10 Makanan untuk Diet Rendah Kolesterol

Makanan Diet Rendah Kolesterol

Makanan Diet Rendah Kolesterol –┬áTahukah Anda? Kolesterol merupakan sejenis lemak yang beredar dalam darah. Kolesetrol ini dibedakan menjadi 2 yaitu high density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal dengan kolesterol baik dan low density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal dengan kolesterol jahat.

Kolesterol ini adalah sahabat bagi tubuh karena diperlukan untuk membentuk membran sel, membentuk hormon maupun sumber energi. HDL berfungsi untuk membuang kolestrol dari dinding pembuluh darah dan mencegah penumpukan. Sedangkan LDL kebalikannya yaitu mengalirkan kolesterol ke seluruh tubuh yang lama kelamaan bisa menyebabkan penumpukan lemak pada dinding arteri. Kolesterol normal pada tubuh adalah 160-200 mg.

Jika kelebihan LDL ini disepelekan maka akan menyebabkan hipertensi atau darah tinggi, serangan jantung, stroke, maupun penyakit lainnya. Ada juga beberapa kolesterol yang tidak bisa diubah yaitu adanya faktor usia, keturunan keluarga, dan jenis kelamin pria yang lebih mudah terserang. Bagi penderita penyakit ini, diet rendah kolesterol memang menjadi salah satu alternatif pengobatan terbaik.

Makanan untuk Diet Rendah Kolesterol

Seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi ditunjukkan pada gejala sakit kepala, pusing, dan badan terasa pegal. Perlu ditekankan bahwa kolesterol ini tidak menyerang orang yang menderita obesitas saja namun bisa menyerang siapa saja. Untuk itu bagi yang terserang penyakit ini maupun untuk pencegahan agar terhindar dari penyakit ini perlu mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Pola Makan
Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pola makan. Mengatur pola makan dengan baik, termasuk memperhatikan kadar kolesterol yang masuk ke tubuh, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, baik hipertensi maupun penyakit lainnya dapat dihindari. Selain mengatur pola makan, ada lagi hal yang harus diperhatikan, seperti makanan yang dikonsumsi dan cara memasak makanan.

Baca Juga  5 Cara Cepat Langsing agar Tampil Menarik

Makanan yang mengandung kadar kolestrol
Apa saja makanan yang mengandung kolesterol? Kolesterol dihasilkan oleh sumber protein hewani yakni seperti telur, udang, ayam, daging, susu, dsb. Makanan yang tidak mengandung sumber kolesterol pun bisa menjadi lemak kolestrol jika diolah dengan minyak jenuh.

Lemak terbagi menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh merupakan lemak yang berbahaya bagi kesehatan, sedangkan lemak tak jenuh merupakan lemak yang lebih baik untuk dikonsumsi.

Mengonsumsi daging merah juga berisiko. Apabila ingin mengurangi risikonya, proses memasak harus dilakukan dengan tepat. Lemak yang terkandung dalam daging ayam atau kambing termasuk lemak berbahaya. Karena itu, hindari mengonsumsi lemak yang terdapat dalam daging tersebut. Namun, akan lebih baik lagi jika lebih sering mengonsumsi protein nabati, seperti tempe dan tahu.

Mentega, margarin, dan minyak merupakan produk yang mengandung banyak lemak. Karena itu, sebaiknya hindarilah mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Untuk mengganti minyak saat memasak, dapat digunakan minyak zaitun atau pun minyak sayur. Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol.

Makanan yang menurunkan kadar kolestrol
Makanan yang kandungan lemaknya rendah dan tidak berbahaya merupakan jenis makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Apa saja jenis makanan untuk menurunkan kadar kolesterol?

Oat (gandum)
Oat adalah makanan yang mengandung banyak serat. Jika saat dicerna serat ini akan menjadi lengket. Dan ketika sampai di usus halus, serat ini menempel pada kolestrol sehingga tidak diserap usus. Pada akhirnya akan dibuang menjadi sampah.

Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan yang mengandung serat larut yang sangat tinggi. Jenis kacang-kacangan seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, dsb.

Baca Juga  Penyebab Bersin pada Tubuh Manusia

Mede, almon, dan kenari
Mede, almon, dan kenari adalah makanan yang mengandung banyak omega 3. Omega 3 bisa menurunkan kadar trigliserida dan memperlambat pembentukan plak pada arteri sehingga mencegah pengentalan darah.

Ikan
Ikan adalah makanan yang mengandung banyak omega 3. Omega 3 bisa menurunkan kadar trigliserida dan memperlambat pembentukan plak pada arteri sehingga mencegah pengentalan darah. Jenis ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, trout, sarden, makerel, dan hering.

Buah-buahan
Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mempunyai sumber lemak tidak jenuh yang bisa meningkatkan level HDL.

Sayur-sayuran
Bayam adalah salah satu jenis sayur yang mengandung banyak lutein. Lutein bisa menjaga kesehatan jantung karena mencegah lemak yang menempel di pembuluh darah.

Bawang putih
Bawang putih mengandung zat yang baik. Bwang putih ini dipakai untuk menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Cara kerja bawang putih ini adalah mencegah partikel kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah.

Margarin
Margarin dari biji bunga kanola dapat menurunkan kadar kolesterol.

Teh
Teh adalah minuman yang mengandung antioksidan flavonoid. Antioksidan ini bisa mencegah oksidasi yang menyebabkan LDL menumpuk di pembuluh darah.

Cokelat
Coklat hitam atau pahit adalah jenis coklat yang baik dan sehat. Karena cokelat ini mengandung antioksidan dan flavanoid.

Cara Memasak dan Asupan Makanan
Selain mengganti jenis minyak untuk masak, cara memasak makanan pun dapat mengurangi kadar kolesterol. Makanan hendaknya direbus, dikukus, dan dipepes tidak menggunakan minyak.

Makanan-makanan Diet Rendah Kolesterol
Makanan Diet Rendah Kolesterol

Sementara makanan yang ditumis biasanya menggunakan sedikit minyak goreng. Gunakan wajan anti lengket untuk meminimalkan penggunaan minyak. Temperatur tinggi saat menumis juga berguna untuk menghindari penyerapan lemak ke makanan. Apabila masakan kering tambahkan sedikit air agar saat menumis membantu proses penguapan.

Baca Juga  Obat Radang Tenggorokan Alami dan Manjur

Proses memasak dengan cara memanggang maka lemak makanan akan hilang. Bubuhkan saus pada bahan makanan agar nantinya zat karsinogen tidak menempel yang menyebabkan kanker.

Mengonsumsi buah dan sayur juga merupakan hal yang penting untuk menghindari kolesterol. Mengonsumsi produk makanan yang mengandung tepung putih juga berisiko meningkatkan kolesterol. Apabila ingin menggantinya, biji-bijian dan sereal merupakan makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, dapat pula menghindari penyakit jantung.

Susu memang baik untuk kesehatan, tetapi untuk diet rendah kolesterol, susu yang baik dikonsumsi adalah susu rendah lemak atau tanpa lemak.

Makanan lain yang harus dibatasi atau dikontrol konsumsinya adalah makanan ringan atau camilan, seperti biskuit dan keripik. Selain meningkatkan kolesterol, mengonsumsi makanan ringan berlebih juga dapat meningkatkan berat badan.

Contoh Menu Diet Rendah Kolesterol
Makan pagi:

Roti gandum + selai
Kentang
Susu kedelai
Pisang

Makan siang:

Nasi beras tumbuk
Tumis kacang panjang
Tempe
Jus tomat

Makan malam:

Nasi beras tumbuk
Sop wortel
Pepes ikan
Buah potong

Beberapa gaya hidup yang dapat menunjang kesehatan tubuh kita antara lain:

1. Berolahraga
Olahraga secara teratur dapat menyehatkan badan serta membakar lemak di dalam tubuh. Jagalah agar berat berat tubuh tetap ideal.

2. Hindari Merokok dan Alkohol
Banyaknya merokok dan mengonsumsi akan menumpuk kolestrol dalam tubuh tepatnya pada aliran darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x