andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Makanan Sehat Untuk Anak Bagi Tumbuh Kembangnya

4 min read

Makanan Sehat Untuk Anak

Makanan Sehat Untuk Anak – Perkembangan dan pertumbuhan seorang balita yang sehat dan normal itu merupakan dambaan bagi setiap orangtua dan keluarga. Keberhasilan proses pertumbuhan anak itu adalah tergantung pada asupan gizi yang baik atau menu makannya teratur dan sehat.

Mengatur menu makanan seusia dini memang hal yang sulit karena anak tidak semua dapat menerima menu makanan yang sehat dan bergizi karena anak seusia itu selalu saja ada kendala, misalnya alergi, sulit makan, dan gangguan kesehatan.

Menu makanan akan mempengaruhi terhadap perkembangan otak anak, untuk itu berikan anak sesuai dengan kebutuhan gizinya. Periode emas yang menentukan perkembangannya saat manusia dewasa adalah saat manusia berada dalam fase bayi. Artinya ini adalah peluang bagi orangtua untuk mengoptimalkan pertumbuhan si buah hati. Hal ini dapat diwujudkan dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan mulai membentuk pola makanan yang akan dikonsumsi oleh bayi. Resep balita atau bayi pun menjadi satu hal yang rasanya akan mulai menarik para orangtua.

Di usia 4 bulan kebutuhan gizi bayi masih bisa dipenuhi dari ASI. Namun pada umumnya, setelah lewat usia tersebut, bayi sudah memulai membutuhkan makanan tambahan yang sesuai dengan kemampuan pencernaannya. Ini lah waktunya bagi orangtua untuk memperkenalkan beragam makanan yang sehat dan sesuai dengan selera kebutuhan bayi.

Misalnya pada usia 4 bulan. Pada usia itu balita sudah bisa diberi sari buah dan susu, sedangkan, pada usia 6 bulan ke atas balita bisa dikenalkan dengan bubur susu yang kental.

Dalam menyediakan makanan untuk balita, kebutuhan gizi, vitamin dan mineral perlu diperhatikan. Jangan sampai ibu memberikan asupan di bawah standar kebutuhan gizi, karena hal tersebut bisa mengganggu proses pertumbuhan dan kesehatan pada tubuh bayi.

Baca Juga  Cara Mudah Menghilangkan Cacing Kremi pada Anak

Resep MPASI Bagi Balita Usia 6 Bulan
Makanan Sehat Untuk Anak kali ini dihidangkan untuk mengenalkan makanan pendamping ASI bagi bayi usia 6 bulan. Untuk balita yang usianya 6 bulan, pengenalan MPASI masih belum bisa berupa sesuatu yang padat dan keras, karena proses pencernaan pada balita masih belum baik dan hanya bisa menerima makanan yang lembut.

Menu sehat pendamping ASI bisa dibuat dari bahan-bahan yang banyak terdapat di pasaran. Salah satunya adalah jagung. Kandungan karbohidrat dalam jagung cukup baik bagi balita Anda. Berikut ini ada sebuah resep balita yang berbahan dasar jagung.

1. Bubur Jagung Wortel

Bubur Jagung Wortel

Bahan:

30 gram jagung manis
30 gram wortel
30 ml air
50 ml ASI

Cara membuat:

  • Kukus jagung dan wortel hingga matang
  • Setelah keduanya matang, masukan jagung dan wortel ke dalam blender untuk dihaluskan.
  • Hasil bubur jagung yang telah disaring, campurkan dengan ASI, lalu aduk hingga merata.
  • Menu makanan sehat ini tentu akan membuat si kecil suka, karena rasanya yang manis.

Selain jagung, ada beberapa bahan yang bisa menjadi bagian dari resep balita. Pada dasarnya, bahan-bahan yang digunakan sama dengan bahan pangan yang dikonsumsi oleh orang dewasa, yang membedakan adalah proses pembuatannya. Anda harus hati-hati, ingat bahwa sistem pencernaan balita Anda belum begitu kuat untuk mencerna makanan dengan tekstur yang keras.

Resep selanjutnya berbahan dasar buah, yaitu pisang. Apa saja yang dibutuhkan? Simak penjelasannya berikut ini.

2. Biskuit Susu Pisang

 

Pisang ambon memiliki kadar gula yang tinggi sehingga rasanya manis dan disukai oleh anak-anak. Selain itu, kadar seratnya juga tinggi dan bisa mencegah sembelit pada anak. Berikut ini langkah untuk membuat biskuit susu pisang, salah satu makanan sehat yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan balita Anda.

Baca Juga  Inilah Makanan Sehat Penunjang Diet

Bahan:

4 keping biskuit susu
1 buah pisang ambon
250 ml susu formula

Cara membuat:

  • Hancurkan biskuit susu. Lalu, rendam dengan susu sampai mengembang.
  • Keruk isi pisang ambon dengan sendok. Lalu campurkan ke dalam biskuit yang sudah direndam susu. Aduk hingga rata.
  • Membuat biskuit susu pisang ini tidak lah sulit. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak ada waktu membuatnya.

3. Bubur Bayam
Bayam merupakan sayuran yang mengandung vitamin A. Bayam juga kaya akan zat besi dan sangat baik untuk anak pada masa pertumbuhan dan para penderita anemia. Zat besi sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.
Berikut ini langkah pembuatan bubur bayam sebagai resep untuk balita Anda yang selanjutnya.

Bahan:

2 sdm beras, cuci sampai bersih
60 gram daun bayam, cuci bersih lalu potong-potong

Cara membuat:

  • Rebus beras dengan air atau kaldu, masak hingga mendidih.
  • Masukan irisan daun bayam. Masak sambil diaduk-aduk hingga beras lunak dan matang.
  • Tuangkan ke dalam tabung blender. Proses sampai lembut.

4. Nasi Tim Kacang Hijau
Kacang hijau kaya akan vitamin B1 yang berguna untuk metabolisme karbohidrat dan fungsi normal sel saraf. Sementara zat besi dalam kacang hijau berguna untuk mencegah anemia sehingga dapat meningkatkan konsentrasi pada anak.

Berikut ini langkah cara pembuatan makanan resep balita nasi tim kacang hijau, yang merupakan salah satu makanan sehat dan berguna untuk bayi atau anak balita berumur 9-12 bulan.

Bahan:

4 sdm beras
1 sdm kacang hijau
450 ml air kaldu daging
1 buah tomat
1 sdm bawang Bombay cincang

Cara membuat:

  • Masak kaldu daging, beras, kacang hijau, dan bawang Bombay. Masak hingga tekstur beras dan kacang hijau lunak. Lalu, tambahkan potongan tomat, masak sebentar, kemudian angkat.
  • Tuang nasi ke dalam alat untuk mengetim. Masak selama 30 menit atau hingga tekstur nasi benar-benar lunak.
  • Masukan kedalam tempat saji.
Baca Juga  Cerita Dongeng Timun Mas

Memberikan perhatian bisa dalam bentuk menyiapkan makanan untuk anak Anda. Khususnya bagi anak Anda yang masih balita. Resep balita dengan ragam pilihan bahan dan kandungan nutrisi bisa membantu Anda menyuguhkan makanan-makanan terbaik untuk anak tercinta agar tumbuh kembangnya optimal

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *