir Khas Lombok Yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk bisa sampai di pulau Gili Trawangan ini. Karena Gili trawangan ini merupakan pulau terjauh, maka Anda juga akan diuntungkan bisa menikmati Gili meno dan Gili Air meski hanya sepintas saja.

Pesona Gili Trawangan nan Eksotis
Gili Trawangan punya pantai yang sangat indah, pasir putihnya dan pantainya yang bersih seakan memberikan dua warna air pada lautnya. Di pinggir pantai kita bisa melihat air yang awalnya putih kemudian menghijau dan semakin ke laut kemudian menjadi sangat biru. Indah sekali.

Tidak ada polusi udara di pulau ini, Karena memang tidak akan kita temukan kendaraan bermotor ataupun mobil. Bahkan untuk mengangkut barang-barang berat di pulau ini menggunakan tenaga manusia. Alat transportasi di sana hanya menggunakan Cidomo – sejenis delman – dan sepeda gayung.

Layaknya Kuta di Bali, pulau ini menjadi surga dunia bagi warga asing. Di sepanjang pantai kita hanya bisa melihat warga bule yang lalu lalang meski sebenarnya pulau ini dihuni sekitar 800 jiwa. Pulau ini relatif kecil yang hanya mempunyai panjang 3 km dan lebar 2 km, dan untuk bisa mengelilinginya Anda hanya membutuhkan waktu 2 jam dengan menggunakan sepeda gayung yang bisa Anda sewa dengan harga 50 ribu perhari.

gili trawangan

Sambil menikmati keeksotisan pulau Gili Trawangan, Anda juga bisa memancing Ikan Baronang / Ikan Sadar yang lezat dan empuk. Jangan lewatkan juga untuk snorkeling. Pemandangan di bawah laut tidak kalah indah dengan pantainya, Anda bisa menikmati taman laut dengan terumbu karang yang indah, ikan- ikan hias dan jika beruntung Anda bisa melihat penyu – penyu hijau yang sangat langka tetapi mudah ditemukan di pulau Gili.

Baca Juga  Sewa Bus Semarang di Ranggawarsita Tour

gili trawangan snorkling

Tidak itu saja pulau yang dijuluki “Party Island” ini juga banyak terdapat cafe – cafe dan penginapan yang umumnya seperti bungalow, berada di atas kayu dengan atap daun dan dilengkapi teras. Harga perhari bisa mencapai 800 ribu perkamar bahkan bisa lebih tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Keeksotisan yang ditawarkan pulau Gili Trawangan ini tidak hanya berhenti pada keindahan bawah laut dan pantainya yang sangat alami tetapi di tempat ini Anda juga bisa menikmati indahnya sunrise yang muncul dari balik gunung Rinjani dan tenggelamnya matahari dari balik gunung Agung Bali.

gili trawangan eksotis

Berlibur di pantai merupakan salah satu idaman dari agenda para pelancong domestik dan luar negeri. Banyak pantai-pantai dunia yang sesak dengan para pengunjung di awal tahun. Mereka merayakan tahun baru dengan berwisata di pantai-pantai yang indah. Oleh sebab itu perlu kecerdikan para pembaca untuk memilih waktu agar berlibur tidak terlalu terganggu dengan penuhnya lokasi wisata dengan para pengunjung.

Masih banyak pesona alam Lombok yang tidak diungkapkan dalam artikel yang singkat ini. Seperti pesona dataran tinggi, kebudayaan yang dimiliki, serta potensi wisata lainnya. Semoga ulasan tentang pesona gili trawangan ini bermanfaat di sisi penulis sendiri dan terutama bagi pembaca. Selamat berlibur ke pulau Lombok

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *