Posisi Menyusui Bayi yang Tepat

6 min read

posisi menyusui bayi

Posisi Menyusui Bayi seringkali menjadi masalah bagi ibu baru. Umumnya, mereka bingung menemukan posisi menyusui yang tepat. Posisi ketika sedang menyusui yang tepat penting bagi kelancaran ibu menyusui bayinya.

Jika ibu dan bayi sama-sama merasa tak nyaman, bukan tidak mungkin menyusui menjadi saat yang kurang menyenangkan. Padahal, seharusnya menyusui menjadi saat yang baik untuk membangun bonding antara ibu dan anak. Sayang sekali rasanya jika melewatkan kesempatan ini.

Menyusui Bayi

Kegiatan menyusui ini adalah sebuah hal yang ketika dicermati dengan saksama dan tenang maka akan menunjukan betapa sangat besar karunia dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Karena memang kegiatan menyusui ini adalah akan menentukan bagaimana perkembangan dari bayi tersebut.

Bayi menyusu kepada ibu. Air susu yang dihasilkan oleh ibu ini terproduksi dengan sedemikian rupa sehingga memang dapat dihasilkan oleh ibu. Dan air susu ibu inilah yang akan menjadi makanan utama bagi si bayi. Selain itu, menurut banyak penelitian, air susu ibu ini sangat banyak mengandung berbagai zat yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan dari si bayi itu sendiri.

Menyusu adalah sebuah hal yang memang sangat penting bagi bayi karena merupakan layaknya mengkonsumsi makanan bagi orang dewasa. Untuk itu, dalam kondisi menyusui ini haruslah dicari segala hal yang dapat membuat bayi merasa aman dan nyaman sehingga akan memberikan kegiatan menyusu yang memiliki kualitas bagi si bayi.

Baca juga: Gizi Yang Tepat Untuk Ibu Menyusui

Salah satu hal yang patut untuk diperhatikan bagi bayi yang menyusu adalah posisi saat sedang menyusui. Hal ini akan menentukan bagaimana nyamannya bayi saat menyusu sehingga harus sangat untuk diperhatikan bagi ibu.

Lalu apa saja yang hal-hal yang harus diperhatikan untuk menyusui bayi dengan tepat? Setidaknya ada tiga hal yang menjadi perhatian utama kita, yaitu posisi ketika sedang menyusui yang tepat bagi ibu; posisi ketika sedang menyusui yang tepat bagi bayi, dan jenis-jenis posisi ketika sedang menyusui yang lazim dilakukan.

Posisi Menyusui yang Tepat Bagi Ibu

Ibu memang harus memahami bagaimana untuk memberikan posisi saat menyusui yang tepat bagi bagi. Posisi ini akan memberikan kenyamanan bagi ibu serta juga akan membuat bayi mudah untuk menyusu.

Baca Juga  Jenis Imunisasi dan Manfaatnya

Aturlah tempat duduk sedemikian rupa sebelum menyusui. Duduklah pada sebuah tempat yang datar serta memiliki sandaran bagi punggung Anda. Misalnya kursi berlengan, kursi goyang, tempat tidur, sofa besar yang empuk, dan lain-lain. Cobalah beberapa tempat. Setelah beberapa saat Anda akan menemukan tempat yang paling nyaman.

Sediakan beberapa buah bantal untuk mendukung kegiatan menyusui Anda. Tempatkan satu bantal pada bagian punggung Anda, satu bantal di bawah tubuh bayi Anda, sedangkan satu lagi untuk menopang lengan Anda. Saat ini di toko-toko perlengkapan bayi tersedia pula bantal khusus untuk menyusui. Bantal menyusui digunakan melingkar pada pinggang ibu sehingga dapat menopang bayi dengan baik.

Jangan lupa menyediakan sebuah penyangga kaki, misalnya tempat duduk kecil. Penyangga kaki ini membantu Anda membuat pangkuan sesuai dengan ketinggian yang Anda inginkan agar Anda tak perlu membungkukkan punggung saat menyusui.

Posisi Menyusui yang Tepat Bagi Bayi

Selain kenyamanan bagi ibu, Anda perlu memikirkan kenyamanan bayi. Saat menyusui dekaplah tubuh bayi ke arah tubuh Anda. Tempatkan kepala bayi pada lekukan siku Anda, tempatkan punggungnya di sepanjang lengan. Telapak tangan Anda dapat menyangga bagian pantat bayi.

Tarik dan hadapkan tubuhnya hingga dia menghadap tubuh Anda. Tempatkan bagian mulutnya pas di depan payudara. Caranya dengan mengangkat tubuh bayi menggunakan tangan serta meletakkan bantal di bawah tubuh bayi untuk menyangganya. Posisikan bagian perutnya agar bertemu dengan perut Anda. Perhatikan letak kepalanya. Jangan sampai dia mendongak atau terlalu memiringkan kepala saat menghisap payudara.

Tiga Jenis Posisi Menyusui

Tiga posisi ketika sedang menyusui dasar ini dapat Anda coba lakukan. Pilihlah mana yang menurut Anda paling nyaman bagi Anda dan bayi. Semakin sering Anda berlatih, semakin mahir pula Anda menyusui dengan berbagai macam posisi.

1. Duduk

Menyusui dengan duduk merupakan posisi ketika sedang menyusui yang paling populer dan banyak digunakan. Posisi ketika sedang menyusui ini pada dasarnya mirip seperti saat Anda memeluk dan mengayun bayi. Saat menyusui dengan posisi duduk, jangan biarkan tubuh bayi menjuntai dari tubuh Anda karena ini akan membuat posisi tubuh ibu dan bayi kurang nyaman.

Baca Juga  Mempelajari Penyebab Terlambat Menstruasi bagi Remaja

Menyusui saat duduk ini, bayi dapat disusukan ke payudara kanan ataupun payudara kiri. Ketika menyusui payudara kiri, maka bayi diletakkan di pangkuan, tangan kiri melingkar pada kepala bayi. Tangan kiri ini memiliki peran untuk menjaga kemudahan dari mulut si bayi untuk menghisap puting si ibu.

Sedangkan tangan kanan dari si ibu dapat digunakan untuk memegang dari payudara ibu guna memberikan kenyamanan pada mulut si bayi. Dengan kerjasama dari dua tangan ini maka akan memberikn kenyamanan bagi si bayi saat menyusu.

Ketika bayi sudah agak dewasa, ibu dapat meletakkan bayi di pangkuan dengan cara duduk dengan kaki melingkar di paha ibu. Seperti hendak akan digendong. Atau bayi melingkar di bagian depan ibu seperti hendak akan membopong si bayi.

Hal ini akan memberikan rasa nyaman kepada bayi selain juga menyalurkan rasa hangat yang ada di tubuh ibu ke tubuh bayi itu sendiri. Selain juga mempererat tali hubungan yang ada di antara bayi dan juga ibu.

Selain menyusui satu bayi, dengan posisi duduk ini, ibu juga dapat untuk menyusui dua bayi, misalnya untuk bayi kembar atau ibu sedang melakukan tandem nursing atau ibu menyusui dua bayi yaitu bayi yang lahir dalam jangka waktu yang tak terlalu lama.

Kedua bayi dapat didudukan di pangkuan ibu, satu bisa dengan posisi digendong sedangkan satu lagi yang lebih dewasa dapat dengan duduk melingkar di pangkuan ibu. Satu bayi dengan payudara yang kanan sedangkan satu bayi yang lain dengan payudara yang kiri. Yang paling penting adalah untuk memberikan rasa nyaman dan kemudahan bagi bayi untuk dapat menyusu kepada ibu.

2. Berbaring Miring

Menyusui dengan berbaring miring merupakan posisi ketika sedang menyusui yang dapat dilakukan pada ibu yang ingin menyusui sembari beristirahat. Posisi ini juga nyaman bagi ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar. Posisi ini juga akan memberikan rasa yang nyaman bagi ibu yang memang sudah merasa capek dan lelah akan segala aktivitas yang ada dan ingin untuk beristirahat dengan cara berbaring.

Baca Juga  5 Tanaman Obat Pelangsing Alami

Untuk itu, ibu memang harus belajar untuk dapat menyusui bayinya dengan cara berbaring ini. karena ternyata tidak semua ibu dapat melakukan hal ini yaitu menyusui bayinya dengan cara berbaring. Ibu harus dapat untuk mengetahui cara melakukan hal ini.

Berbaringlah bersebelahan dengan bayi dan saling berhadapan. Gunakan bantuan beberapa bantal untuk menyangga tubuh. Letakkan bantal di kepala dan punggung Anda. Letakkan juga satu bantal pada bagian belakang tubuh bayi. Lalu susuilah seperti biasa.

Pastikan bahwa memang posisi bayi nyaman, yaitu sedang miring. Untuk bayi yang masih berusia dini memang masih akan terlihat rentan sekali untuk membuat posisi tubuh bayi menjadi miring. Namun ketika memang bayi sudah beranjak dewasa maka memiringkan posisi tubuh bayi tidak lagi akan memberikan masalah. Yang penting adalah bayi nyaman dalam menyusu. Ibu dapat memberikan bantal atau guling kecil di belakang tubuh si bayi guna menyangga tubuh tersebut.

3. Duduk dengan Posisi Bayi di Ketiak

Posisi ketika sedang menyusui dengan duduk dapat pula dilakukan dengan meletakkan tubuh bayi pada kempitan Anda. Selain untuk menyusui bayi yang terlahir tunggal, posisi ini dapat dilakukan untuk menyusui bayi kembar. Pada awalnya mungkin Anda membutuhkan bantuan untuk menyusui bayi kembar secara bersamaan dalam posisi ini.

Duduklah pada kasur yang nyaman. Tekuk kedua kaki Anda sehingga dapat menyangga bayi dengan baik. Pegang tubuh bayi dan letakkan tubuhnya pada kempitan. Gunakan telapak tangan Anda menyangga kepala dan lengan menyangga tubuh bayi di bagian punggung. Letakkan pantat bayi pada bantal penyangga. Lalu arahkan mulutnya pada payudara.

Itulah beberapa posisi menyusui bayi yang dapat dilakukan ibu kepada bayinya. Semuanya dilakukan dengan tepat agar memang dapat memberikan rasa nyaman dan mudah bagi bayi ketika sedang menyusu.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *