Usaha Pop Ice, Modal Kecil Untung Besar

usaha pop ice

Membuka usaha pop ice merupakan keputusan yang tepat, sebagai pemasukan sampingan. Pop Ice merupakan produk minuman milkshake instant berbagai rasa buah-buahan. Minuman jenis ini banyak disukai anak-anak dan remaja, karena rasanya lezat ,menyegarkan dan bergizi apalagi diminum pada siang hari.

Usaha Pop Ice Yang Sedang Digemari

Sekarang tren minuman instan yang penyajiaannya diblender ini sedang naik daun. Sebenarnya pop ice merupakan merk dagang sebuah minuman instan, wujudnya milk shake powder. Produk ini diproduksi oleh PT Forisa Nusa Persada. Minuman ini menjadi yang pertama untuk segmen pasar milkshake instan.

PT Forisa menjadi perusahaan pertama melaunching produk pop ice ke pasaran Indonesia. Di bantu dengan iklan dan promosi yang gencar. Hebatnya produk baru ini mendapat respon positif dari pasar. Hingga sekarang Pop Ice berhasil menguasai pasar untuk segmen milk shake instant. Ini bukti bahwa inovasi dalam bisnis harus kuat. Jeli mencari ceruk pasar baru untuk menghindari persaingan produk yang kian jenuh.

Kelebihan Usaha Pop Ice
Mengapa sekarang marak penjual minuman pop ice? Karena bisnis ini terbilang bukan bisnis padat modal, dengan artian tidak perlu memakan modal besar. Bahkan dengan hanya memakai 1,5 juta saja, Anda bisa menjalankan usaha pop ice ini. Cara membuatnya mudah dan pemasarannya pun tidak sulit. Udara yang panas, rasa es yang dingin ditambah dengan rasa manis, maka pop es semakin disuka.

Berikut ini kelebihan bisnis minuman instan.

• Modal sedikit
Modal sedikit adalah salah satu alasan kuat mengapa bisnis ini digemari oleh penjual minuman. Hanya dengan satu juta rupiah misalnya, modal ini dibelanjakan untuk membeli dua unit blender elektronik, kemudian gelas plastic, air gallon, sedotan, satu pak pop ice dengan berbagai rasa, membeli es batu, dan kabel roll saja.

Apalagi kalau Anda sudah punya mesin blender, malah lebih irit. Sedangkan meja bisa diambil dari rumah atau beli saja yang bekas.

Baca Juga  10 Bisnis Sampingan untuk Berbagai Kalangan

• Membuatnya mudah
Cara membuat milk shake instant ini cukup mudah dan cepat. Caranya tinggal masukan air matang satu gelas, kemudian masukan pop ice satu sachet, dan es batu. Langkah selanjutnya diblender sampai halus. Setelah itu baru dituangkan dalam gelas plastic. Untuk garnis bisa diberi butiran coklat, atau parutan keju. Namun itu hanya opsional saja, tak pakai juga gak masalah.

• Harga jual murah
Mengapa anak-anak dan remaja menyukai minuman ini, alasannya harga murah dan bisa terjangkau dengan uang saku mereka. Satu gelas pop ice dijual antara 2500 sampai 3000 tergantung modifikasinya. Kalau kepingin murah, gelas plastik bisa diganti dengan kantong plastik bening.

• Target pasar sudah ada
Usaha ini sudah mempunyai segmen pasar yang pasti, yakni kalangan anak-anak dan remaja. Selain itu brand image Pop Ice sudah terbangun kuat dari tahun 2005. Anak-anak sudah tahu tentang minuman ini dan lidah merek tak bohong tentang rasa minuman ini. Jadi Anda tak perlu lagi promosi atau sosialisasi kepada calon konsumen Anda. Ketika bisnis mulai berjalan, calon konsumen akan tahu, produk apa yang dijual Anda. Anda tinggal bermain pada sektor harga dan modifikasi, maksudnya agar ada pembedaan produk Anda dengan pesaing.

Peralatan Usaha Pop Ice

Hukumnya sah mengikut trend bisnis yang sedang ramai, asalkan Anda sungguh-sungguh menjalankan, pasti memberikan manfaat finansial. Anda tertarik? Berikut ini perlengkapan yang wajib disediakan dalam bisnis minuman ringan.

• Meja display
Benda pertama yang harus disediakan adalah meja kayu, syukur punya meja display yang ada gambarnya produk minuman yang Anda jual. Meja ini tempat menaruh blender, gelas plastic, sedotan dan benda lainnya.

• Blender
Syarat kedua adalah blender elektronik. Fungsi blender untuk mengaduk – aduk pop ice hingga rata dan mengembang. Gunakan blender yang bertekanan sedang. Kalau bisa sediakan dua unit blender. Blender yang satu dipakai untuk kerja,sedangkan blender lain dipakai sebagai cadangan. Jadi ketika rusak bisnis Anda tak berhenti, bisa langsung diganti dengan blender cadangan. Harga blender di toko elektronik yang murah, kisaran antara 250 ribu sampai 300 ribu rupiah. Selain itu juga perlu kabel roll tambahan, untuk mengulurkan kabel dari stop kontak.

Baca Juga  Investasi Properti, Cara Pintar Beternak Uang

• Gelas plastik
Gelas plastik untuk jenis minuman ini berbeda dengan gelas plastik lainnya. Gelas pop ice biasanya tutupnya berbentuk setengah lingkaran. Gelas ini berwarna terang, ukurannya reguler 250 ml. Selain itu juga dilengkapi dengan sedotan plastic yang diameternya agak besar.

• Air gallon
Benda berikutnya adalah air gallon, untuk bahan pelarut milk shake instant. Agar murah pilihlah gallon air isi ulang. Kalau habis tinggal beli diagen, dari pada Anda merebus air hingga matang, biaya butuh biaya beli gas. Setiap bisnis harus menekankan efektifas harga, sebisa mungkin jangan menambah proses lagi agar tak menimbulkan biaya produksi.

• Minuman instan aneka rasa
Sedangkan yang terakhir adalah belanja bahan minuman milk shake. Kulakan bahan mentah sebaiknya langsung dari distributor resmi pop ice agar dapat harga murah. Jika membeli bahan mentah tak hanya satu macam rasa, sebaiknya borong semua rasa pop ice. Selera konsumen beda-beda, jadi Anda harus menjawab semua selera dari konsumen Anda.

Tips Menggeluti Bisnis Minuman

pop ice

Ada sedikit tips menjalankan bisnis ini, supaya usaha Anda berjalan lama dan disenangi oleh konsumen. Pertama, mematuhi kebersihan . Bisnis makanan dan minuman adalah bisnis yang rawan terhadap gangguan kesehatan, terutama bagi konsumennya. Maka dari itu sebaiknya Anda juga wajib mematuhi kebersihan, dalam bisnis ini. Misalnya sebaiknya menggunakan air matang, minimal sudah disterilisasi dengan mesin penyaring.

Demikian juga setelah peralatan selesai dipakai sebaiknya dicuci dulu dengan air mengalir,agar kotoran hilang dari isi blender. Sampah-sampah yang menumpuk seperti plastic pembungkus minuman sachet, kulit buah, sebaiknya lekas dibuang. Agar tak mengundang lalat, hinggap pada tempat dagangan Anda. Demikian juga meja tempat menaruh dagangan sebaiknya setelah dipakai jualan, juga dibersihkan lagi.

Baca Juga  5 Ide Usaha dengan Modal Kecil tapi Pendapatan Banyak

Ketika Anda flu dan terpaksa harus jualan, diwajibkan memakai masker hidung, dan sarung tangan karet, agar kuman tak menempel pada gelas, dan tempat lain. itulah etika berbisnis makanan dan minuman yang benar.

Kedua, jangan memaksa konsumen. Memang perasingan untuk segment bisnis ini begitu banyak. Dalam satu blok perumahaan mungkin ada tiga penjual yang menjajakan produk yang sama. Walaupun begitu jangan lantas Anda memaksa calon konsumen untuk membeli produk Anda, gunakanlah cara yang simpatik untuk promosi. Misalnya memberikan sampel minuman, sekali lagi jangan dipaksa, tapi ditawarkan saja. Jika menolak biarkan saja. Toh masih banyak calon konsumen yang bisa diproyeksikan.

Ketiga, berjualan dilokasi strategi. Kunci sukses berjualan minuman adalah harus berani bermobile, pada tempat-tempat di mana anak –anak berkumpul misalnya di dekat sekolah, pada acara perlombaan yang dihadiri banyak anak, konser dan sejenisnya. Untuk merebut pasar terkadang Anda harus melakukan strategi jemput bola dengan cara seperti di atas.

Keempat, pelayanan yang prima. Dengan kesabaran yang tinggi, ramah, dan sering memberikan bonus, biasanya para pelanggan akan setia. Bonus ini bisa berupa makanan kecil atau mainan. Demikianlah sedikit tentang tips usaha berjualan pop ice. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x