13 Cara Diet yang Baik dan Sehat

cara diet yang baik dan sehat

Bagaimana cara diet yang baik dan sehat? Banyak cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari cara yang alami sampai yang harus memakai peralatan medis. Ada juga cara yang murah, namun ada juga cara menurunkan berat barat yang mahal. Namun tujuannya tetap sama, yaitu menurunkan berat badan dan badan tetap sehat. Semua cara pasti ada risikonya. Namun tentu cara yang sehat dan alami yang paling aman bagi tubuh.

Cara Diet yang Baik dan Sehat

Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah bagi beberapa orang. Seringkali diet urung terlaksana karena masalah niat dan dukungan. Karena itu sebelum melakukan diet, perlu ditegaskan lagi niat Anda dan adanya dukungan dari orang sekitar. Setelah itu kita baru melakukan program-program yang perlu dilakukan dalam diet.

Program-program dalam diet ada bermacam-macam. Namun intinya sama, yaitu cara untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Berikut ini beberapa program yang bisa dilakukan dalam melakukan diet yang baik dan sehat:

1. Perbanyak air putih
Minum air putih yang banyak bisa memungkinkan untuk kehilangan 3 kg berat badan dalam waktu seminggu. Air putih adalah pilihan baik dibanding minuman lain seperti kopi, soda, bahkan jus buah. Air putih memungkinkan Anda tetap kenyang dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Selain mencegah kehausan, keuntungan air putih dibanding minuman lain adalah tidak mengandung kalori. Konsumsi air yang banyak juga berguna untuk memperlancar metabolisme tubuh. Tubuh manusia sebagian besar adalah cairan, karena itu konsumsi air yang banyak akan sangat menguntungkan bagi manusia. Selain perbanyak konsumsi air putih, hindari juga untuk mengonsumsi cairan yang merugikan tubuh seperti soda dan alkohol.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks
Nasi merupakan karbohidrat simpel. Karbohidrat jenis ini sebenarnya kurang baik bagi tubuh. Kita bisa beralih untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks jika ingin melakukan diet. Nasi merah adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik. Mengonsumsi nasi merah ketika sarapan pagi sngat baik dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan energi yang cukup sepajang hari.

Nasi merah akan bertahan lebih lama dalam sistem pencernaan manusia. Makan nasi merah bisa dikombinasikan dengan makanan lain yang menunjang diet Anda. Anda bisa menambahkan sayuran dan buah jika ingin mendapatkan manfaat dari mineral, vitamin, dan antioksidan. Karena itu jika memungkinkan ubah konsumsi dari karbohidrat simpel ke makanan yang termasuk karbohidrat kompleks. Makanan lain yang termasuk karbohidrat adalah roti gandum.

3. Kurangi konsumsi garam
Terlalu banyak sodium tidak baik bagi tubuh dan diet Anda. Ada diet tertentu yang bahkan melarang untuk mengonsumsi garam sama sekali. Cara seperti ini memang bisa menurunkan berat badan hingga lima kilogram dalam jangka waktu satu minggu.

Namun tentu hal ini sangat susah karena kita sudah sangat terbiasa makan memakai garam sepanjang hidup. Karena itu hal yang memungkinkan adalah mengurangi konsumsi garam. Usahakan makan makanan yang mengandung garam sesedikit mungkin.

4. Hindari makanan penggemuk
Untuk menunjang diet maka wajib menghindari makanan yang bisa menggemukkan. Makanan seperti ini memang lezat namun akan cepat menambah berat badan dan tidak sehat. Makanan seperti junk food, minuman bersoda, es krim, permen, dan minuman dengan kadar gula yang tinggi harus dihindari saat diet.

junk food

Makanan-makanan ini memang sangat lezat dan menggoda, karena itu motivasi untuk mencapai tujuan sangat penting. Makanan semacam itu memang lezat, namun kegemukkan bukanlah hal yang menyenangkan.

5. Cermati kalori harian
Kita mungkin tidak akan sempat untuk menghitung kalori harian dari makanan yang kita konsumsi, Namun kita bisa menjaganya dengan tetap memakan makanan yang rendah kalori. Makanan yang rendah kalori misalnya buah, sayuran, ikan, daging tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks.

6. Bakar kalori lebih banyak
Olahraga menjadi kegiatan pendamping yang cocok dalam program diet. Olahraga yang teratur di rumah, di gym, atau di lingkungan terbuka bisa menyehatkan dan mendukung program diet Anda. Aktivitas seperti berjalan, berlari, berenang, atau senam bisa Anda lakukan untuk mendukung program diet Anda. Usahakan untuk melakukan olahraga selama setengah jam lebih setiap harinya.

7. Perbanyak protein dibanding zat lain
Protein sebenarnya lebih bermanfaat dalam diet dibandingkan karbohidrat apalagi lemak. Makanan yang memiliki protein yang banyak, lebih memuaskan selera makan dan bermanfaat dalam diet. Makanan yang banyak mengandung protein misalnya ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.

Baca juga: 20 Makanan Berprotein Tinggi

8. Biasakan untuk sarapan
Sarapan bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Sarapan merupakan saat makan yang penting dalam sehari. Sarapan dengan menu yang pas bisa membantu Anda untuk memperoleh energi yang cukup dalam sehari. Sarapan juga mencegah Anda untuk kelaparan dan kelelahan pada siang hari dan sore hari.

9. Jangan makan terlalu malam
Mitos yang mengatakan bahwa makan terlalu malam bisa menyebabkan kegemukan ternyata ada benarnya. Makan terlalu malam bisa menimbun lemak dalam tubuh Anda. Hal ini karena metabolisme tubuh ketika tidur tidak maksimal sehingga banyak makanan yang tertimbun. Usahakan untuk makan paling malam pada pukul delapan.

10. Makan maknaan favorit Anda dengan batasan
Menghindari makanan favorit hanya akan menambah kemungkinan untuk makan berlebih dan pada makanan lain. Jadi makanlah makanan favorit Anda namun dangan batasan-batasan sehingga tidak merugikan diet. Jangan juga memakan dengan porsi yang banyak dan berlebihan.

11. Tambahkan bumbu dalam makanan Anda
Adanya bumbu yang banyak dalam makanan memungkinkan Anda untuk lebih cepat kenyang. Hal ini tentu mencegah Anda untuk makan lebih banyak. Namun usahakan untuk tidak menambah kadar garam dalam makanan Anda.

12. Jangan lampiaskan dengan makanan
Seringkali kita melampiaskan beberapa masalah emosi dengan makan. Mengatasi stres dan perasaan lain seperti sedih, bahagia, atau marah dengan makanan tidaklah menguntungkan bagi diet Anda. Ingat bahwa Anda sedang diet dan tidak benar-benar lapar.

Kebiasaan untuk makan jika sedang bosan juga sebaiknya Anda hindari. Anda bisa membantu diet dengan melakukan kegiatan yang membakar kalori. Kegiatan seperti olaharaga di rumah atau jalan-jalan di luar bisa menyehatkan, mengusir rasa bosan, dan membantu program diet Anda. Kegiatan laih seperti membaca atau menonton film yang bagus bisa juga dilakukan sebagai alternatif.

13. Makan makanan yang menunjang diet
Makanan yang menunjang diet Anda tentu sangat banyak. Misalnya adalah buah apel. Mengonsumsi apel satu buah setiap harinya bisa menyehatkan Anda. Konsumsi apel sebaiknya tidak dalam bentuk jus. Makanan lain adalah telur.

Sarapan dengan menu telur menjamin Anda mendapatkan energi yang cukup. Jeruk juga bisa membantu cara diet Anda. Jeruk jika dimakan setelah makan berat yang banyak mengandung protein ternyata bisa memacu proses pembakaran lemak. Selain makan-makanan ini, sayuran, buah lainnya, dan ikan juga menguntungkan dalam program diet Anda. Jadi Selamat Mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *