7 Wisata Air Terjun di Jawa Barat Yang Eksotis

3 min read

Wisata Air Terjun di Jawa Barat – Secara topografi, Jawa Barat adalah sebuah provinsi yang dikelilingi oleh pegunungan yang merupakan bagian dari busur kepulauan gunung api yang terbentang dari ujung utara Sumatera, hingga ujung utara Sulawesi. Ciri khas inilah yang membuat Jawa barat memiliki beragam pesona alam yang sangat menakjubkan. Di sisi lain posisinya ini memungkinkan Jawa Barat untuk memiliki pemandangan indah berupa air terjun (curug).

Tidak semua negara yang seberuntung negara kita, negara Indonesia. Negara kita kaya akan sumber daya alamnya. Negara kita pulalah yang memiliki pantai tropis dan gunung yang indah, bahkan wisatawan lokal maupun luar negeri rela merogoh kantongnya untuk pergi ke Indonesia hanya untuk refreshing otaknya yang sudah menumpuk akibat pekerjaannya di kantor.

7 Wisata Air Terjun di Jawa Barat Yang Eksotis

Anda tidak usah jauh-jauh untuk pergi berwisata ke pegunungan menikmati keindahan air terjun. Berikut ini beberapa tempat wisata air terjun yang ada di Jawa Barat.

1. Wisata Situ Gunung
Situ Gunung merupakan wisata alam yang sengaja dibuat untuk kawasan pelestarian alam Taman nasional Gunung Gede Pangrango, Sukabumi. Selain berbagai wahana bermain, seperti outbone dan berperahu ria, tempat wisata ini menyajikan pemandangan air terjun yang sangat indah. Air terjun Cimanaracun dan Curug Sawer adalah dua air tejun yang banyak dikunjungi wisatawan.

Anda dapat menempuh perjalanan menuju air terjun dengan berjalan kaki dari tempat parkir. Meskipun memakan waktu sekitar setengah jam, tapi perjalanan tersebut tidak akan bosan karena banyak keindahan alam yang dapat dinikmati selama perjalanan menuju air terjun.

2. Wisata Curug Cigentis
Curug Cigentis merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di dua daerah. Secara administratif milik Kabupaten Karawang dan menurut wilayah pengelolaan hutannya masuk ke wilayah Purwakarta. Curug Cigentis lebih banyak digunakan sebagai tempat berkemah anak sekolah dan tempat jiarah karena konon di sini terdapat makam bekas para wali.

Baca Juga  3 Tempat Rekomendasi di Lampung Agar Liburan Super Seru

3. Wisata Curug Cibolang
Curug Cibolang merupakan tempat wisata air terjun yang lokasinya berada di Panjalu, Ciamis. Pertama kali dibuka sebagai tempat wisata sejak 1986 oleh Perum Perhutani.

Curug Cibolang

Air terjun Ciboleng memiliki tujuh buah air terjun, sehingga biasa juga disebut Curug Tujuh Cibolang. Lokasi wisata ini lebih banyak difungsikan sebagi tempat kemping, hiking, piknik keluarga, dan pemandian.

4. Wisata Curug Cilember
Curug Cilember adalah tempat wisata air terjun yang berada di wilayah Bogor. Sama dengan Curug Cibolang, lokasi wisata ini pun memiliki tujuh buah air terjun. Curug keempat adalah lokasi yang paling banyak dikunjungi karena konon, menurut juru kunci di sana, air dari curug keempat ini bisa membuat awet muda dan menyembuhkan berbagai penyakit.

5. Wisata Curug Cimahi
Sesuai namanya, curug ini terletak di Kota Cimahi (dulu masih bergabung dengan Kota Bandung). Curug Cimahi merupakan tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah dan biasa digunakan sebagai tempat piknik keluarga, lintas alam, dan pemandian.

Curug Cimahi

Yang lebih menarik, air Curug Cimahi ini sangat jernih, sehingga biasa digunakan penduduk sekitar untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi, minum, dan sebagainya.

6. Ciwangun Indah Camp (CIC)
Tempat ini sangat rekomendasi bagi Anda yang hobi dengan outbond karena di sana, tracknya akan menanjak. Ketika Anda telah sampai di atas, Anda akan melihat kebun teh yang sedap dipandang.

Ciwangun Indah Camp terletak di Lembang, Bandung. Di tengah perjalanan mengelilingi tempat ini, terdapat 2 air terjun yang luar biasa indahnya. Direkomendasikan jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, gunakanlah sandal gunung agar terhindar dari licinnya track.

7. Curug Maribaya
Curug Maribaya adalah tempat yang memiliki 2 akses untuk menuju ke sana. Anda bisa lewat Lembang, jika Anda ingin langsung ke curug. Lalu, Anda bisa lewat taman wisata Ir. H. Djuanda atau biasa disebut Dago Pakar.

Baca Juga  Wisata Murah Meriah ke Pulau Untung Jawa

Selain curug yang dibahas di atas, sebenarnya masih banyak curug lainnya yang biasa dijadikan sebagai tempat wisata di Jawa Barat. Anda bisa mencari tahu semuanya sambil berekreasi dengan keluarga, teman, atau rekan kerja ketika liburan.

Adapun tempat disekitar Bandung, yaitu Garut, juga memiliki tempat yang tidak kalah bagusnya. Pemandian Derajat, pemandian ini outdoor, yang pemandangannya gunung. Tempat ini terletak di kota Garut dengan biaya masuknya pun terjangkau. Adalagi di cipanas, garut. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin berendam air panas.

Banyak sekali wisata pegunungan di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi dan jelajahi, terutama pemandangan curug. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah informasi Anda untuk mengunjungi tempat wisata air terjun bersama keluarga, teman, atau kerabat Anda. Selamat berwisata dan berlibur.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *