Mengorek Lebih Dalam Strategi Pemasaran Bisnis Makanan

strategi Pemasaran Bisnis Makanan

Strategi Pemasaran Bisnis Makanan – Bisnis Makanan adalah bisnis yang tak pernah surut sepanjang masa. Makanan adalah kebutuhan primer manusia. Makhluk hidup mana yang bisa bertahan hidup tanpa makanan? Dalam daftar belanja bulanan para ibu rumah tangga, makanan selalu ditempatkan di posisi nomor satu. Setelah itu baru disusul kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Kalau sudah bicara makanan, pasti tidak akan ada habisnya dan takkan pernah membuat kita jenuh. Di samping penting buat kelangsungan hidup, makanan juga kerap dijadikan sarana rekreasi. Maka tak heran jika sampai ada acara televisi berjudul “Wisata Kuliner“, yang ratingnya cukup tinggi. Makanan disamping untuk memuaskan kebutuhan primer, juga bisa memuaskan kebutuhan manusia akan hiburan.

Seiring dengan kemajuan zaman, manusia kini banyak menciptakan berbagai macam makanan yang tak sekadar membuat perut kenyang. Kini, makanan banyak diolah sedemikian rupa sehingga menarik dan berkualitas dari segi rasa, gizi, maupun tampilannya.

Strategi Pemasaran Bisnis Makanan

Bisnis Makanan
Bisnis makanan yang dipandang menguntungkan, menyebabkan banyak orang mencoba dibidang ini. Beramai-ramailah orang menerjuni bisnis ini. Tak terhitung jumlah rumah makan di bumi Nusantara ini. Mulai dari kelas warung di pelosok desa, rumah makan menengah di pinggiran kota, hingga café dan resto mewah di tengah gempita metropolitan.

Baca juga: Prospek Bisnis Kue Yang Menjanjikan

Modal utama menerjuni bisnis kuliner adalah kesungguhan dalam menjalankan usaha. Alias tidak boleh setengah-setengah. Yakin pada kemampuan diri sendiri bahwa kita mampu menjalankan bisnis ini dan meraih sukses. Seperti halnya bisnis lain, bisnis kuliner bukanlah bisnis tanpa resiko. Potensi kegagalan selalu ada, apalagi jika Anda bukan tipe orang yang sabar dan konsekuen. Yang jelas, tak ada kesuksesan yang instan. Semua dicapai melalui proses kerja keras dan ikhtiar yang tak pernah putus.

Strategi Pemasaran Rumah makan
Walaupun bisnis makanan merupakan peluang yang menjanjikan dan telah banyak mencetak pengusaha sukses, namun jangan lupa tak sedikit pula pelaku usaha kuliner yang gulung tikar. Kegagalan yang terjadi biasanya disebabkan strategi pemasaran yang kurang tepat. Berniat menerjuni usaha makanan? Berikut beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda coba.

Tahukah Anda bahwa sembilan puluh persen dari semua rumah makan merugi bisnisnya pada tahun tahun pertama. Hal ini mungkin disebabkan karena beberapa alasan seperti makanan tidak menarik, layanan buruk atau strategi pemasaran yang buruk.

Anda dapat memastikan bahwa makanan di rumah makan adalah kualitas atas dan layanan sempurna, tetapi Anda perlu ide-ide pemasaran yang baik jika Anda ingin membuatnya sukses. Bisnis rumah makan adalah salah satu sulit, dengan rumah makan baru banyak yang Anda harus saingi dengan serta memikat pelanggan jauh dari rumah makan lama.

kedai expo kediri

Selain itu, pelanggan rumah makan Anda akan terkenal gampang berubah-ubah dan akan makan di tempat lain jika Anda membuat satu kesalahan. Jadi, sangat penting bahwa rumah makan Anda seharusnya tidak hanya melayani makanan paling lezat dengan layanan besar tetapi harus memiliki strategi pemasaran yang tepat.

1. Kenali Kelompok Sasaran Anda

Anda tahu dan percaya bahwa makanan yang Anda sajikan di rumah makan Anda sangat enak dan lezat. Tapi pelanggan Anda tidak tahu itu. Anda harus terlebih dahulu mengenali target pelanggan Anda dan menempatkan beberapa iklan dari rumah makan Anda di surat kabar, majalah dan newsletter.

2. Beriklan di Koran

Jika Anda memiliki sebuah rumah makan kelas atas dengan menu à la carte dan daftar beverage yang mengesankan, maka yang terbaik adalah untuk menjalankan iklan penuh warna dari rumah makan Anda di surat kabar lokal. Jika di sisi lain, rumah makan Anda lebih seperti rumah makan ramah lingkungan yang melayani makanan keluarga yang terjangkau, kemudian menempatkan iklan di buletin dan memberikan selebaran sudah cukup.

3. Ikut Acara / Festival

Salah satu ide-ide pemasaran yang terbaik adalah menjadi tuan rumah acara makanan dengan tema khusus seperti makanan Hawaii, makanan Italia atau masakan populer tetapi eksotis lainnya. Pastikan bahwa makanan yang Anda berikan memiliki banyak variasi dan menghias rumah makan dalam tema itu. Ini adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk datang ke rumah makan dan memberikan Anda tetap alasan untuk datang kembali.

4. Mengadakan Kontes

Pengorganisasian kontes adalah salah satu ide-ide pemasaran yang terbaik. Anda dapat memiliki kontes seperti lomba makan mie, lomba makan wortel atau membuat beberapa makanan penutup yang lezat. Pemenang dapat disajikan dengan makan malam gratis untuk selama beberapa hari.

Beberapa hal lain yang harus Anda ingat adalah untuk mengocok menu Anda setiap dua atau tiga bulan sehingga Anda memiliki lebih banyak ragam dan dapat menggabungkan buah-buahan dan sayuran berdasarkan musiman.

5. Nama yang Unik

Buatlah konsep yang beda, penuh dengan inovasi dan kreativitas. Spesifikasikan jenis makanan yang dijual. Contohnya, jika Anda ingin menjual bebek dan ayam goreng. Karena sudah banyak orang yang berjualan bebek dan ayam goreng, maka berkreasilah dengan menciptakan nama yang unik! Misalnya dengan pemberian nama “Bebek Goreng Hitam Manis” atau “Bebek Mercon”. Pemberian nama yang unik dan lucu bisa mengundang penasaran para pembeli untuk mencobanya. Siapa tahu pembeli-pembeli baru ini kelak menjadi pelanggan setia Anda.

6. Memikat Konsumen

Keluwesan menyapa dan melayani pembeli merupakan keterampilan yang sangat menunjang kesuksesan bisnis kuliner Anda. Jika Anda ingin punya pelanggan tetap dan usaha makanan Anda meraih sukses, Anda harus bisa menarik dan memikat konsumen. Minimal sambut pelanggan dengan senyum ramah-tamah. Perlakukan pelanggan layaknya raja dan ratu yang mulia.

7. Potongan Harga / Diskon

Berikan potongan harga pada event-event tertentu, misalnya saat grand opening rumah makan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan paket hemat pada hari-hari tertentu, misalnya memberikan harga paket keluarga di hari libur. Potongan harga merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke usaha Anda. Gunakan brosur, pamflet, atau spanduk untuk mempromosikan potongan harga yang Anda tawarkan.

8. Ciptakan Inovasi Baru

Jangan hanya berpaku pada satu jenis menu makanan saja. Berikan juga pengunjung satu jenis makanan yang bisa dibikin apa saja. Misalnya Bebek Saos Inggris, Bebek Panggang Rica-rica, Burger Bebek atau Pizza Bebek. Menarik bukan?

9. Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan disini menyangkut masalah kebersihan, waktu penyajian makanan dan kualitas rasa makanan, juga keamanan. Kebersihan meliputi kebersihan tempat kita berjualan, kebersihan si penjual, dan tentu saja kebersihan makanan yang dijual. Selain itu, jangan membuat pelanggan kecewa dengan waktu penyajian makanan yang terlalu lama atau kualitas rasa makanan yang tidak enak.

10. Menggunakan Digital Marketing

Di Era industri 4.0 ini banyak sudah resto atau cafe yang menggunakan digital marketing sebagai pilihan utamanya, misalnya seperti beriklan di facebook atau instagram atau bahkan bisa juga menggunakan website untuk menarik pelanggan dengan tampilan landing page anda yang menarik. Anda juga bisa menggunakan jasa Marcom ( Marketing Comunication) Untuk bisa lebih powerfull dalam mengenalkan produk atau restoran anda ke masyarakat luas.

Bagaimana? Sudah memiliki bayangan tentang “gebrakan” yang Anda buat untuk melejitkan usaha bisnis makanan Anda? Segera lakukan action agar angan-angan anda tidak terbuang begitu saja. Demikian yang bisa admin share tentan Strategi Pemasaran Bisnis Makanan, semoga bermanfaat dan selamat berkaktifitas kawan.

2 Comments

    1. untuk pemasaran bisnis makanan, yang tepat menggunakan markom (marketing komunikasi) gan yang tugasnya memang memblow up dan membooming kan bisnis makanan yang baru kita mulai. Untuk jasa backlink sekarang banyak ya dan itu juga bisa jadi bisnis baru juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *