Manfaat Mengkonsumsi Bayam Untuk Kesehatan

5 min read

manfaat mengkonsumsi bayam

Manfaat Mengkonsumsi Bayam – Bayam, sebagian besar dari Anda pasti sudah akrab dengan nama sayuran yang satu ini. Warnanya yang hijau, daun yang cukup lebar dan biasa diolah dengan cara yang cukup sederhana membuat bayam dan kandungan gizi bayam menjadi sebuah elemen penting dalam upaya manusia ketika menjaga kesehatannya.

Kandungan Gizi Bayam – Manfaat Sayuran Hijau untuk Tubuh

Kita sepertinya sudah sama-sama tahu bahwa sayuran hijau memiliki kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat-zat penting setiap harinya. Begitu juga dengan kandungan gizi bayam. Sebagai salah satu kandungan dalam sayuran hijau, kandungan gizi bayam juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting untuk menjaga tubuh manusia agar tetap berkecukupan secara nutrisi.

Kehadiran bayam di atas meja makan sepertinya cukup menjadi rutinitas bagi sebagian rumah tangga. Dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya, bayam terhitung lebih memiliki rasa yang bersahabat. Cenderung hambar dan tidak menghasilkan efek rasa yang lain di lidah. Hal ini seharusnya menjadi nilai tambah bagi bayam, kandungan gizi bayam yang super banyak itu pun harusnya dengan mudah dapat masuk ke setiap tubuh manusia, terutama anak-anak.

Dengan bayam, Anda bisa mengkreasikan menu apapun. Baik yang tergolong baru maupun pengembangan dari resep yang sudah ada. Semakin Anda pintar mengolah bayam menjadi makanan, maka kandungan gizi bayam akan cenderung lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Hal ini biasanya diperlukan bagi ibu dengan anak yang sulit sekali mengonsumsi sayuran. Kandungan gizi bayam yang dibutuhkan oleh tubuh pun menjadi sulit untuk dipenuhi. Maka dari itu, memvariasikan menu adalah senjata yang harus Anda miliki.

Baca juga: Jenis Sayuran Penambah Darah

Sebagai bagian dari salah satu sayuran berdaun hijau, bayam memiliki vitamin yang tinggi dibandingkan dengan sayuran yang memiliki warna daun pucat. Vitamin tersebut sangat baik untuk manusia, terutama jika sayuran tersebut ditanam melalui cara yang benar. Bagi wanita, kandungan gizi bayam sebagai salah satu kandungan gizi dari sayuran hijau, ternyata berkhasiat untuk menurunkan risiko diabetes.

Baca Juga  Memasyarakatkan Sistem Peringatan Tsunami

Secara umum disebutkan, juga termasuk bayam, sayuran hijau memiliki kalori yang sangat rendah, lemak yang juga rendah, ditambah dengan jumlah antioksidan yang cukup tinggi juga vitamin dan mineral. Komposisi tersebut ada di setiap kandungan gizi sayuran hijau, demikian juga dengan kandungan gizi bayam. Sehingga tidak mengherankan jika ternyata, bayam memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan.

Meskipun kandungan gizi dari sayuran hijau, seperti kandungan gizi bayam sangat baik bagi tubuh, namun ada baiknya untuk tetap berhati-hati. Penanaman yang kurang baik, seperti penggunaan pestisida secara berlebih justru akan merusak kandungan zat penting di dalam sayuran tersebut. Untuk itu, pengolahan yang tepat memang benar-benar diperlukan. Atau, Anda bisa memilih jenis sayuran yang sifatnya organik.

Keterkenalan bayam di kalangan masyarakat memang sudah cukup luas. Sayuran ini juga cukup akrab di kalangan anak-anak. Ingat serial kartun Popeye? Ya, kartun itu bisa jadi memiliki andil yang cukup besar untuk memperkenalkan manfaat bayam bagi kesehatan pada anak. Ketika anak sulit untuk makan bayam, ibu-ibu bisa menggunakan tokoh Popeye ini sebagai contoh baik. Tapi tahukah kita kandungan gizi bayam itu terdiri dari apa saja?

Kandungan Gizi Bayam
Pada umumnya, kita pastilah tahu bahwa kandungan gizi bayam adalah zat besi yang sangat diperlukan oleh tubuh sebagai pembentuk sel-sel darah merah. Sehingga dengan mengkonsumsi bayam, kita akan terhindar dari penyakit kurang darah atau yang dikenal dengan anemia.

Tapi ternyata, kandungan gizi bayam itu bukan hanya zat besi saja. Kandungan gizi bayam yang lain adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Oleh karena itu, tidak salah jika bayam memiliki julukan sebagai sayuran yang super, mengingat banyaknya kandungan gizi pada bayam.

Salah satu kandungan gizi bayam yaitu serat sangat dibutuhkan dalam memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh. Mengonsumsi bayam secara rutin bisa jadi menghindarkan Anda dari kegemukan. Untuk yang sedang diet, mengonsumsi bayam sangat baik untuk membantu memperlancar diet Anda. Dalam satu porsinya, terdapat 6 gram serat. Hal ini sudah memenuhi 25 persen dari kebutuhan serat untuk tubuh per-harinya.

Baca Juga  5 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Bayam juga dapat dinilai sebagai sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan gizi bayam, yaitu vitamin yang nyaris lengkap. Di dalam bayam terdapat vitamin K, vitamin A, vitamin C, E, B1, B2, B6, dan folat. Di dalam juga bayam tidak hanya vitamin, namun lengkap dengan kandungan mineral seperti magnesium, mangan, kalium, kalsium yang bagus untuk tulang dan besi.

Kandungan Gizi Bayam – Manfaat Mengkonsumsi Bayam
Kandungan gizi bayam tentu saja hanya akan didapat oleh tubuh ketika kita dengan rutin mengonsumsinya. Menyukai bayam tidaklah salah. Dengan mengkonsumsi bayam ternyata banyak manfaat yang dapat kita ambil bagi kesehatan kita. Daun bayam sangat baik bagi kesehatan ginjal dan organ pencernaan karena bayam kaya akan serat sehingga dapat mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

bayam

Kandungan gizi bayam yang kaya akan nutrisi juga dapat menurunkan kolesterol, gula darah, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan peredaran darah serta dapat mencegah kanker usus, diabetes, dan gagal ginjal.

Namun tidak selamanya kandungan gizi bayam juga baik bagi kesehatan, khususnya bagi penderita nyeri sendi, asam urat dan reumatik. Untuk Anda dengan keluhan penyakit seperti itu, sebaiknya konsumsi bayam dalam jumlah terbatas, karena kandungan bayam yang memiliki zat purin yang dapat memicu kambuhnya penyakit-penyakit tersebut.

Kandungan Gizi Bayam – Cara Mengolah Bayam yang Benar
Seperti yang sudah cukup banyak diketahui bersama, bahwa kandungan gizi yang terdapat dalam sayuran hijau, juga termasuk kandungan gizi bayam, akan semakin baik diperoleh manfaatnya ketika diolah dengan baik dan benar. Lalu bagaimana cara mengolah bayam yang benar sehingga kandungan gizi bayam yang bermanfaat itu tidak hilang selama proses pengolahan?

Baca Juga  10 Cara Mengobati Penyakit Gudik Secara Tradisional

Sebaiknya bayam tidak dipanaskan ulang karena salah satu kandungan gizi bayam yaitu Fe2+ dapat berubah menjadi racun jika teroksidasi dengan Fe3+.

Bayam tidak boleh dimasak lebih dari 5 jam karena senyawa nitrat di dalam bayam akan menjadi racun bagi tubuh sehingga menyebabkan sel darah di dalam tubuh tidak dapat mengikat oksigen yang mengakibatkan sel tubuh kekurangan oksigen. Alih-alih menyehatkan, kandungan gizi bayam tersebut malah bisa membahayakan.

Hindari memasak bayam dengan menggunakan panci aluminium karena zat besi yang ada dalam kandungan bayam akan bereaksi dengan bahan aluminium dan menghasilkan racun. Kandungan gizi bayam akan tidak termanfaatkan dengan baik.

Sayur bayam mentah tidak disimpan lebih dari satu hari karena dapat menyebabkan racun dalam tubuh jika bayam yang telah lebih dari satu hari tetap kita konsumsi. Untuk mendapatkan kandungan gizi bayam secara utuh dan baik, sebaiknya segera masak bayam sesaat setelah Anda membelinya.

Kandungan Gizi Bayam – Jenis Bayam
Apapun jenis bayam, kandungan gizi bayam pada dasarnya hampir sama. Mengandung serangkaian vitamin, zat besi, serta dan elemen penting lainnya. Berikut ini adalah jenis-jenis bayam yang bisa dijadikan pilihan.

Bayam hijau, adalah bayam yang seluruh batang dan daunnya berwarna hijau. Bayam jenis inilah yang lebih sering kita konsumsi.

Bayam merah atau yang nama ilmiahnya Blitum rubrum adalah bayam yang batang dan daunnya berwarna merah.

Bayam putih atau Blitum album adalah bayam hijau yang keputih-putihan. Bayam jenis ini masih sangat jarang kita temukan baik di pasar tradisional maupun di supermarket.

Itulah Beberapa Manfaat Mengkonsumsi bayam yang jarang diketahui orang, ternyata bayam banyak sekali ya kawan manfaatnya. Yuks tiap hari kita konsumsi agar badan jadi sehat dan nggak gampang sakit

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *