6 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman

TIPS MENURUNKAN BERAT BADAN

Tahukah Anda tips menurunkan berat badan? Berat badan merupakan suatu yang terkadang menjadi musuh bagi sebagian orang. Bagi para wanita, berat badan sangat menjadi perhatian yang harus selalu menjadi prioritas. Meskipun tidak jarang sebagian laki-laki juga kerap memperhatikan kondisi berat tubuhnya. Sepertinya persoalan ini kerap menjadi batu ujian yang harus dilewati. Bertambahnya permasalahan tersebut dalam sebuah kehidupan selalu di ikuti dengan tips, yakni tips menurunkan berat badan.

Wanita yang selalu ingin tampil sempurna di mata orang lain, terutama di hadapan pria, selalu mengutamakan kondisi tubuhnya. Jika ada yang merasa berlebih pada bagian tubuh, mereka mencari sesuatu dalam cara menurunkan berat badan. Hal itu sudah menjadi rahasia umum. Bagaimana tidak, kebanyakan wanita khususnya yang berprofesi sebagai Customer Service alias posisi yang kerap bertemu dengan orang banyak, tubuh ideal menjadi patokan wajib.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman

Tips menurunkan berat badan yang dilakukan oleh wanita dengan profesi seperti itu bisa menjadi dua sisi mata uang. Antara berhasil dengan mengeluarkan banyak biaya dan tidak berhasil karena rasa malas. Namun, tips tersebut haruslah bisa diaplikasikan secara sunguh-sungguh jika memang ingin hasil yang memuskan.

Apabila kita melihat kebanyakan publik figur, baik itu di Indonesia ataupun di luar negeri, wanita atau pria akan melakukan banyak cara untuk membuat tubuhnya tetap indah dipandang. Sikap mereka tidak jauh dari melakukan cara menurunkan berat badan ketika berat tubuh mereka tidak terkontrol. Cara itu bisa dilakukan dengan cara mendatangi pusat kebugaran atau dengan mengatur asupan makanan.

Sebenarnya, tidak hanya sampai di situ untuk mendapatkan tips menurunkan berat badan. Banyak yang bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Untuk orang yang bekerja sebagai pegawai kantoran yang memang selalu lekat dengan kursi dan komputer dalam waktu berjam-jam juga ibu rumah tangga terutama setelah melahirkan yang berat tubuhnya sulit untuk dikontrol, mengetahui cara menurunkan berat badan sangat penting.

Berikut adalah beberapa langkah menurunkan berat badan yang bisa dilakukan dengan biaya sedikit, dengan waktu yang fleksibel, dan bisa dilakukan di mana saja.

1. Cara Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga
Olahraga memang menjadi syarat paling utama dalam menurunkan berat badan ini. Olahraga memang menjadi “sahabat” dengan kita yang ingin menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan memiliki berat badan ideal.

Olahraga yang bisa dilakukan adalah lari, sit up, dan renang. Setidaknya itu menjadi olahraga minimal yang akan berpengaruh untuk berat badan. Cara menurunkan berat badan dengan berolahraga minimal dapat dilakukan 30 menit setiap harinya.

MENURUNKAN BERAT BADAN

Untuk sit up tentu dapat kita lakukan saat sedang di rumah dan tidak memerlukan banyak tempat dan biaya. Sit up minimal dilakukan sebanyak 80-100 kali setiap harinya. Sementara itu, lari juga merupakan olahraga yang simpel karena dapat dilakukan kapan saja.

Jika mengacu pada cara menurunkan berat badan yang benar, waktu yang efektif adalah lari pada sore hari. Hal ini sangat berpengaruh besar karena sore hari merupakan waktu matahari akan terbenam dan sinarnya tidak terlalu buruk bagi kulit dibanding siang hari. Cara yang seperti ini didukung dengan terbakarnya lemak oleh panasnya suhu matahari disertai dengan gerak.

2. Tips Menurunkan BB dengan Menjaga Makanan
Makanan merupakan sumber utama dari bertambahnya berat badan. Banyak makanan tidak sehat yang mungkin tidak kita sadari atau malah kita sadar tetapi karena faktor kebiasaan makanan tersebut masuk ke dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian, makanan yang harus dihindari adalah makanan berlemak, makanan mengandung minyak, gula berlebih, soda, dan karbohidrat.

Beberapa makanan yang telah disebutkan memang menjadi pemicu karena kandungan berlebih di dalamnya. Jika Anda mengikuti cara menurunkan berat badan dengan menghindari makanan-makanan tersebut, bukan tidak mungkin berat badan Anda tetap terjaga.

Kategori makanan yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan menurut tips menurunkan berat badan, yakni kue-kue, cemilan berbahan terigu, gorengan, minuman bersoda dan sirop. Asupan makanan tersebut dapat diganti dengan makanan-makanan yang sudah jelas kadar kandungan gizinya, seperti buah-buahan, gandum, sayuran, tahu, dan tempe.

Baca juga: Aneka Jenis Makanan Penurun Berat Badan

3. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Minum Jus
Jus merupakan minuman yang sudah jelas kesehatannya. Banyak buah atau sayuran yang bisa dituang ke dalam satu gelas dengan diblender. Minum jus dengan rutin terdapat dalam tips menurunkan berat badan karena dapat membuat metabolisme dalam tubuh bekerja dengan baik.

Jus jeruk atau lemon yang mempunyai kadar asam alami cukup tinggi sangat baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan vitamin C dalam buah stroberi atau kiwi juga sangat baik. Banyak yang mengamini tips menurunkan berat badan dengan minum jus karena lambat laun akan sangat berpengaruh, tentu didukung dengan aktivitas lainnya.

4. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Memperbanyak Gerak
Tidak banyak gerak juga menjadi sumber utama berat badan akan naik melonjak tajam. Bagi Anda yang bekerja dengan memandang komputer disertai duduk dalam waktu yang lama, akan sangat cepat membuat perut semakin buncit.

Saran yang diberikan dalam tips menurunkan berat badan adalah dengan melakukan banyak gerak. Bangkitlah dari tempat duduk Anda, minimal 30 menit sekali. Bisa dengan meregangkan tubuh, mengambil air minum, melakukan komunikasi dengan teman, dan lain sebagainya.

Rutinitas ini akan sangat buruk jika dilakukan dalam jangka panjang. Rata-rata kegiatan ini selalu ditemani dengan berbagai makanan ringan atau secangkir kopi yang menjadi “kawan” dengan berat badan.

Tidak hanya sampai di situ, tips menurunkan berat badan pun dapat dilakukan dengan menaiki atau menuruni tangga alias tidak menggunakan lift. Dengan kegiatan ini, lemak akan semakin cepat terbakar dan rajinlah melakukannya.

5. Cara Menurunkan BB dengan Menjaga Waktu Tidur / Istirahat Malam
Siapa sangka menjaga tidur di waktu malam akan sangat berpengaruh terhadap berat badan Anda. Hal yang menjadi acuannya adalah ketika melakukan begadang, tubuh akan cepat lapar dan memungkinkan untuk mengisinya. Sementara itu, jika waktu tidur dijaga dengan teratur, hal itu tidak akan terjadi. Ini menjadi tips menurunkan berat badan yang bisa dilakukan tanpa khawatir.

Suatu waktu memang bisa saja melakukan begadang. Tapi jika dilakukan hingga menjadi sebuah kebiasaan, akan sangat buruk bukan saja bagi berat badan, tetapi untuk kesehatan secara luas. Dengan mengaplikasikan tips ini, setidaknya Anda telah mekakukan sesuatu yang berguna untuk tubuh Anda.

6. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat
Seperti apakah cara yang sehat untuk menurunkan berat badan ini? Ini dilakukan dengan tidak menyiksa tubuh Anda, dalam artian melakukan diet yang tidak dianjurkan. Diet tersebut bisa berarti dengan tidak makan dalam waktu yang tidak teratur dengan alasan ingin langsing. Justru ini menjadi awal dari kesalahan.

Diet yang dianjurkan dalam tips menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi porsi makan dan menggantinya dengan asupan yang penuh gizi. Nasi dapat dikurangi atau diganti dengan beras merah. Tidak lupa disertai dengan buah-buahan dan sayuran sebagai penyeimbang. Selain itu, lakukanlah konsultasi dengan pakar kesehatan mengenai cara diet yang tepat agar tidak salah langkah.

Semua yang diberikan dalam tips menurunkan berat badan sebaiknya disesuaikan dengan porsi atau ketahanan tubuh Anda dan jangan sesekali untuk memaksakannya. Dengan memaksakan program ini, tubuh Anda yang tidak siap menerimanya malah akan menjadi drop dan akhirnya sakit sehingga tips di atas yang Anda impikan akan hancur berantakan.

Selamat mencoba!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *