Mengenal Kebutuhan Anak Secara Detail

kebutuhan anak

Kebutuhan Anak yang dibutuhkan adalah perhatian dari orangtua atau keluarga serta pendidikan. Anak harus diberikan kebebasan untuk tumbuh dan kembang sendiri dengan potensi yang dimiliknya, tugas pendidik hanya mempengaruhi karena itu perlu pembiasaan, keteladanan, dan pembelajaran. Dengan memberi kegiatan pada anak perlu disesuaikan dengan perkembangan anak sehingga nanti dapat menjadi anak yang sehat, cerdas, dan ceria.

Lembaga pendidikan (PAUD) dapat memberikan kebutuhan bagi anak. Adanya sebuah lembaga pendidikan yang dibangun oleh pemerintah itu dimaksudkan untuk memberikan ruang dan waktu kepda anak usia dini untuk tumbuh dan berkembang melalui bermain dalam berbagai bentuk dan tema.

Dengan bermain anak akan merasa senang tanpa harus memiliki beban untuk hasil akhir. Pengaruh dari hasil bermain anak akan menimbulkan perkembangan fisik, dorongan berkomunikasi, penyalur bagi kebutuhan dan keinginan, belajar bermasyrakat, perkembangan diri, rangsangan untuk kreativitas.

Mengenal Kebutuhan Anak Secara Detail

Dalam sebuah keluarga, anak tentu menjadi hal yang sangat berharga. Orang tua yang baik dan menyayangi anaknya, tentu akan selalu berusaha memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin demi masa depannya. Lalu apa saja kebutuhan anak tersebut?

Kebutuhan Kasih Sayang
Sejak kecil, kebutuhan  yang paling utama adalah sebuah perhatian dan kasih sayang dari orang-orang sekitar, khususnya keluarga atau orang tua. Dengan kasih sayang yang cukup, seorang anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Anak tidak akan merasa sendiri, disisihkan, atau merasa ditelantarkan. Sebagai orang tua, Anda bisa menunjukkan kasih sayang dalam berbagai cara. Berikut contohnya:

  • Selalu mengajak anak untuk berkomunikasi. Selain untuk kebutuhan sosialisasi, hal ini akan menyebabkan terjadinya saling pengertian antara orang tua dan anak.
  • Memberikan segala kebutuhannya, mulai dari pendidikan sejak dini, materi, atau kebutuhan yang lain. Namun semua itu tentu dalam batas-batas yang wajar.
  • Selalu meluangkan waktu bersama anak, sehingga anak merasa diperhatikan secara utuh oleh orang tua.

Kebutuhan Pendidikan
Salah satu kebutuhan anak yang sangat penting adalah pendidikan. Tidak hanya pendidikan formal seperti belajar di sekolah, namun juga pendidikan non formal yang mampu membuat seorang anak tumbuh dengan pribadi yang baik. Bila diibaratkan, pendidikan formal adalah untuk kebutuhan otak anak, sedangkan pendidikan non formal adalah kebutuhan hati/pribadi anak.

  • Pendidikan Formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang bisa didapatkan seorang anak dari sekolah. Misalnya pelajaran matematika, pelajaran olah raga, maupun pelajaran lainnya. Untuk menambah wawasan seorang anak dalam hal ilmu pengetahuan, dan bertujuan untuk mengasah kemampuan otak anak untuk selalu berpikir dan membuatnya menjadi anak yang cerdas.
  • Pendidikan Non Formal. Pendidikan yang paling penting sebenarnya adalah pendidikan non formal, yang bisa didapatkan dari keluarga maupun orang lain. Pendidikan ini sudah menjadi kebutuhan anak sejak dini. Pendidikan non formal meliputi pendidikan moral, kesopanan, maupun pendidikan agama.

Pendidikan inilah yang akan membentuk pribadi seorang anak pada nantinya.

Baca juga: Sekolah Playgroup dan Perkembangan Intelegensia Anak

Kebutuhan Materi
Keperluan anak pastilah sangat banyak, mulai dari makan, pakaian, tempat tinggal, maupun fasilitas yang lain. Kebutuhan materi ini harus bisa dipenuhi semaksimal mungkin oleh orang tua agar anak hidup dalam kondisi yang benar-benar nyaman.

Kebutuhan Kebebasan
Kebebasan yang dimaksud tentu bukan kebebasan yang benar-benar mutlak. Seorang anak punya hak untuk bicara, hak untuk menuntut sesuatu yang baik untuk kehidupannya, seorang anak juga punya hak untuk menentukan bagaimana masa depannya.

Orang tua yang baik adalah orang tua yang demokratis, yaitu mendengarkan dan mengedepankan kepentingan seorang anak. Orang tua hanya bertugas untuk menuntun dan menggiring seorang anak agar ia terus berada dalam jalan yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *