Kenali Tanda Kehamilan Yang Membahayakan

tanda kehamilan yang membahayakan

Tanda kehamilan yang membahayakan yang akan kita bahas di sini adalah yang berkaitan dengan kelainan pada kehamilan. Kelainan pada kehamilan adalah kondisi dimana proses pembentukan janin tidak berjalan semestinya.

Kehamilan jenis ini tidak bisa dipertahankan karena memiliki resiko membahayakan buat jiwa ibu dan merupakan penantian yang sia-sia. Contoh kelainan kehamilan adalah mola hidatidosa, hamil di luar kandungan, dan kehamilan kosong.

Tanda Kehamilan Yang Membahayakan

1. Hamil Anggur (mola hidatidosa)

Mengapa disebut dengan hamil anggur? Hal itu tidak lain karena bentuknya yang bergerombol seperti anggur. Nama yang sebenarnya adalah mola hidatidosa, yaitu kelainan kehamilan dimana pembentukan janin tidak sempurna. Mola hidatidosa merupakan sejenis tumor yang terbentuk karena kegagalan bakal janin. Bakal janin ini pecah dan membentuk jaringan permukaan membran seperti buah anggur yang menggerombol.

Tumor ini berasal dari trofoblas, yaitu sel yang berada dibagian tepi sel telur yang telah dibuahi. Trofoblas ini akan berubah menjadi plasenta dan membran yang akan mensuplai makanan pada janin. Mola hidatidosa adalah kelainan kehamilan yang dapat berujung penyakit karena tumor ini dapat berkembang menjadi kanker yang ganas. Faktor terjadinya mola hidatidosa, yaitu:

  • Sel telur tidak mempunyai inti atau sistem aliran darah pada janin berubah saat usia kehamilan mencapai 3 sampai 4 minggu
  • Terjadinya peningkatan cairan sel trofoblas yang disebabkan oleh aliran sirkulasi darah yang terus menerus sementara bakal janin tidak ada
  • Adanya kelainan kromosom
  • Penyebab mola hidatidosa belum diketahui secara pasti, namun diduga oleh karena kekurangan gizi pada saat hamil di minggu awal. Tanda kehamilan anggur sama dengan kehamilan pada umumnya, hanya saja pada hamil anggur terjadi pendarahan, perut terlihat lebih besar, dan tidak ada pergerakan janin.

2. Hamil di Luar Kandungan

Hamil di luar kandungan disebabkan karena sel telur yang telah dibuahi tidak dapat mencapai rahim, melainkan berada di luar rahim. Hal ini terjadi karena adanya bekas luka yang disebabkan infeksi ataupun bekas luka operasi. Kehamilan di luar kandungan dapat terjadi karena adanya kelainan bentuk dari saluran.

3. Hamil Kosong

dr.Hari Nugroho, Sp.OG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mendefinisikan kehamilan kosong (Blighted ovum) adalah suatu kehamilan tanpa dijumpai adanya pertumbuhan embrio. Kehamilan kosong disebabkan karena sel telur tidak dapat berkembang secara sempurna. Kehamilan kosong hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan USG. Namun terkadang terjadi pendarahan hebat pada kasus hamil kosong.

Seperti telah kita singgung di atas bahwa kelainan pada kehamilan memiliki tanda kehamilan yang sama seperti kehamilan pada umumnya, namun ada tanda-tanda khusus yang dapat kita amati yaitu :

  • Perut yang tampak lebih besar daripada kehamilan umumnya
  • Terjadinya pendarahan terus menerus pada vagina
  • Tidak tampaknya janin
  • Tidak adanya pergerakan janin (hamil di luar kandungan dan mola hidatidosa)
  • Nyeri hebat di bagian perut bawah dan panggul
  • Gangguan pencernaan
  • Sakit kepala yang hebat

Demikianlah tanda-tanda kehamilan pada seorang wanita, semoga menjadi suatu pengetahuan bagi Anda, khususnya bagi yang kini tengah hamil. Bagi Anda yang tengah hamil, rawatlah kehamilan Anda dengan baik. Jika ada gejala yang kurang beres yang dirasakan pada kehamilan Anda, segeralah periksakan ke Dokter kandungan.

Mengetahui Tanda Kehamilan Pada Wanita

Salah satu kodrat dari seorang wanita adalah hamil dan melahirkan anak. Untuk itu seorang wanita akan merasa menjadi perempuan yang sempurna bila sudah mengalami kedua hal tersebut. Apalagi bila wanita tersebut sudah menikah atau punya suami.

Mereka selalu berharap agar bisa berbadan dua secepatnya. Namun karena terlalu sibuk memikirkan masalah ini adakalanya seorang wanita justru tidak menyadari bila dirinya sudah hamil dan di dalam perutnya ada janin bayi yang baru berkembang atau tumbuh. Akibatnya adalah mereka terlambat melakukan pemeriksaan dan menjaga kandungannya agar tetap sehat dan selamat.

Untuk itulah setiap wanita perlu mengetahui tanda kehamilan agar bisa segera mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan bayi yang sedang dikandungnya serta dirinya sendiri.

Tanda Wanita yang Sudah Hamil
Sebenarnya tanda kehamilan itu mudah diketahui. Karena itu perempuan yang punya perasaan peka pasti bisa segera menyadari kalau dirinya sudah berbadan dua. Adapun tanda-tanda tersebut antara lain adalah :

Tidak mengalami menstruasi

Ini adalah tanda kehamilan yang paling mudah diketahui. Karena ketika sudah hamil maka rahimnya tidak akan memproduksi sel telur lagi. Padahal sel telur tersebut adalah penyebab dari datangnya menstruasi.

Sering merasa mual

Rasa mual ini juga dibarengi dengan kepala pusing dan muntah-muntah. Karena wanita hamil terutama ketika usia kehamilannya belum begitu lama selalu merasa tidak enak pada perut atau lambungnya ketika mencium suatu bau terutama aroma nasi atau makanan lain yang sedang dimasak.

Ngidam

Hal ini lebih sering dialami oleh kaum perempuan yang berasal dari negara-negara Asia. Wanita yang hamil muda sering punya nafsu yang tinggi untuk menyantap makanan tertentu, terurama yang rasanya masam dan kecut. Jadi hal ini juga bisa dijadikan tanda kehamilan yang sering terbukti benar.

Perubahan bentuk payudara

Hal ini juga bisa dijadikan tanda kehamilan yang cukup akurat. Ketika sedang hamil, tubuh wanita akan memproduksi suatu hormon yang bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada payudara. Yaitu bisa semakin lembut namun juga dapat menjadi keras serta terasa sakit bila dipegang. Warna putingnya juga berubah menjadi lebih gelap.

Lebih sering buang air kecil

Tanda kehamilan lain yang juga mudah diketahui adalah lebih sering buang air kecil atau kencing. Hal ini bisa terjadi karena bayi yang masih berbentuk janin memberi tekanan pada kandung kemih sehinga peredaran darah jadi lebih meningkat. Maka akibatnya adalah kandung kemih tersebut juga terisi cairan dengan lebih cepat, sehingga harus lebih sering pergi ke toilet untuk membuang cairan yang berbentuk urine tersebut.

Lebih cepat lelah

Hal ini disebabkan karena ketika hamil maka semua organ tubuh juga harus bisa menjalankan fungsinya lebih bagus lagi. Karena organ ini bekerja bukan untuk tubuhnya sendiri saja, namun juga untuk janin dalam kandungan. Hal ini menyebabkan wanita hamil cepat merasa lelah dan mudah mengantuk. Inginnya selalu beristirahat atau tiduran saja.

Bila sudah merasakan Tanda Kehamilan Yang Membahayakan di atas, maka segeralah periksa ke dokter. Bila dinyatakan positif, maka sambutlah kehamilan tersebut dengan suka cita. Karena bayi adalah karunia Tuhan yang paling indah yang diberikan kepada kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *