Memilih Bisnis Dan Investasi Yang Tepat

5 min read

bisnis dan investasi

Bisnis Dan Investasi – Ketika Anda hendak berbicara mengenai bisnis investasi hal berikut yang harus menjadi perhatian Anda adalah investasi. Dalam kondisi perekonomian yang sangat tidak stabil sekarang ini, sangat penting bagi Anda untuk memilih satu jenis investasi yang tentu saja menguntungkan bagi Anda saat ini dan masa depan tapi juga aman.

Ada beberapa jenis investasi yang memang diperuntukkan bagi mereka yang tertarik untuk memiliki masa depan yang lebih baik. Investasi dalam bidang property contohnya.

Jenis investasi ini memang sangat-sangat menguntungkan karena harga tanah dan rumah setiap tahun tetap akan naik namun ada satu kelemahan jenis bisnis ini, yaitu Anda hanya bisa menikmatinya nanti ketika harga tanah dan rumah yang Anda beli hari ini menjadi berpuluh-puluh kali lipat di kemudian hari.

Memilih Bisnis Dan Investasi Yang Tepat

Oleh karena itu, investasi jenis ini hanya cocok bagi mereka yang memiliki rencana jangka panjang saja bukan untuk jangka pendek. Sementara, selain investasi jangka panjang, Anda juga memerlukan untuk investasi jangka pendek dan lewat sistem bisnis investasilah Anda bisa berbisnis dan berinvestasi dalam waktu yang bersamaan.

Baca juga: Benarkah Investasi Tanah Menguntungkan?

Memahami Investasi

Aktivitas investasi adalah istilah untuk kelompok luas dari kegiatan yang mencakup setiap uang yang dihabiskan untuk sesuatu yang mungkin untuk meningkatkan nilai. Paling umum, kegiatan investasi melibatkan pembelian saham, obligasi, sertifikat deposito, reksa dana, atau real estate. Kegiatan investasi juga dapat mencakup memasukkan uang ke dalam rekening tabungan, atau bahkan berinvestasi dalam seni atau barang berwujud lainnya bahwa individu percaya kemungkinan akan meningkat nilainya.

Bila uang yang dihabiskan, dapat dihabiskan untuk aktiva atau kewajiban. Liabilitas adalah sesuatu yang tidak meningkatkan nilai. Sebagai contoh, uang yang dikeluarkan untuk membeli pizza, meja kopi, atau mobil baru, umumnya tidak dianggap sebagai investasi atau kegiatan investasi. Uang yang diinvestasikan dalam item ini dihabiskan, dan item tersebut tidak akan meningkatkan nilai atau memberikan pengembalian pengeluaran awal Anda.

Baca Juga  Gurihnya Bisnis Ternak Belut dengan Omset Jutaan Rupiah

Beberapa pembelian, bagaimanapun, dirancang untuk menyediakan Anda dengan laba atas investasi Anda. Sebuah pengembalian investasi Anda berarti bahwa investasi awal idealnya akan tumbuh atau untuk memberikan kembali lebih dari yang Anda masukkan ke dalamnya. Peningkatan uang, atau laba atas investasi, dapat berasal dari bunga yang dibayarkan, dari kenaikan harga saham atau dana bersama, dari dividen yang dibayarkan oleh perusahaan, atau dari nilai aktual dari aset itu sendiri meningkat.

Sebagai contoh, jika sebuah saham diberikan dibeli sebesar Rp10 perak per saham dan kemudian naik harga menjadi Rp 11 perak per saham, individu mengalami kembali Rp 1 pada investasinya, atau kembali 10 persen atas investasi itu. Jika sebuah real estat yang dibeli sebesar Rp 100.000 rupiah dan nilai di pasar naik menjadi Rp150.000 rupiah, individu menerima pengembalian Rp. 50.000 pada investasinya, atau kembali 50 persen.

Aktivitas investasi adalah bagian penting dari perencanaan keuangan. Kegiatan seseorang dalam investasi idealnya harus menghasilkan pendapatan yang cukup bagi individu yang hidup dari pensiun di saat ia tidak lagi mendapatkan gaji. Sebagai contoh, jika seseorang ingin bisa hidup pada Rp 50.000 per tahun, maka kebanyakan ahli merekomendasikan dia menyimpan cukup bahwa laba atas investasi – dalam bentuk bunga atau pendapatan lain yang dibayarkan – cukup untuk menghasilkan bahwa 50.000 rupiah sehingga ia tidak perlu menyentuh pokok investasinya. Dengan demikian, ketika terlibat dalam kegiatan investasi, penting baik untuk mengabdikan sejumlah cukup uang untuk mencapai tujuan investasi dan investasi untuk penelitian hati-hati untuk memastikan mereka adalah kendaraan investasi yang bijaksana.

Ragam Investasi

Terdapat berbagai macam jenis bisnis investasi yang bisa Anda pilih sekarang ini. Ada jenis investasi yang menawarkan Anda keuntungan berkala seperti contohnya, partnership investment. Lewat jenis investasi ini Anda bisa mendapatkan keuntungan secara berkala, dimana yang harus Anda lakukan hanyalah menginvestasikan uang Anda pada satu jenis bisnis tertentu dan posisi Anda hanya sebagai pemodal pasif, tapi setiap bulannya Anda akan mendapatkan sekian persen keuntungan dari dana yang sudah Anda investasikan. Jadi tidak seperti investasi properti yang memerlukan waktu yang cukup lama sebelum Anda bisa menikmati keuntungannya.

Baca Juga  Tips Menjadi Seorang Marketing Handal

Artikel Menarik Lainnya: Investasi Properti, Cara Pintar Beternak Uang

Selain itu juga, dewasa ini Anda mungkin tidak heran lagi ketika banyak orang tidak lagi berbondong-bondong pergi mendaftarkan pekerjaan tapi justru mereka berlomba-lomba untuk membuka lapangan pekerjaan. Terdapat berbagai macam jenis ide bisnis yang bisa Anda gunakan untuk menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi para pencari kerja. Mungkin Anda bisa memanfaatkan sektor pariwisata daerah Anda dengan membuka travel agent yang akan membantu para pengunjung dengan mudah memiliki akses ke daerah-daerah wisata, atau mungkin jika Anda suka memasak.

bisnis dan investasi

Tidak ada salahnya memulai suatu usaha dengan membuka warung makan kecil-kecilan dekat kampus-kampus karena asalkan sehat, bersih dan murah, tidak ada alasan bagi para mahasiswa mahasiswi kelaparan untuk tidak berkunjung ke warung Anda. Selain itu jika Anda memiliki keahlian khusus seperti misalnya membuat kerajinan dari manik-manik, Anda bisa mulai membuat suatu home industry dimana Anda bisa mengajak anak-anak putus sekolah di sekitar rumah Anda untuk tetap bisa berkarya dan menghasilkan.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda ingat dalam menjalankan suatu bisnis ataupun investasi, yaitu Anda harus selalu update dengan kondisi perekonomian dan trend masyarakat sekarang ini.

Investasi Komoditas

Investasi komoditas adalah salah satu proses investasi bisnis, yang memasuki perjanjian untuk membeli atau menjual komoditas fisik, instrumen keuangan, dan mata uang. Kontrak bisa untuk pembelian baik kontrak berjangka atau opsi pada berjangka. Keduanya adalah kontrak standar dan mengikat secara hukum yang panggilan untuk pengiriman komoditi pada tanggal yang ditentukan, harga, dan waktu.

Komoditas berjangka yang diperdagangkan di lantai bursa komoditas terutama di Amerika Serikat, London, dan Jepang. Semua bursa berjangka telah membersihkan rumah yang menjamin bahwa semua perdagangan diselesaikan menurut aturan pasar yang berlaku. Ketika perdagangan dibuat, peran lembaga kliring adalah untuk masuk dan fungsi sebagai pembeli atau penjual di kedua sisi perdagangan. Bursa komoditas yang diatur oleh pemerintah. Di Amerika Serikat, badan pengawas adalah Commodity Futures Trading Commission.

Baca Juga  Jasa Logistik Terbaik Di Indonesia

Pasar komoditas ini pada awalnya didirikan sebagai sistem bagi para produsen komoditas, seperti pertanian dan petani ternak, untuk melakukan pengawasan dan pelatihan beberapa ukuran kontrol atas volatilitas harga dalam bisnis masing-masing. Pasar komoditas memungkinkan produsen untuk mengamankan harga untuk produk mereka untuk komoditas ketika dibawa ke pasar. Hal ini membantu mengurangi risiko jika harga menjalani penurunan tak terduga.

Jangan Mudah Tergiur Investasi Bodong

Tentu saja Anda tidak boleh langsung percaya dengan seseorang yang menawarkan suatu investasi yang terlihat menarik dan terbukti menguntungkan (awalnya) seperti kasus terkenal Koperasi Langit Biru. Tapi walau Anda sudah menjadi partner mereka, mereka tidak cukup transparan terhadap Anda.

Anda patut curiga karena dalam dunia bisnis selain kejujuran, transparansi dalam berbisnis juga menjadi perhatian utama, karena kalau tidak begitu bagaimana Anda bisa yakin bahwa keuntungan yang Anda dapatkan setiap bulan memang hak Anda atau malah kurang dari jumlah hak yang seharusnya Anda terima.

Selain itu, ketika mempelajari suatu trend di masyarakat maka Anda akan tahu juga apa yang sedang menjadi trend di pasar. Seperti contohnya, dalam bidang pariwisata di Indonesia saat ini, trend menunjukkan bahwa orang-orang lebih tertarik untuk berkunjung ke pulau eksotik menikmati keindahan alam bawah laut dari pada shopping di Paris.

Jadi ada baiknya bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis travel agent untuk juga menyediakan layanan bagi mereka yang tertarik untuk mengunjungi Karimunjawa di Jawa Tengah atau Pulau Tidung di Kepulauan Seribu.

Jadi sudahkah Anda menentukan apa yang menjadi pilihan investasi bisnis Anda? Jika belum, beberapa alternative diatas bisa Anda jadikan sebagai referensi

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *