Salah satu masalah paling umum yang kerap dihadapi ibu menyusui adalah payudara lecet, terutama dibagian puting payudara. Buat Anda yang merasa terganggu, ada beberapa tips menyusui bayi saat payudara lecet yang benar perlu Anda ketahui. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

Tips Menyusui Bayi Saat Payudara Lecet yang Benar

Diperkirakan ada sekitar 9 dari 10 wanita yang mengalami masalah pada payudaranya di masa menyusui. Sebagian wanita menyusui mengalami lecet ringan yang akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tetapi, ada pula yang mengalami masalah tersebut hingga berminggu – minggu lamanya. Tentunya kondisi ini ada banyak penyebabnya, beberapa yang paling umum adalah cara menyusui yang salah atau pelekatan menyusui yang tidak benar hingga terjadi infeksi.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut adalah tips menyusui bayi saat payudara lecet yang benar.

Melakukan Proses Menyusui yang Benar di Tempat Tidur
Apabila kondisi Anda kebetulan lagi santai, maka disarankan untuk menyusui bayi di tempat tidur sehingga menjadi lebih mudah dan pastinya juga tidak terasa nyeri pada bagian puting payudara. Selain itu, Anda juga perlu melakukan proses menyusui dengan posisi setengah berbaring dan jangan lupa pakai bantalan di area kepala, leher sampai ke bagian punggung atas. Tujuannya, agar posisi tubuh tidak terlalu landai. Posisi tersebut bahkan juga lebih memudahkan ASI untuk keluar lebih lancar.

Menyusui dengan Satu Payudara dan Perah dari Payudara Satunya
Pada saat payudara Anda lecet cukup parah, ada baiknya Anda menyusui dengan satu payudara saja dibagian payudara yang kondisi kulitnya masih mulus. Sementara itu, untuk payudara yang sudah lecet bisa diperah atau dipompa menggunakan breast pump. Dengan cara ini maka tidak akan membuat payudaramu terasa nyeri sebab puting tidak langsung menempel pada bagian permukaan pump.

Baca Juga  Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam

Tepat Waktu Saat Menyusui
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan waktu lapar bayi, bila perlu Anda bisa membuat jadwal untuk menyusui. Payudara yang sakit biasanya cenderung membuat Anda sering mengulur – ulur waktu untuk menyusui, padahal kondisi tersebut justru semakin membuat payudara Anda sakit. Pada saat terlalu lapar, bayi pastinya akan mengisap payudara lebih kuat dari biasanya sehingga yang demikian membuat puting payudaramu semakin lecet.

Oleh karenanya, penting untuk melakukan proses menyusui di waktu yang tepat, sesuaikan saja dengan jadwal makan bayi Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengoleskan puting payudara dengan ASI. Pasalnya, ASI dipercaya cukup berguna untuk mengurangi lecet. Sebab, ASI bisa membuat kulit payuudara menjadi lebih lembab dan lembut.

Menggunakan Nipple Shield
Solusi lain yang tidak kalah mudahnya untuk membuat payudaramu tidak semakin lecet saat menyusui adalah dengan menggunakan nipple shield. Penggunaan alat tersebut dipercaya dapat membuat puting payudara tidak langsung tergesek dengan mulut bayi sehingga dapat mengurangi lecet pada payudara.

Nipple shield memiliki bentuk mirip payudara dan puting ibu menyusui, juga memang direkomendasikan untuk melindungi payudara selama menyusui.

Memeriksa Kondisi Lidah Bayi Saat Menyusui
Apabila bayimu kerap kelaparan lebih sering, bahkan seakan – akan tidak pernah kenyang, tetapi saat disusui mulut bayi justru sering terlepas dari payudara, ada baiknya Anda segera periksa kondisi lidahnya. Bisa jadi bayi Anda mengalami tongue tie. Ini merupakan kondisi kelainan pada bagian selaput yang ada di bawah lidah sehingga membatasi pergerakan lidah bayi. Kondisi tersebut membuat mulut tidak bisa menempel dengan baik ke payudara saat bayi menyusui, sehingga bayi hanya bisa mengisap bagian puting Anda saja.

Baca Juga  Bercinta Saat Hamil, Bolehkah?

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips menyusui bayi saat payudara lecet yang benar. Semoga bermanfaat.